1
Serba-serbi Ramadhan

Keutamaan Sahur dan Dalilnya di Dalam Al – Quran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Puasa adalah salah satu amal ibadah mulia yang dapat dikerjakan oleh setiap umat islam. Dengan berpuasa, tentu kita akan mendapatkan banyak sekali keutamaan serta manfaat yang luar biasa, salah satunya ialah pahala dari Allah SWT. Di dalamnya terdapat keutamaan sahur dan dalilnya yang belum banyak orang tahu mengenai manfaatnya untuk tubuh dan mendapat berkah jika melakukannya.

Sebagian dari kita mungkin ada yang terbiasa berpuasa tanpa santap sahur. dengan beberapa alasan, diantaranya mungkin karena malas, cape, ataupun ngantuk. Namun perlu diketahui bahwasanya, santap sahur merupakan salah satu sunah yang sangat dianjurkan bagi tiap muslim yang akan menjalankan ibadah puasa. Santap sahur nyatanya memiliki keutamaan yang luar biasa dan sangat disayangkan jika dilalui begitu saja tanpa makna. Berikut keutamaan santap sahur yang wajib diketahui.

Baca juga : Selain Banyak Nutrisi, Ini Dia 5 Menu Sahur Untuk Diet

Berikut Keutamaan Sahur Selain Nikmat di Dalamnya

Dinamakan Sahur, karena dilaksanakan pada waktu Sahur, akhir dari malam sebelum Shubuh, ada yang berkata, ia dari sepertiga malam akhir hingga terbit fajar, maksudnya adalah bahwa akhir dari waktu sahur bagi seorang yang berpuasa adalah terbitnya fajar. Berikut ini Keutamaan sahur:

1.     Makan sahur merupakan berkah

Rasulullah SAW memotivasi umatnya agar melaksanakan makan sahur dengan menyebutkan bahwasan-nya makan sahur merupakan berkah. Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra., Rasulullah SAW. telah bersabda:

 Artinya: “Makan sahurlah kalian, sesungguhnya di dalam sahur terdapat berkah”(HR. Bukhori Muslim)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

2.     Sahur termasuk dalam meneladani sunah Nabi SAW

Memenuhi perintah Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana diperintahkan dalam hadits di atas. Keutamaan menaati beliau disebutkan dalam ayat,

Barangsiapa yang menaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah menaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka.” (QS. An Nisaa’: 80).

webinar umroh.com

Allah Ta’ala juga berfirman,

Dan barangsiapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.” (QS. Al Ahzab: 71).

3.     Sahur Merupakan Pembeda Dengan Ahli Kitab

Perlu kita ketahui bahwasan-nya sahur merupakan anjuran bagi orang yang berpuasa. Sesungguhnya sahur mengandung keberkahan. Selain mengikuti sunah Rasulullah SAW., sahur bisa menguatkan orang berpuasa dan juga sahur merupakan pembeda bagi orang muslim dan ahlul kitab. Walaupun ahlul kitab juga melaksanakan puasa sesuai keyakinan mereka, tetapi mereka tidak melaksanakan makan sahur. Seperti hadis yang di riwayatkan oleh Amr bin Ash sesungguhnya Rasulullah SAW. bersabda :

Artinya : “Pembeda antar puasanya kita dengan puasanya ahlul kitab adalah makan sahur” (HR. Muslim dari Amr bin Ash)

Bila banyak alasan dan pembenaran menunda ke Baitullah, maka ketaatan takkan maksimal. Dan kehadiran Umroh.com akan menyempurnakan ibadah Anda!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4.     Allah dan malaikat bershalawat kepada orang yang makan sahur.

Berkah sahur yang tersebar adalah Allah SWT akan memenuhi orang-orang yang sahur dengan rahmat-Nya, malaikat Allah memintakan ampunan bagi mereka, berdoa kepada Allah agar memaafkan mereka dan memasukkan mereka ke dalam golongan orang yang mendapatkan pertolongan Allah SWT di Bulan Ramadhan. Waktu sahur adalah waktu dimana Malaikat Allah turun ke bumi dan menjadikannya waktu yang mustajabah. Diriwatkan dari Abu Sa’id al Khudri ra, Rasulullah SAW telah bersabda:

Artinya: “Sahur itu makanan yang berkah, maka dari itu janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya dengan meneguk setengah air, karena Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang melaksanakan sahur”.

5.     Pembuka Pintu Shodaqoh

Dengan membiasakan diri untuk santap sahur, sejatinya sahur juga akan membukakan pintu shodaqoh bagi tiap – tiap orang yang membutukan makanan, juga bisa menjadi sarana untuk makan berjamaah. Hal ini termasuk pula dalam kebiasaan nabi SAW

6.     Sahur memberi kekuatan saat menjalankan ibadah puasa

Umroh.com merangkum, dengan makan sahur, keadaan fisik tentu akan lebih kuat dalam menjalani puasa. Beda halnya dengan orang yang tidak makan sahur. Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Barokah makan sahur amat jelas yaitu semakin menguatkan dan menambah semangat orang yang berpuasa.” (Syarh Shahih Muslim, 7: 206).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

7.     Sahur menambah kekuatan untuk rajin beribadah

keutamaan sahur dan dalilnya

Tidak hanya mengetahui keutamaan sahur dan dalilnya yang perlu tahu, tapi juga makan sahur sendiri bernilai ibadah jika di niatkan untuk semakin kuat dalam melakukan ketaatan pada Allah SWT. Orang yang makan sahur dijamin bisa menjawab azan sholat Shubuh dan juga bisa mendapati sholat Shubuh di waktunya secara berjamaah. Tentu ini adalah suatu kebaikan.