1
Doa

Inilah 3 Keutamaan Sholat Jenazah Jika Dilakukan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ditinggalkan orang yang kita kasihi pasti menimbulkan perasaan sedih. Ini manusiawi. Apalagi jika orang yang kita kasihi pergi mendahului meninggalkan dunia. Namun, kesedihan yang dialami hendaknya juga diiringi dengan kesediaan merawat jenazah. Alih-alih meratapi kepergian jenazah secara berlebihan, umat muslim diharuskan memberi penghormatan terakhir dengan memperlakukan jenazah secara baik. 

Umroh.com merangkum, ada empat kewajiban umat mukmin kepada jenazah. Memandikan, mengkafani, mensholati, dan mengubur. Bersegera merawat jenazah dengan memandikan, mensucikan, dan mensholatkannya serta bersegera menguburkannya merupakan kebaikan. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Segerakanlah mengubur jenazah, apabila dia orang baik berarti kamu mempercepat mengantar dia kepada kebaikan. Apabila dia orang jahat berarti kamu sama dengan menyingkirkan bencana kepada dirimu” (HR.Muslim).

Baca juga: Wajib Dihafalkan, Ini Bunyi Bacaan Doa Sholat Jenazah

3 Keutamaan Sholat Jenazah

1. Melaksanakan Perintah Rasulullah 

Mensholatkan jenazah merupakan perintah dari Rasulullah. Beliau pernah bersabda, “sholatkanlah mayat-mayatmu”. Dengan mengerjakan sholat jenazah, berarti kita telah mengamalkan perintah Rasulullah SAW.

2. Pahalanya Besar 

Dengan melaksanakan sholat jenazah, seseorang akan mendapat pahala sebesar satu qirath. Setara dengan besarnya Gunung Uhud. 

Jika sholat jenazah disertai dengan mengiringi dan mengantarkan jenazah hingga pemakaman, maka pahala yang diberikan sebesar dua qirath.  

Baca juga: Jangan Lupa untuk Mengaji Hari Ini, Baca Al Qurannya di Sini!

Keutamaan ini dijelaskan Rasulullah dalam salah satu hadist riwayat Imam Muslim. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa mensholatkan jenazah dan tidak mengiringinya (ke pemakaman), ia akan memperoleh pahala sebesar satu qirath. Jika dia juga mengiringinya (hingga pemakamannya), ia akan memperoleh dua qirath”. Para Sahabat kemudian bertanya, “Apa itu dua qirath?”. Rasulullah menjelaskan, “yang terkecil di antaranya adalah semisal Gunung Uhud”.

webinar umroh.com

Temukan ratusan paket umroh dari >50 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

keutamaan sholat jenazah (source shutterstock)

Sementara hadist riwayat Abu Hurairah menyatakan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menyaksikan jenazah sampai ia menyolatkannya, maka baginya satu qiroth. Lalu barangsiapa yang menyaksikan jenazah hingga dimakamkan, maka baginya dua qiroth”. Kemudian Sahabat bertanya, “Apa yang dimaksud dua qiroth?”, Rasulullah menjawab, “Dua qiroth itu semisal dua gunung yang besar”. 

3. Memberikan Kemudahan bagi Mayit 

Keutamaan sholat jenazah bukan hanya akan diterima bagi mereka yang melaksanakan. Mayit juga akan memperoleh kemudahan tersendiri. Allah memperkenankan doa dari jamaah sholat jenazah untuk mayit, jika ia disholatkan oleh minimal 40 atau 100 orang yang beriman pada Allah, atau disholatkan oleh tiga shaf jamaah. 

Diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang muslim meninggal dunia lantas disholatkan oleh 40 orang yang tidak berbuat syirik kepada Allah sedikit pun melainkan Allah akan memperkenankan syafa’at (doa) mereka untuknya”. 

Hadist ini berasal dari Kuraib, bekas budak Ibnu Abbas. Suatu hari, anak dari Abdullah bin Abbas meninggal dunia di Qudaid atau ‘Usfan. Ibnu Abbas kemudian berkata, “Yaa Kuraib, lihat berapa banyak manusia yang menyolati jenazahnya”. Kuraib menuturkan bahwa ia kemudian keluar, dan ternyata dilihatnya orang-orang sudah berkumpul. Kuraib kemudian mengabarkan pertanyaan Ibnu Abbas kepada orang yang berkumpul. Orang-orang tersebut kemudian menjawab bahwa orang yang berkumpul ada 40 orang. 

Baca juga: Ingin Mengajak Keluarga Anda untuk Pergi Umroh Bersama? Di Sini Cara Mudahnya!

Kuraib kemudian menyampaikan kabar tersebut kepada Ibnu Abbas, bahwa ada 40 orang yang berkumpul untuk sholat jenazah. Ibnu Abbas kemudian berkata, “Keluarkan mayit itu. Karena aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang muslim meninggal dunia lantas disholatkan oleh 40 orang yang tidak berbuat syirik kepada Allah sedikitpun, melainkan Allah akan memperkenankan syafaat atau doa mereka untuknya”. 

Lain halnya dengan hadist dari keterangan Aisyah. Aisyah r.a menuturkan bahwa syafaat atau doa dari jamaah sholat jenazah akan diperkenankan jika jamaah mencapai 100 orang. Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim ini berbunyi, “Tidaklah seorang mayit disholatkan (dengan sholat jenazah) oleh sekelompok kaum muslimin mencapai 100 orang, lalu semuanya memberi syafaat (mendoakan kebaikan untuknya), maka syafaat atau doa mereka akan diperkenankan”. 

Sementara itu, hadist yang berasal dari Malik bin Hurairah menunjukkan bahwa keutamaan sholat jenazah tersebut akan diterima oleh mayit jika jamaah mencapai tiga shaf. Diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi dan Imam Abu Dawud, hadist tersebut berbunyi, “Tidaklah seorang muslim mati lalu disholatkan oleh tiga shaf kaum muslimin, melainkan doa mereka akan dikabulkan”. 

Doa yang akan diperkenankan oleh Allah adalah doa agar Allah berkenan mengampuninya, merahmatinya, membebaskannya, dan memaafkannya. Doa tersebut tentu akan sangat bermanfaat bagi mayit yang sudah meninggal dunia.  

keutamaan sholat jenazah (source shutterstock)

Selain jumlah jamaah sebanyak 40, mayit juga akan mendapatkan keutamaan sholat jenazah jika saat sholat terdapat tiga shaf, walaupun jumlahnya kurang dari 40 orang. Misalnya dalam masing-masing shaf ada 10 orang, hingga seluruh jamaah berjumlah 30 orang.  

Baca juga: Inilah Jumlah Rakaat Sholat Jenazah yang Benar

Rasulullah bersabda (yang diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi dan Imam Abu Dawud), “Tidaklah seorang muslim mati lalu disholatkan oleh tiga shaf kaum muslimin melainkan doa mereka akan dikabulkan”.

Temukan ratusan paket umroh dari >50 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.