play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

4 Hal yang Harus Diminta kepada Allah Beserta Doanya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Doa adalah sebuah permohonan seorang hamba kepada Allah SWT. Doa juga merupakan salah satu senjata yang sangat ampuh dari Allah SWT yang diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang beriman dengan doa juga seseorang dapat mewujudkan cita-cita dan harapan yang dia inginkan. Bahkan terdapat sebuah ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang kekuatan doa. Berikut akan dijelaskan 4 hal yang harus diminta kepada Allah beserta doanya.

Allah SWT berfirman: 

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186).

Baca juga: Inilah 7 Tips Bahagia Dunia dan Akhirat, Apa Saja?

Fungsi Doa

1. Doa cerminan diri

Umroh.com merangkum, doa merupakan sebuah bentuk cerminan dan sikap kita dalam menghadapi Allah SWT, sebagai seorang hamba tentu kita sangat membutuhkan doa, dengan berdoa maka kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda 

“Siapa yang tidak memohon kepada Allah SWT maka Allah akan murka kepadanya.” (HR. Tirmidzi)

2. Doa adalah ibadah

Doa adalah bagian dari ibadah kepada Allah SWT, dengan berdoa maka kita sudah melakukan kewajiban kita kepada Allah SWT yaitu berimana, sebagaimana sabda Rasulullah SAW

“Doa adalah ibadah.” (HR. Tirmidzi)

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

3. Doa mendatangkan solusi

Dengan kekuatan doa, maka kita akan selalu menemukan solusi dalam menghadapi rintangan yang sedang terjadi pada diri kita, contoh seperti dalam pekerjaan kita dengan berdoa tentu akan mendapatkan jalan yang mudah dalam pekerjaan kita. Rasulullah SAW bersabda 

“Hendaklah setiap orang dari kalian memohon segala kebutuhannya kepada Tuhan-Nya, bahkan saat tali sandalnya putus.” (HR. Tirmidzi)

4. Doa mengubah takdir 

Kekuatan doa juga dapat mengubah takdir kita, bahkan takdir yang ditetapkan oleh Allah SWT pun dapat dirubah dengan kekuatan doa, Rasulullah SAW bersabda

“Takdir yang akan menimpa seseorang tidak bisa ditolak kecuali dengan doa. Umur seseorang tiada bertambah kecuali dengan melakukan kebaikan, dan rejeki (kebaikan) akan diharamkan kepada seseorang karena dosa yang dilakukannya.” (HR. Ibnu Majah)

Jadilan tamu Allah dengan temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4 hal yang harus kita minta ketika doa

1. Keteguhan Iman

Iman merupakan sesuatu hal yang penting bagi setiap seorang muslim, dengan iman juga dapat menentukan nasib seseorang, di dunia maupun di akhirat. Seorang muslim diharapkan dapat memiliki iman yang kuat meskipun banyak orang yang mengetahui bahwa iman itu busa naik dan juga turun, tetapi banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara menjaga keteguhan iman. Menurut Ibnu Qayyim, Ilmu dan iman adalah dua perkara yang menyebabkan seseorang hamba mendapatkan kedudukan yang tinggi di duni dan akhirat. Seperti firman Allah SWT ayat 11 yang berbunyi “ Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS. Al-Mujadilah: 11)

Ayat tersebut memotivasi banyak manusia untuk terus belajar dan mempertahankan keteguhan imannya. Allah SWT juga mengajarkan kepada kita sebuah doa agar bisa memiliki keteguhan iman yang kuat meskipun iman seseorang akan memiliki pasang dan surut. Doa tersebut tersurat dalam Al-Quran dan berbunyi sebagai berikut :

Rabbana la tuziq qulubana ba’da iz hadaitana wa hab lana mil ladungka rahmah, innaka antal wahhab

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karunikanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).” 

2. Doa kesehatan

Kita pasti akan selalu mengharapkan kesehatan berjalan dengan baik dan normal, tanpa ada gangguan baik karena terkena penyakit atau karena sebab musibah. Doa agar diberi kesehatan oleh Allah SWT berikut doanya :

Allahumma ‘afini fi badani, allahumma ‘afni fi sam’I, allahumma ‘afni fi bashori la ilaha illa anta. 

“Ya Allah, sehatkanlah badanku, ya Allah sehatkanlah pendengaranku, ya Allah, sehatkanlah penglihatanku. Tiada Tuhan selain Engkau.” Doa ini dianjurkan untuk dibaca setiap pagi dan petang sebanyak tiga kali.

3. Doa rejeki Lancar

Allahummaftah Alaina abwaabal khoiri wa abwaa bal barokati wa abwaaban ni’mati wa abwaabar rizki wa bwaabal quwwati wa abwaabash shih haati wa abwaabas salamati wa abwaabal Jannah, Allahumma aafinaa mingkulli balaa’id dunyaa wa adzaabil aakhirah, wash rif anna bihaqqil Qur’anil adhiim wa nabiyyikal kariim syarraddunyaa wa syarral aakhiroh, Ghofarollaahu lanaa wa lahum birahmaatika yaa arhamar raahimiin

“Ya Allah pangeran Tuhanku, bukankankah bukakanlah untuk hamba pintu kebagusan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu kekuatan, pintu rizki, pintu kesehatan, pintu keselamatan dan pintu surge. Ya Allah Tuhanku hindarkanlah diriku dari bala’I dunia dan bala’I akhirat, jauhkan diriku, sesungguh-sungguhnya Al-Quran yang agung dan Nabi-Mu yang mulia dari kejahatan dunia dan kejahatan akhirat. Semoga Allah mengampuni diriku semua dan mereka (muslim/muslimat) oleh rahmatmu yang asih.”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

4. Doa panjang umur

Kita sebagai seorang muslim, tentu sangat mengharapkan bahwa Allah SWT akan memberikan umur yang panjang untuk kita, karena dengan diberikannya umur yang panjang oleh Allah, maka kita diharapkan akan semakin meningkatkan keimanan kita serta ibadah kita kepada Allah SWT.

Berikut doa agar diberi umur yang panjang:

Allahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ashsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhikhawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syaiin qodiir

“Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rejeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Facebook Comments