1
Doa

Inilah 5 Keutamaan Sholat Subuh yang Wajib Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bagi seluruh umat islam, menjalankan ibadah sholat adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan sebagai bukti ketaatan dan ketaqwaan kita terhadap Allah swt. Sholat wajib yang harus dikerjakan oleh umat islam terdiri dari 5 waktu, yaitu pada waktu subuh, zuhur, ashar, magrib, dan yang terakhir adalah isya. 

Baca juga: Setelah Sholat Shubuh, Jangan Lupa Lanjutkan dengan Sholat Dhuha

Setiap sholat yang dikerjakan umat islam tentunya memiliki keutamaan dan manfaat dikehidupan, baik itu di dunia maupun di akhirat kelak. Akan tetapi bagi sebagian umat islam, ada satu waktu pada sholat wajib yang mungkin sangat sulit dan berat untuk dikerjakan lantaran berbagai alasan salah satunya ialah mengantuk. Sholat apakah itu?

Baca juga: Jadwal Sholat Lengkap Sesuai Daerah Anda di Sini

Jawaban dari pertanyaan di atas ialah sholat subuh yang merupakan sholat wajib yang dikerjakan pada waktu pagi hari sebelum terbitnya matahari. Meskipun hanya dua rakaat, namun masih banyak nya umat islam yang lalai tidak mengerjakan sholat subuh membuat mereka termasuk ke dalam golongan merugi. 

keutamaan sholat subuh
source shutterstock

Jika seluruh umat islam mengetahui akan keutaman dan manfaatnya, tentu saja dalam pelaksanaannya pasti akan dilakukan lebih baik lagi.

Baca juga: Sempurna, Anda Bisa Lakukan Sholat Shubuh di Tempat Istimewa Ini

Dan berikut akan kami jelaskan keutamaannya yang wajib anda ketahui. 

1. Salah satu penyebab masuk surga

Rasulullah saw bersabda : 

webinar umroh.com

barang siapa yang mengerjakan sholat bardain (yaitu sholat subuh dan ashar) maka dia akan masuk surga ( HR. Bukhari no 574 dan Muslim no 635). Sholat subuh merupakan sholat bardain yang apabia dikerjakan maka akan mendapatkan surga dari Allah swt.

2. Penghalang masuk neraka

Neraka ialah tempat yang paling mengerikan di akhirat kelak. Tak ada satupun mahluk yang ingin menetap disana meskipun satu detik saja. Keutamaannya merupakan salah satu penghalang masuk nya kita ke dalam neraka. Maka dari itu lakukanlah sholat subuh maupun sholat lainnya dengan hati ikhlas dan niat semata ibadah karena Allah swt. insyaAllah kita semua akan terhindar dari panasnya api neraka. Nabi SAW bersabda: tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan sholat sebelum terbitnya matahari ( yaitu sholat subuh dan sholat sebelum tenggelamnya matahari yaitu sholat ashar. HR. Muslim no. 634).

Baca juga: Penjelasan Penting soal Sholat Istikharah

3. Dihitung seperti sholat semalam penuh

Pada saat kita melaksanakan sholat subuh secara berjamaah dan pada sholat isya pun dilakukan dengan berjamaah maka pahala yang akan kita dapatkan sama seperti orang yang sholat satu malam penuh.

keutamaan sholat subuh
source: shutterstock

4. Disaksikan para malaikat

Setiap harinya malaikat akan bergantian untuk menjaga hamba Allah swt siang dan malam. Mereka semua berkumpul pada waktu sholat subuh dan ashar. Saat kembali ke langit mereka akan ditanya oleh Allah swt tentang apa yang dikerjakan umatnya saat. Lalu para malaikat pun akan menjawab kami meninggalkan mereka pada saat sholat dan kembali datang saat dalam keadaan sholat.

5. Berada dalam jaminan Allah swt

Rasulullah saw bersabda :

Barang siapa yang sholat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminannya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminannya maka Allah swt pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupnya di atas wajahnya dalam neraka jahannam. ( HR. Muslim no. 163 ).

Baca juga: Ajak Keluarga dan Kerabat Dekat Anda untuk Sholat Berjamaah di Sini

Demikian lah lima keutamaan dari sholat subuh yang wajib anda ketahui. Mari kita sama-sama tingkatkan ketaqwaan kita dan melatih diri mulai dari sekarang untuk bisa melaksanakan sholat subuh dengan baik. Dari ulasan diatas bisa disimpulkan sangat jelas bahwa keutamaan sholat subuh dan sholat wajib lainnya sesungguhnya sangatlah luar biasa apabila dikerjakan dengan niat dan hati yang bersih untuk ibadah semata karena Allah swt. Semoa kita semua termasuk dalam golongan dari hamba Allah dan Rasulullah saw yang akan mendapat syafaat nanti di hari akhir. Aamiin yarrobalalaamiin.