1
Tips

Begini Cara Muhasabah Diri terhadap Masa Lalu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Begitulah kiranya gambaran yang paling tepat untuk melihat situasi kondisi manusia saat ini. Tak pernah ada kata terlambat untuk memperbaiki diri dan kehidupan yang salah kala itu. Semua manusia berhak akan menjadi lebih baik. Lalu bagaimana cara muhasabah diri dengan masa lalu?

Sekiranya seseorang berfikir mendalam niscaya menyadari bahwa kehidupan yang sebenarnya adalah kehidupan akhirat, karena di dalamnya terdapat kenikmatan abadi yang tiada ujungnya. Tetapi nafsu itulah yang mengeruhkan kehidupan akhirat anda sehingga dia lebih pantas mendapatkan sanksi ketimbang yang lainnya. Sungguh siapapun yang memilih untuk berhijrah di masa lalu dengan niat tulus maka ia termasuk golongan orang yang di ridhoi Allah SWT.

Baca juga: 9 Cara Ampuh Menguasai Energi Negatif agar Tetap Waras!

Definisi Muhasabah dalam islam

Umroh.com merangkum, secara etimologis muhasabah adalah bentuk mashdar (bentuk dasar) dari kata hasaba-yuhasibu yang kata dasarnya hasaba-yahsibu atau yahsubu yang berarti menghitung. Sedangkan dalam kamus Arab- Indonesia muhasabah ialah perhitungan, atau introspeksi.

Muhasabah secara sedehana bisa dipahami sama dengan intropeksi, yaitu seseorang bertanya kepada dirinya sendiri tentang perbuatan yang dia lakukan agar jiwa menjadi tenang, dan memastikan secara jelas apakah perbuatan yang dilakukan dalam kehidupannya sesuai dengan perintah-perintah Allah SWT.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Seseorang yang melakukan intropeksi mesti lah objektif melakukan penilaiannya dengan menggunakan Al Qur’an dan Sunnah sebagai dasar penilaiannya bukan berdasarkan keinginan diri sendiri. Oleh karena itu melakukan muhasabah atau introspeksi diri merupakan hal yang sangat penting untuk menilai apakah amal perbuatannya sudah sesuai dengan ketentuan Allah. Tanpa introspeksi, jiwa manusia tidak akan menjadi baik. Muhasabah tidak harus dilakukan pada akhir tahun atau akhir bulan. Namun perlu juga dilakukan setiap hari, bahkan setiap saat. Umar r.a. berkata:

” Adakanlah almuhâsabah kepada dirimu sendiri, sebelum kamu diadakan orang akan almuhâsabah dan timbangkanlah akan dirimu itu sebelum kamu ditimbangkan orang lain”.

Muhasabah juga disebutkan dalam banyak hadist, salah satu sabda Rasulullah yaitu :

“Diriwayatkan dari Umar bin Khattab, Nabi bersabda: Hisablah dirimu sebelum kamu dihisab, dan hiasilah dirimu sekalian (dengan amal shaleh), karena adanya sesuatu yang lebih luas dan besar, dan sesuatu yang meringankan hisab di hari kiamat yaitu

orang-orang yang bermuhasabah atas dirinya ketika didunia.” (H.R. Tirmidzi).

Bagaimana Cara Muhasabah?

Setelah selesai shalat Isya, atau sebelum tidur, melakukan evaluasi perilaku atau perbuatan yang telah dijalani, mulai dari pagi sampai dengan sore hari sangat lah wajib untuk dilakukan, agar hidup kita senantiasa terarah dan tentram. Diantaranya :

  • Mulailah dengan hal-hal yang berkaitan dengan rukun islam dan rukun iman.
  • Kemudian mengingat hal-hal yang berkaitan dengan sesama manusia seperti orang tua kita, istri, suami, anak, saudara, tetangga, teman di tempat kerja dll.
  • Akuilah kegagalan-kegagalan dalam mengatasi ujian Allah sepanjang hari, beristigfarlah kepada Allah, bertaubatlah kepada-Nya. Semoga Allah berkenan menerima taubat kita, lalu berniatlah untuk tidak mengulangi kesalahankesalahan tersebut dan tekadkan niat kita bahwa besok akan tampil lebih baik lagi
  • Jika ternyata kita ada masalah dengan sesama manusia maka kita harus berani minta maaf dan mintalah kerelaan mereka.

Waktu Muhasabah yang Tepat

Pengalaman menunjukkan bahwa kita sama sekali tidak tahu kapan, dimana sedang apa seseorang menemui kematiannya, karena itu sudah semestinya kita lakukan sejak sekarang. Dan barangsiapa yang melakukan introspeksi diri hari ini, niscaya dia akan memperoleh keamanan hari esoknya.

Keutamaan Muhasabah

Keutamaan muhasabah antara lain yaitu :

  1. Kritik diri (Muhasabah) bisa menarik kasih dan pertolongan Allah SWT.
  • Memampukan seseorang untuk memperdalam iman dan penghambaannya, berhasil dalam menjalankan ajaran islam, dan meraih kedekatan dengan Allah dan kebahagiaan abadi.
  • Muhasabah dapat mencegah seorang hamba jatuh ke jurang keputusasaan dan kesombongan atau ujub dalam beribadah, serta menjadikannya selamat di hari kemudian.
  • Muhasabah dapat membuka pintu menuju ketenangan dan kedamaian spiritual, dan juga menyebabkan seseorang takut kepada Allah dan siksaan-Nya. Muhasabah juga dapat membangkitkan kedamaian dan ketakutan di dalam hati manusia.

Jadilag tamu Allah dengan temukan paket umrohnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]  

Kriteria Lelaki Mahal

Tim Umroh.com merangkum, bermuhasabah tentulah akan berdampak pula pada kepribadiaan seseorang secara lebih nyata dan baik. Dalam hal ini kriteria lelaki mahal disini berarti sudut pandang lebih dominan dari penilaian seorang wanita. Dan terdapat 6 poin kualitas lelaki mahal yang wajib diketahui, diantaranya ialah :

1. Lembut dalam cintanya

Terlihat sederhana,dalam hal ini lelaki diminta untuk menjadi seorang yang sabar. Laki – laki kalau bisa lembut berarti dia bersabar. Karena kelembutannya adalah hasil penerimaan dari sifat – sifat wanitanya dan bersabar karena dia tahu bahwa wanita ini termasuk bagian penting dalam hidupnya.

2. Pembicara yang baik

Lelaki berkualitas ialah lelaki yang mampu berbicara dan menyampaikan sesuatu dengan baik. Tidak membuat pusing dengan gaya bahasanya.

3. dalam kehidupan yang sibuk

Kalau setia karena tidak pernah kemana mana, tidak pernah bertemu dengan wanita lain itu adalah hal yang wajar. Tapi kalau setia dalam keadaan yang sibuk bertemu dengan banyak orang, berkenalan dengan banyak rekan wanita tetapi dia tetap setia itu hal luar biasa bagi wanita.

Lelaki yang setia dalam kesibukan pasti kesibukannya adalah kesibukan yang bernilai. Kesibukan yang menjadikannya ahli, semakin dibutuhkan, mahal, dan di hormati. Kadang dalam hal ini banyak para lelaki tidak melihat hubungan antara kesetian dengan wanitanya dalam kehidupan yang sibuk itu menjadikannya lelaki yang sejahtera. Bahkan kaya.

4. Memperlakukan wanita sebagai harta termahalnya

Wanita sangat suka perhatian dari pria. Bayangkan apabila lelaki sudah sibuk kesana kemari, namun dengan setianya ia tetap menjaga wanitanya dengan baik berati lelaki ini sangat lah mulia. Lelaki seperti ini menjadikan wanita adalah suatu hal yang paling penting dalam hidupnya.

5. Kecerdasan

Saat ada pria cerdas dan tidak sombong banyak dari kita melihat ia sebagai seseorang yang sangat charming meskipun penampilannya kurang mendukung. Seorang pria akan terlihat lebih menarik jika ia bisa mengutarakan kecerdasannya dengan cara yang rendah hati, tidak sombong, dan tidak sampai merendahkan orang lain.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

6. Berkomitmen tinggi

Lelaki tanpa komitmen adalah  seorang lelaki yang hanya menginginkan kepuasan fisik semata. Bukan tergolong dalam deretan lelaki sejati namun hanya seorang pecundang. Fakta terbenar adalah komitmen karena dari situlah akan sangat menunjukan bahwa dia adalah lelaki mahal.