1
Muslim Lifestyle

Ini Pengertian Hidayah dan Contohnya Bagi Kaum Muslimin

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Allah SWT akan memberikan hidayah kepada hamba-Nya yang selalu mencari kebaikan dan selalu ingin berubah ke arah yang lebih baik. Hal ini lantaran hidayah adalah sebab utama keselamatan hidup manusia baik di dunia ataupun di akhirat. Karena itulah mereka yang dimudahkan oleh Allah SWT dalam meraihnya, maka ia telah meraih keberuntungan yang besar dalam hidupnya. Berikut ini akan dijelaskan pengertian soal hidayah yang perlu diketahui.

Dalam surat Al A’raaf ayat 178 Allah SWT berfirman,

{مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِي وَمَنْ يُضْلِلْ فَأُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ}

Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk (dalam semua kebaikan dunia dan akhirat); dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka merekalah orang-orang yang merugi (dunia dan akhirat)” (QS al-A’raaf:178)

Baca juga: Harus Senantiasa Dikuatkan, Ini 6 Fungsi Aqidah

Sementara itu dalam surat Al Kahfi ayat 17, Allah SWT berfirman,

{مَن يَهْدِ اللَّهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَنْ تَجِدَ لَهُ وَلِيًّا مُرْشِدًا}

Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk (dalam semua kebaikan dunia dan akhirat); dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tidak akan mendapat seorang penolongpun yang dapat memberi petunjuk kepadanya” (QS al-Kahf:17)

webinar umroh.com

Kebutuhan Manusia Terhadap Hidayah Allah SWT

Manusia pada hakikatnya sangat membutuhkan hidayah dari Allah SWT. Bahkan dalam setiap rakaat sholat, manusia diperintahkan untuk memohon hidayah ke jalan yang lurus sebagaimana yang terkandung dalam surah Al Fatihah. Sebesar itulah mendesaknya kebutuhan manusia terhadap hidayah Allah SWT,

{اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ}

Berikanlah kepada kami hidayah ke jalan yang lurus” (QS Al Fatihah:6)

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Pengertian Hidayah

Secara bahasa, hidayah berarti ar rasyaad (bimbingan) dan ad-dalaalah (dalil/petunjuk). Sementara secara syar’i, Imam Ibnul Qoyyim membagi hidayah yang dinisbatkan kepada Allah SWT menjadi empat macam:

1. Hidayah yang bersifat umum

Hidayah ini merupakan hidayah yang senantiasa Allah SWT berikan kepada semua makhluk-Nya dalam hal yang berhubungan dengan kelangsungan hidup sebagaimana tersurat dalam firman-Nya,

{قَال َرَبُّنَا الَّذِي أَعْطَى كُلَّ شَيْءٍ خَلْقَهُ ثُمَّ هَدَى}

Musa berkata: “Rabb kami (Allah Ta’ala) ialah (Rabb) yang telah memberikan kepada setiap makhluk bentuk kejadiannya, kemudian memberinya petunjuk” (QS Thaahaa: 50)

2. Hidayah yang menjelaskan dan menerangkan jalan baik dan jalan buruk

Hidayah ini menunjukkan jalan keselamatan dan jalan kebinasaan. Hidayah ini bukan petunjuk Allah yang sempurna, karena hanya sebab atau syarat agar manusia dapat berpikir.

{وَأَمَّا ثَمُودُ فَهَدَيْنَاهُمْ فَاسْتَحَبُّوا الْعَمَى عَلَى الْهُدَى}

Adapun kaum Tsamud, mereka telah Kami beri petunjuk, tetapi mereka lebih menyukai kebutaan (kesesatan) daripada petunjuk” (QS Fushshilat: 17)

Hidayah ini dapat dilakukan oleh manusia dengan berdakwah dan menyeru ke jalan Allah. Hidayah ini pun menjadi sebab besar untuk membuka hati manusia dalam mengikuti apa yang Allah SWT perintahkan dan apa yang Allah SWT larang.

Allah SWT pun befirman,

{وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ}

Sesungguhnya engkau (wahai Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam) benar-benar memberi petunjuk (penjelasan dan bimbingan) kepada jalan yang lurus” (QS asy-Syuuraa: 52)

Tak hanya menjadi tamu istimewa Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

3. Hidayah Taufik

Pengertian hidayah yang terakhir adalah ilham atau sebuah petunjuk yang Allah SWT berikan kepada hamba-Nya di dalam hati manusia untuk menyusuri jalan yang benar. Hidayah ini juga disertai dengan kelapangan dada untuk menerima kebenaran. Inilah hidayah sempurna yang akan membuat manusia beruntung apabila mengikuti petunjuk Allah SWT.

Dalam surah Faathir ayat 8 Allah SWT berfirman,

{فإن الله يُضِلُّ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ فَلا تَذْهَبْ نَفْسُكَ عَلَيْهِمْ حَسَرَاتٍ}

Sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan memberi hidayah (taufik) kepada siapa yang dikehendaki-Nya” (QS Faathir: 8)

Juga firman-Nya:

{إِنَّكَ لا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ}

Sesungguhnya engkau (wahai Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam) tidak dapat memberikan hidayah kepada orang yang engkau cintai, tetapi Allah memberikan petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Dia yang lebih mengetahui tentang orang-orang yang mau menerima petunjuk” (QS al-Qashash: 56)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Itulah pentingnya hidayah dalam hidup manusia. Manusia tanpa hidayah dari Allah SWT tidak akan menjadi sebaik-baiknya manusia. Karena mereka bisa saja terus mengikuti hawa nafsu tanpa memikirkan kehidupan akhirat yang kekal.

Semoga kita semua senantiasa diberikan hidayah oleh Allah SWT. Aamiin…