1
Doa

Pengertian Sholat Istikharah Sebagai Solusi Masalah Hidup

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Dalam menjalani hidup di dunia, manusia tak pernah lepas dari masalah. Dengan kadar tertentu, masalah kita merupakan ujian dari Allah. Ada masalah yang ringan, dan ada masalah yang terasa berat hingga mengguncang hati sekaligus fisik kita. 

Saat menghadapi situasi seperti ini, umroh.com memiliki pilihan cara yang bisa ditempuh sebagai seorang muslim. Salah satu cara sederhana yang bisa kita pilih untuk memecahkan masalah adalah mengawali pemikiran solusi dengan sholat istikharah.

Baca juga: Ada Bacaan Penting saat Lakukan Sholat Istikharah, Lihat di Sini

Pengertian sholat Istikharah

Sholat Istikharah adalah sholat sunnah yang dilakukan dengan niat meminta petunjuk kepada Allah. Disunnahkan bagi setiap muslim yang beriman untuk melakukan sholat istikharah saat menghadapi persoalan. Misalnya memohon diberikan jalan keluar dari masalah yang pelik, meminta petunjuk atas pilihan yang akan dibuat, atau mengharapkan hal yang dibolehkan namun tidak mengetahui apakah hal ini berdampak baik baginya. Sholat istikharah juga bisa dilakukan ketika mengalami keraguan dalam memilih solusi atas sebuah permasalahan.

pengertian sholat istikharah

Ketika melakukan nya, kita bisa berdoa agar Allah menunjukkan jalan yang terbaik, serta meminta agar Allah melapangkan hati untuk menerima ketetapan Allah di kemudian hari. Setelah itu, kita juga bisa memohon agar diberi petunjuk saat akan melakukan sesuatu, atau memohon diberi petunjuk untuk mengambil pilihan yang terbaik.

Melaksanakan sholat istikharah bisa membuat hati kita lebih tenang dan mantap. Rasa bimbang di dalam hati akan hilang, serta terhindar dari rasa kecewa yang berlebihan di kemudian hari. 

Sholat yang Diperintahkan oleh Rasulullah

Rasulullah berpesan agar kaum muslimin mendirikan sholat sunnah setiap menghadapi sebuah masalah. Salah seorang Sahabat Rasulullah, Jabir bin Abdillah, menuturkan bahwa Rasulullah SAW mengajari kami sholat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapi, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surat dari Al Quran. Beliau berkata, “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah sholat dua rakaat yang bukan sholat wajib, kemudian berdoalah” (HR. Bukhari).

pengertian sholat istikharah

Melalui hadist tersebut, Rasulullah mengajarkan agar segera menunaikan sholat istikharah ketika merasa menghadapi masalah. Bukan hanya yang sulit, bahkan di setiap masalah. Jadi sholat istikharah bukan hanya untuk memecahkan masalah saat kesulitan dalam memilih, namun juga masalah pelik yang tidak kunjung kita temukan solusinya. 

webinar umroh.com

Di masa Jahiliyah, orang-orang di Mekah juga melakukan istikharah saat menghadapi masalah. Akan tetapi, mereka tidak melakukannya dengan sholat, melainkan dengan undian. Datangnya Islam mengubah kebiasaan itu. Allah mengajarkan agar manusia memohon hanya kepadaNya saat ditimpa masalah, dan Rasulullah mengajarkannya lewat sholat istikharah.

Lebih Baik Dilakukan Setelah Mantap Mendapat Solusi

Sholat istikharah juga sangat baik jika dilakukan setelah kita mendapat solusi. Solusi untuk memecahkan masalah telah ditemukan, namun hati masih ragu untuk melihat apakah solusi ini merupakan solusi terbaik. Untuk memantapkan hati, lakukan sholat istikharah.

Sholat istikharah yang dilakukan setelah mengetahui pilihan akan membuat kita lebih mudah mengetahui keputusan Allah. Jika jalan untuk melaksanakan solusi yang dipilih dipermudah, maka bisa jadi itu adalah solusi terbaik yang diridhai Allah. Namun jika solusi tersebut bukanlah yang terbaik, maka Allah akan menurunkan penghalang sehingga solusi tidak kita lakukan.

Baca juga: Hal Utama yang Dirasakan Setelah Sholat Istikharah

Baik atau tidaknya bisa kita lihat seiring dengan berjalannya waktu, ketika masalah yang dihadapi benar-benar terselesaikan. Situasi tersebut akan membuat kita mengambil hikmah, bahwa ketentuan Allah adalah yang terbaik. Hal yang kita kira terbaik, bisa jadi bukan yang terbaik menurut Allah.

Dalam surat Al Baqarah ayat 216, Allah berfirman, “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu. Dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” 

Diberikan Jawaban Lewat Mimpi

Jawaban bisa kita peroleh setelah melakukannya. Akan tetapi, bukan lewat mimpi sebagaimana anggapan banyak orang. Para ulama berpendapat bahwa mimpi tidak bisa dianggap acuan karena ada peluang setan bermain di dalamnya.

Sebagaimana sabda Rasulullah, “Mimpi ada tiga macam: dari Allah, dari setan, dan bisikan hati”. Mimpi yang kita alami bisa jadi upaya setan untuk mengombang-ambing perasaan manusia.

Karena itulah para ulama melihat bahwa mimpi tidak bisa dijadikan pedoman untuk menetapkan hukum, apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak. Mimpi hanya bisa dijadikan sekedar informasi untuk mengetahui, bukan diyakini. 

pengertian sholat istikharah

Sebagaimana mimpi juga berasal dari Allah, mimpi yang baik juga bisa menjadi pertanda baik. Mimpi itu biasanya disertai dengan kelapangan jiwa. Namun tetap saja, para ulama berpendapat bahwa tidak ada keterkaitan antara sholat istikharah dengan mimpi. 

Perkara Wajib Tak Perlu Istikharah

Ada perkara-perkara yang tidak perlu membuat kita melakukan sholat istikharah, yaitu pekara yang wajib. Jika kita dihadapkan antara memilih hal yang wajib dengan sunnah atau mubah, tentu kita harus memilih yang wajib karena kita tidak memiliki pilihan lain. Apalagi jika perkara wajib dihadapkan dengan perkara haram. Misalnya ketika dihadapkan dengan pilihan harus mengambil uang perusahaan atau bekerja sampingan mengumpulkan uang sedikit demi sedikit di tempat halal. Tentu kita harus mengutamakan yang wajib, yaitu berikhtiar mencari rezeki yang halal.

Baca juga: Niat Sholat Istikharah yang Wajib Diingat

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.