1
Doa Muslim Lifestyle

Dahsyatnya Lima Keutamaan Kalimat Syahadat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Mengucapkan dua kalimat syahadat merupakan rukun islam pertama dari lima rukun islam yang wajib kita ketahui. Belum dikatakan beragama islam apabila belum membaca kalimat syahadat, karena kalimat syahadat merupakan fondasi wajib bagi kita umat muslim yang beriman. Syahadat sendiri berasal dari bahasa arab yaitu asy- syahadah yang merupakan asas dan dasar dari lima rukun islam, juga sekaligus ruh dan landasan seluruh ajaran islam.

Baca juga: Setelah Memahami Keutamaan Syahadat, Hindari 10 Pembatal Syahadat Ini

Umroh.com merangkum, syahadat dapat di artikan sebagai persaksian yang memiliki makna mengucapkan dengan lisan, membenarkan dengan hati lalu mengamalkannya melalui perbuatan. Taukah kita, sebenarnya kalimat syahadat sudah sering kita dengar bahkan kita baca dalam kegiatan sehari-hari  baik itu saat adzan, ceramah, khutbah dan juga berdzikir. Namun sudah taukah anda apa keutamaan dalam membaca syahadat?

Baca juga: Selain Membaca Syahadat, Yuk Tambah Pahala Anda dengan Hal Ini

Keutamaan Kalimat Syahadat

1. Membawa kita masuk ke surga

Dengan membaca kalimat laa ilaaha illallah dapat membawa kita menjadi penghuni surga. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW : “barang siapa yang akhir perkataannya sebelum menginggal dunia adalah laa ilaaha illallah, maka dia akan masuk surga (HR. Abu daud). 

keutamaan syahadat
source: shutterstock

2. Kunci dari 8 pintu surga

Orang-orang yang senantiasa membaca dan mengucapkan kalimat laa ilaaha illallah maka dapat menjadi penghuni surga dengan cara masuk melalui salah satu dari delapan pintu surga yang kita sukai. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW : “barang siapa mengucapkan :’saya bersaksi bahwa tidak ada sesembah yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah SWT semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya, dan bersaksi bahwa Isa adalah hamba Allah dan anak dari hamba-Nya dan kalimat-Nya yang disampaikan kepada Maryam serta Ruh dari-Nya dan bersaksi pula bahwa surga adalah benar adanya dan neraka pun benar adanya’, Maka Allah pasti akan memasukkannya ke dalam surga dari delapan pintu surga yang mana saja yang dia kehendaki.” (HR. Muslim)

3. Menumbuhkan sifat tawakal

Dengan berdzikir setiap hari mengucap laa ilaaha illallah dapat menumbuhkan sifat tawakal pada diri kita. Tawakal sendiri merupakan kepercayaan hati terhadap Allah SWT yang maha pengasih dan maha penyayang. Seseorang yang tawakal atau berserah diri kepada Allah SWT, maka jiwanya akan selalu tenang dan tidak bingung jika menemukan berbagai macam masalah yang di hadapi, karena kita sudah menyerahkan semuanya kepada Allah SWT. 

Baca juga: 7 Syarat Syahadat Ini Harus Dipenuhi, Apa Saja?

webinar umroh.com

4. Kebaikan paling utama

Selain bisa membawa manusia terbebas dari neraka ternyata kalimat laa ilaaha illallah juga merupakan kebaikan yang paling utama yang kita dapatkan jika membacanya. Abu dzar pernah bertanya : “katakanlah padaku wahai Rasulullah, ajari aku amalan yang dapat menjauhkanku dari neraka”. Nabi SAW bersabda “apabila engkau melakukan kejelekan (dosa), maka lakukanlah kebaikan karena dengan melakukan kebaikan itu engkau akan mendapat sepuluh yang semisal”. Lalu Abu dzar berkata “ wahai Rasulullah apakah kalimat laa ilaaha illallah merupakan kebaikan? Nabi SAW  bersabda “kalimat itu merupakan kebaikan yang paling utama. Kalimat itu dapat menghapuskan berbagai dosa dan kesalahan”.

keutamaan syahadat
source: shutterstock

5. Dzikir yang paling utama

Dzikir merupakan salah satu ibadah yang wajib di jalani kaum muslim dan muslimin, hal tersebut di anjurkan agar kita senantiasa mengingat Allah SWT dalam keadaan apapun. Ada berbagai macam bacaan dzikir yang dapat kita baca, namun kalimat laa ilaaha illallah menjadi bacaan dzikir yang paling utama di mata Allah SWT.

Semoga kita senantiasa mengucapkan kalimat laa ilaaha illallah dalam kehidupan sehari-hari. Selain mendapat pahala, rajin berdzikir juga dapat membawa kita ke surga di akhirat nanti, tapi tetap di imbangi dengan amalan kebaikan yang lainnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.