1
Muslim Lifestyle

Hikmah Silaturahmi yang Jarang Diketahui Seorang Muslim

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Rasulullah SAW memerintahkan kepada kita, umatnya, untuk menjaga dan menyambung silaturahmi wa bil khusus kepada sesama muslim. Lalu apa hikmah dari menjaga silaturahmi ini? Dalam hadits disebutkan bahwa, “Tidak akan masuk surga orang yang memutus hubungan kekerabatan” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits tersebut dapat diartikan pentingnya menjaga hubungan silaturahmi. Karena dengan silaturahmi itulah umat Islam bisa kuat dan saling bahu-membahu. Jikalau silaturahmi telah rusak, umat Islam bisa bercerai berai dan menyebabkan malapetaka dunia.

Baca juga: 6 Manfaat Penting dalam Bersilaturahmi

Hikmah Silaturahmi

Umroh.com merangkum, hikmah silaturahmi memiliki banyak kemaslahatan yang bisa kita rasakan. Hikmah-hikmah tersebut akan membawa manfaat yang positif sehingga dapat kita rasakan dalam hidup. Berikut hikmah silaturahmi yang dapat kita pelajari:

1. Membangun Ukhuwah

Ukhuwah Islamiyah penting bagi sesame Muslim untuk senantiasa dijaga. Salah satu penjagaannya adalah dengan bersilaturahmi. Silaturahmi memberikan manfaat kepada kita, manusia yang terkadang tak luput dari kesalahan. Dengan bersilaturahmi, kita dapat memperbaiki masalah-masalah yang mungkin menyakiti orang lain tersebut.

Sementara itu Ukhuwah Islamiyah adalah suatu kesatuan sesame muslim tanpa memandang batasan antar seorang muslim baik melihat dari sukunya, bahasa, budaya atau warna kulitnya. Ukhuwah Islamiyah terbentuk hanya dengan ketauhidan yang sama. Rasulullah SAW juga bersabda:

“Orang yang menghubungkan silaturahmi bukanlah orang yang membalas hubungan baik. Akan tetapi, orang yang menghubungkan silaturahmi adalah orang yang ketika kekerabatannya diputus, ia menghubungkannya.”  (HR Bukhari)

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

2. Meluaskan Rezeki

Hikmah silaturahmi lainnya adalah dapat meluaskan serta memperbanyak rezeki. Rezeki ini pun bisa bersifat langsung dan tidak langsung efeknya. Misal seperti dengan bertemu kerabat, kita bisa saling berbagi soal bisnis yang sedang kita jalani. Kita juga bisa membangun relasi ataupun banyak berkah lainnya. Dengan membangun silaturahmi, kita juga sedang membangun meluaskan rezeki.

webinar umroh.com

Namun, sebagai seorang muslim kita harus tetap ikhlas dan hanya mengharap Ridho Allah SWT. Barangsiapa yang berniat ibadah hanya untuk Allah SWT, mereka akan diberikan pahala berlipat ganda. Sementara yang tidak mengharapkan ridho kepada Allah SWT, hanya akan mendapatkan apa yang diinginkan saja tanpa pahala disisi Allah SWT.

3. Memperluas Persaudaraan

Bersilaturahmi juga membuat kita lebih mengenal kerabat serta memperluas persaudaraan. Meski awalnya hanya kenal satu orang, dikemudian hari kita akan mengenal lebih banyak kerabat lagi yang sebelumnya tidak kita kenal. Tanpa bersilaturahmi, hal ini akan sulit terjadi.

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

4. Menambah Ilmu tentang Kehidupan

Setiap insan di dunia memiliki cerita dan perjalanan hidupnya sendiri-sendiri. Kita tidak bisa melakukan semua kesalahan umat manusia di dunia, karena waktu yang kita punya tidak cukup untuk dapat menahan semuanya. Dengan berbagi pelajaran kehidupan, kita bisa saling introspeksi diri agar tidak terjadi kepada kehidupan kita.

Selain itu juga, dengan bersilaturahmi kita dapat saling memahami sisi lain kehidupan dari sudut pandang kerabat yang kita jalin agar bisa melihat kehidupan dari berbagai perspektif. Jika tidak melakukan silaturahmi, tentu kita akan menjadi apatis dan egois karena hanya berharap orang lain mengerti kehidupan sesuai sudut pandang kita saja.

Karena itulah, dengan bersilaturahmi kita dapat memperluas ilmu, pengetahuan serta berbagai soal kehidupan. Hidup pun akan lebih berwarna dan bijaksana dalam menyelesaikan masalah.

5. Memperkuat Empati

Menjadi pribadi yang penuh empati adalah pribadi yang baik daripada bersikap egois dan semaunya. Dengan bersilaturahmi, kita bisa belajar untuk lebih berempati dan memahmi orang lain dan menjauhi sikap egois dan apatis.

Hal ini karena saat bersilaturahmi, kita harus membiasakan diri dengan untuk menghargai orang lain dan belajar menjadi pendengar yang baik bagi mereka. Karena itulah silaturahmi juga mengajarkan kita untuk lebih berempati dan tidak egois.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

6. Memperkuat Kesatuan Sesama Muslim

Rasulullah SAW sering menyerukan umatnya untuk saling bersatu agar tidak terkotak-kotak. Dengan bersilaturahmi, salah satu hikmah silaturahmi yang bisa kita dapatkan adalah dengan memperkuat kekuatan umat Islam karena bisa bersatu dan saling bahu membahu. Apabila umat Islam hidup dalam individualitas, maka umat Islam dapat bercerai berai.

Karena itulah silaturahmi sangat penting bagi kita semua karena memiliki hikmah yang luar biasa banyak baik untuk kita sendiri maupun untuk orang lain. Sekian hikmah silaturahmi yang bisa kita pelajari bersama. Semoga bermanfaat bagi kita semua.