1
Doa

Rajinlah Sholat Istikharah, Masalah Pasti Tuntas

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Saat menghadapi masalah, Rasulullah menganjurkan kita untuk melaksanakan sholat istikharah. Memohon petunjuk dari Allah saat menghadapi masalah. Berikut ini keutamaan yang akan kita dapatkan dengan sholat istikharah.

Menjernihkan Pikiran

Sholat istikharah akan membuat kita lebih tenang menghadapi masalah dan pilihan yang sulit. Keutamaannya membuat kita lebih mudah menemukan jalan untuk memecahkan masalah. Jika ada dua pilihan sulit, yang memiliki keuntungan dan resiko yang sama besarnya, maka bisa membuat pikiran lebih jernih.

Baca juga: Ini Bunyi Bacaan Sholat Istikharah yang Wajib Anda Ketahui

Sering kali masalah menjadi berat karena kita menghadapinya dengan emosi yang meluap. Emosi dan ego bisa membuat kita semakin gelisah dan pikiran menjadi keruh. Keruhnya pikiran akan membawa dampak negatif. Misalnya, membuat masalah menjadi semakin berat serta kesulitan melihat peluang dan sisi positif guna memecahkan masalah atau menentukan pilihan.

Membantu Manusia untuk Pasrah

Ketenangan yang diperoleh setelah sholat istikharah merupakan hasil dari rasa pasrah yang timbul. Dengan doa, ruku’, dan sujud, kita akan lebih mudah menyerahkan masalah dan pilihan kepada Allah. Keutamaan sholat istikharah diantaranya membantu kita meyakini bahwa segala masalah dan ujian berasal dari Allah, sehingga solusi terbaik juga akan Allah berikan sebagai jalan keluar. 

keutamaan sholat istikharah

Kepasrahan akan membuat kita lebih mudah menyerahkan segala hasil pilihan kepada Allah. Kepasrahan juga akan membuat Allah lebih mudah menuntun kita. Pikiran yang jernih membuat mata dan hati kita lebih mudah melihat petunjuk dari Allah. Baik atau buruk, hasil dari pilihan dan solusi yang kita pilih akan kita yakini sebagai kehendak Allah. 

Meraih Ridha Allah

Keutamaan sholat istikharah saat menghadapi masalah yaitu bisa mendatangkan ridha Allah. Berwudhu, lalu melakukan sholat istikharah saat ditimpa masalah menunjukkan bahwa kita adalah manusia beriman. Kita meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini, atau yang menimpa kita, merupakan ketentuan Allah. 

Apapun peristiwanya, tentu Allah akan melihat bagaimana kita bersikap saat menghadapinya. Kembali kepada Allah, meyakini bahwa yang terjadi adalah kehendak Allah, hingga berdoa memohon jalan keluar ialah langkah yang dilakukan orang beriman. Keimanan ini yang akan mendatangkan ridha Allah. 

webinar umroh.com

Baca juga: Setelah Sholat Istikharah, Anda Bisa Lanjutkan dengan Ibadah Ini

Apa yang menimpa kita adalah ketetapan Allah, dan untuk menyelesaikannya dibutuhkan sikap tawakal. Dalam surat At Taubah ayat 51, Allah berfirman, “Katakanlah (Muhammad), ‘Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah bertawakallah orang-orang yang beriman'”. 

Lebih Mantap saat Melangkah

Salah satu keutamaan sholat istikharah adalah kemantapan hati. Ketenangan yang Allah berikan akan membuat kita yakin bahwa Allah membimbing setiap langkah kita. Allah yang Maha Mengetahui akan menunjukkan mana yang terbaik dan tidak. Dengan demikian, muncul kemantapan di dalam hati bahwa apapun yang terjadi merupakan kehendak terbaik dari Allah.

Melindungi Diri dari Setan

Setan akan selalu hadir dan menggoda manusia. Ketika kita ditimpa masalah, setan hadir untuk membuat kita merasa cemas secara berlebihan. Ia membisikkan perasaan was-was di dalam hati, yang jika berlarut-larut akan membuat kita terjerumus. Terbawa bujuk rayu setan bisa membuat kita putus asa, sehingga kita mengambil langkah yang tidak diridhai Allah.

keutamaan sholat istikharah

Dengan keutamaan tersebut, kita akan terlindung dari godaan setan saat ditimpa masalah. sholat yang kita dirikan begitu mendapat masalah akan membentengi diri, sehingga setan tidak memiliki kesempatan untuk masuk, serta menguasai hati dan seluruh tubuh kita. 

Melibatkan Allah dalam Membuat Pilihan

Jika terbiasa melaksanakan sholat istikharah saat mendapat masalah, kita juga akan terbiasa melibatkan Allah dalam membuat setiap pilihan. Di dalam hati ada pengakuan bahwa Allah adalah Dzat yang Maha Mengetahui serta Maha Bijaksana. 

Selain itu, kita juga akan terbiasa untuk menimbang segala sesuatu dari sudut pandang agama. Kita merasa selalu bersama Allah, sehingga berusaha agar setiap keputusan yang dibuat tidak bertentangan dan melanggar agama. Keutamaan sholat istikharah adalah membuat kita lebih jernih dalam mempertimbangkan segala sesuatu, sehingga menghasilkan keputusan yang mendatangkan kebaikan.

Keyakinan bahwa Allah bersama kita juga akan membuat kita lebih ikhlas dan tawakal. Allah mengetahui setiap langkah yang kita ambil untuk memecahkan masalah. Sebagaimana firman Allah dalam surat Asy Syu’ara ayat 217-219, “Dan bertawakallah kepada Allah yang Maha Perkasa, Maha Penyayang. Yang melihat engkau ketika engkau berdiri (untuk sholat). Dan (melihat) perubahan gerakan badanmu di antara orang-orang yang sujud”.

Terhindar dari Rasa Kecewa Berlebihan

Manusia selalu memiliki harapan dan keinginan. Bisa berupa rasa yang kuat, atau hal-hal yang terbersit di dalam hati. Melaksanakan sholat istikharah bukan berarti menghapuskan keinginan-keinginan itu. Keinginan masih tetap ada, karena kita manusia biasa. Namun dengan sholat istikharah, kita tidak akan kecewa berlebihan saat keinginan tidak tercapai.

keutamaan sholat istikharah

Sholat istikharah membantu kita untuk melepaskan keinginan, dan menyerahkan segala persoalan kepada Allah. Di dalam hati tidak ada lagi rasa berat karena terlalu erat menggenggam keinginan. Karena di dalam bacaan doa setelah sholat istikharah, kita telah memohon agar dimudahkan untuk ridha dengan segala ketetapanNya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.