1
Muslim Lifestyle

Dapat Pahala, Ini 5 Keutamaan Membaca Surat Al Fatihah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Dalam bacaan sholat, Al Fatihah adalah surat pembuka yang wajib dilafalkan oleh seorang muslim. Adapun makna dari surat Al Fatihah sendiri adalah pembuka karena Al Fatihah jugalah surat pembuka Al Qur’an. Lalu apa sih keutamaan dari membaca Surat Al Fatihah itu sendiri?

Tim Umroh.com memaparkan, surat Al Fatihah diturunkan di Makkah yang tertulis dalam firman Allah SWT di dalam Surah Al Hijr (15):87 yang berbunyi:

وَلَقَدْ آتَيْنَاكَ سَبْعًا مِنَ الْمَثَانِي وَالْقُرْآنَ الْعَظِيمَ

Dengan arti: Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al Quran yang agung.

Baca juga: Mengagumkan! Ini Efek Psikologis dari Bersyukur

Ayat tersebut mengindikasi pada Surat Al Fatihah yang terdiri dari tujuh ayat yakni dimulai dari basmallah hingga ayar terakhirnya. Namun, ada yang beranggapan bahwa basmallah bukanlah bagian dari Surat Al Fatihah.

Terlepas dari semua sejarahnya, ternyata Surat Al Fatihah memilki banyak keutamaan yang akan kita bahas bersama menjadi 5 keutamaan membaca surat Al Fatihah.

5 Keutamaan Membaca Surat Al Fatihah

1. Al Fatihah merupakan surat terbaik yang belum diturunkan sebelumnya

Anggapan ini diperkuat lewat hadits yang dituturkan oleh Ubay ibn Ka’ab bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Allah SWT tidak pernah menurunkan surat dalam kitab injil atau taurat yang seperti Surat Al Fatihah yakni al Sa’bul Matsani” (HR. Tirmidzi)

webinar umroh.com

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

2. Al Fatihah merupakan surat yang paling agung di dalam Al Qur’an

Al Fatihah menjadi surat yang agung dalam Al Qur’an lantaran suatu hari Rasulullah SAW pernah bersabda pada Sa’ad ibn al Mu’alla yang berbunyi: “Saya akan mengajarkan padamu surat teragung di dalam Al Qur’an yakni Alhamdulillahi rabbil  Alamin. Ia adalah al Sa’bul Matsani dan Al Qur’an al Adzim yang diberikan kepadaku. (HR. Muslim)

3. Al Fatihah merupakan surat rukyah

Al Fatihah yang menjadi surat rukyah diceritakan oleh Said al Khudri yang bercerita: “Kami pernah berada dalam perjalanan, lalu kemudian kami singgah hingga tiba-tiba datanglah seorang budak perempuan, ia berkata ‘Kepala suku kami tersengat binatang sedang orang-orang kami tak ada di tempat. Adakah di antara kalian yang bisa merukyah?’

Lalu seorang dari mereka berdiri dan pergi. Awalnya, mereka tak menyangka bahwa orang yang berdiri bisa merukyah. Orang itu pun lalu membacakan rukyah hingga kepala suku dari budak perempuan itu pun sembuh. Kepala suku pun memberikan ia tiga puluh ekor kambing, sementara mereka diberikan susu. Setelah kembali, orang itu pun ditanya oleh teman-temannya, lalu ia menjawab “Tak ada yang kubaca dalam rukyah selain Ummul Kitab”

Setibanya mereka di Madinah, mereka pun mengadu kepada Rasulullah SAW. Dari sana, Rasulullah SAW bersabda, “Bagaimana bisa dia tau Al Fatihah merupakan rukyah? Bagi-bagilah kambing itu dan berikan kepadaku satu” (HR Al Bukhari dan Muslim)

4. Setiap huruf dalam surat Al Fatihah mengandung pahala

Diceritakan oleh Ibn Abbas, ia bercerita tatkala Rasulullah SAW sedang bersama malaikat Jibril. Di waktu itu tiba-tiba Jibril mendengar suara keras dari atas. Ia pun langsung mengarahkan pandangan ke atas. Ia pun berkata pada Rasulullah bahwa suara itu adalah pertanda dibukanya suatu pintu. Pintu tersebut sebelumnya belum pernah sekalipun dibuka.

Hingga malaikat Jibril pun berkata, “Sampaikan kepada umatmu mengenai berita gembira dua cahaya ini, kedua cahaya itu diberikan kepadamu yang belum pernah sekalipun diberikan kepada nabi sebelummu. Yakni surat Al Fatihah dan beberapa ayat terakhir surat Al Baqarah. Tidaklah kamu baca satu huruf saja kecuali akan mendapat pahala dariNya.” (HR. Muslim)

5. Surat Al Fatihah merupakan surat penyempurna sholat

Melalui Ubadah bin aS-Shamit, Rasulullah SAW pernah suatu hari bersabda: “Tidak sah shalat seseorang yang tidak membaca Al Fatihah” (HR Al Bukhari dan Muslim)

Keutamaan surat Al Fatihah

Ada begitu banyak keistimewaan dan keutamaan surat Al Fatihah. Adapun hal lainnya pernah disabdakan oleh Rasulullah SAW yang berbunyi, “Apabila kita punya suatu hajat apapun, surat Al Fatihah bisa menjadi perantara hajat tersebut”

Keutamaan lainnya dari surat Al Fatihah adalah surat Al Fatihah menjadi syarat sah dan tidak sahnya sholat seorang muslim. Hal ini dikarenakan surat Al Fatihah merupakan rukun dari sholat sehingga surat Al Fatihah wajib dilafalkan.

Itulah 5 keutamaan surat Al Fatihah yang bisa kita tadaburi bersama. Semoga artikel ini dapat memberikan bermanfaat sehingga menjadi amal jariyah bagi kita semua. Aamiin.