1
Muslim Lifestyle

Pahala Membaca Surat Al Fatihah Bagi Seorang Muslim

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Surat Al Fatihah yang memiliki nama lain Fatihatul Kitab dan Sab’ul Matsani ini sebagaimana diketahui memiliki banyak fadhillah dan akan mendapat pahala yang besar bagi para mukmin yang membaca surat pembuka dalam Al Qur’an ini. Tapi tahukah Anda, kira-kira seberapa besar sih pahala yang didapat saat membaca Surat Al Fatihah? Berikut penjelasannya.

Umroh.com merangkum, pahala membaca surat Al Fatihah disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa Rasulullah SAW pernah menyebutkan keutamaan surat Al Fatihah yang sama seperti penyangga arsy. Serta, barang siapa yang membaca surat Al Fatihah, pahalanya pun seperti penyangga arsy.

Baca juga: Mengagumkan! Inilah Efek Psikologis dari Bersyukur

Selain itu, Ibnu Abbas juga pernah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW menyebut surat Al Fatihah adalah dua pertiga dari Al Qur’an. Masih banyak lagi pahala membaca surat Al Fatihah yang akan didapat oleh seorang mukmin. Diriwayatkan dari Syeikh Muhyiddin Ibnul Arabi di dalam kitab ‘Qaddasallaahusirrahu, berikut rangkuman fadhillah dan keutamaan membaca Al Fatihah.

Pahala Membaca Surat Al Fatihah dan Keutamaannya

1. Mendapat pahala sepertiga Al Qu’ran

Dalam kitab ‘Qaddasallaahusirrahu, dalam riwayat Syeikh Muhyiddin Ibnul Arabi, salah satu fadhillah yang akan didapati para mukmin ketika membaca surat Al Fatihah adalah sama seperti pahala membaca sepertiga Al Qur’an. Masya Allah!

2. Mempermudah dalam memperoleh ilmu pengetahuan

Masih dalam kitab dan riwayat yang sama yakni Syeikh Muhyiddin Ibnul Arabi, amalan membaca Al Fatihah sebanyak 70x sehari dalam keadaan berwudhu serta ditiupkan kepada air dan diminum selama tujuh hari, insya Allah mempermudah siapapun dalam memperoleh ilmu pengetahuan. Selain juga dapat mengontrol hati serta pikiran dari hal yang merusak.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

3. Melindungi diri dari gangguan syaiton saat tidur

Amalan Al Fatihah ini dibaca saat hendak tidur. Setelah itu diikuti dengan membaca surat Al Ikhlas 3x, Al Falaq 3x dan an-Nas 3x. Insya Allah selama tidur akan merasa aman dan tentram serta jauh dari gangguan syaiton.

4. Dimakbulkannya hajat dan dilancarkan rezeki

Menurut Syeikh Muhyiddin Ibnul Arabi, membaca surat Al Fatihah sebanyak 20x setiap sehabis shalat fardhu, insya Allah akan dilancarkan rezeki yang baik serta dimudahkan urusan hidupnya. Keluarganya pun akan diberi perlindungan oleh Allah SWT. Selain itu, membaca surat Al Fatihah 41x saat sahur juga dapat membuka pintu rezeki yang luas.

webinar umroh.com

Setengah ulama bahkan menganjurkan untuk membaca Al Fatihah sebanyak 40x sehabis shalat Maghrib dan sunatnya. Dengan demikian, insya Allah hajatnya akan terkabulkan.

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Berkah dan Manfaat Membaca Surat Al Fatihah

Keberkahan serta manfaat lain dalam membaca dan mengamalkan surat Al Fatihah adalah tatkala Rasulullah SAW bersabda, apabila surat Al Fatihah dibacakan pada rasa sakit kecuali rasa sakit itu akan mereda.

Imam Ja’far as Shadiq juga pernah berkata bahwa orang yang merasa sakit baiknya membaca surat Al Fatihah sebanyak tujuh kali. Namun, apabila belum reda, hendaklah ia membacanya 70 kali.

Tak hanya itu, Rasulullah SAW juga bersabda: “Barang siapa yang membaca surat Al Fatihah dan Tauhid ketika hendak memasuki rumah, maka Allah akan menjaga ia dari kemiskinan. Allah jualah yang akan melimpahkan berkah dalam hidupnya sampai dapat dirasakan oleh tetangganya.

Dalam Al Quran, surat Al Fatihah adalah anugerah yang besar yang diturunkan kepada Rasulullah SAW. Bahkan dalam sebuah hadits riwayat Imam Shadiq as disebutkan bahwa setan berteriak empat kali, ia merintih untuk pertama kalinya di hari ia diusir dari sisi Allah SWT, kedua yakni saat ia turun dari surga ke bumi, ketiga saat Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT dan yang keempat ketika surat Al Fatihah diwahyukan.

Sungguh luar biasa keutamaan dan pahala yang akan kita dapatkan ketika mengamalkan surat Al Fatihah. Salah satu lainnya di antara keutamaan yang dimiliki surat Al Fatihah adalah ketika kita membaca surat Al Fatihah kepada orang gila, insya Allah orang gila tersebut dapat sembuh dari kegilaannya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Membaca surat Al Fatihah juga dapat menangkal sihir dengan membacanya 40 kali dalam sehari. Juga untuk diberi kemudahan dalam mencari nafkah serta kelapangan rezeki, dianjurkan mengamalkan surat Al Fatihah sebanyak 30x usai sholat Subuh, 25x usai sholat Dzuhur, 20x usai sholat Ashar, 15x usai sholat Maghrin dan 10x usai sholat Isya.

Sekian pahala membaca surat Al Fatihah. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.