1
Muslim Lifestyle

Ini Pengertian Muhasabah Menurut Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Muhasabah merupakan cara refleksi diri untuk mengevaluasi apa yang sudah dilakukan selama ini. Karena itulah muhasabah perlu dilakukan untuk dijadikan kebutuhan dalam diri manusia. Di dalam ajaran agama Islam sendiri, muhasabah sangat dianjurkan untuk setiap insan karena dapat memberikan banyak manfaat dalam kehidupan di dunia ataupun di akhirat.

 Karena itulah wajib adanya bagi setiap muslim untuk memaknai pengertian muhasabah menurut Islam.

Baca juga: Inilah Macam Aqidah yang Perlu Diketahui

Pengertian Muhasabah Menurut Islam

Umroh.com merangkum, muhasabah sejatinya berasal dari kata hasiba yahsabu hisab, maka secara etimologis makna kata tersebut adalah melakukan perhitungan. Sementara dalam terminology syari, makna muhasabah sendiri adalah sebuah upaya dalam melakukan evaluasi terhadap diri sendiri dalam melihat kebaikan dan keburukan serta aspek keseluruhannya.

Evaluasi atau introspeksi diri tersebut terhadap hubungan hamba dengan Allah (habluminallah), hubungan manusia dengan manusia (habluminannas) serta hubungan manusia dengan dirinya sendiri (habluminannafsi). Entah hal tersebut bersifat secara keagamaan ataupun aspek sosial lainnya, manusia dianjurkan untuk bermuhasabah sebagai jalan untuk menjadi hamba Allah SWT yang mulia di sisi-Nya.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Hakikat Muhasabah

Sementara itu, Allah SWT juga menurunkan firmannya di dalam Al Qur’an mengenai hakikat muhasabah yang tersurat dalam QS Al Hasyr ayat 18 yang berbunyi,

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS.Al-Hasyr (59):18).

Sementara Rasulullah SAW juga bersabda mengenai muhasabah diri,

webinar umroh.com

“Dari Syadad bin Aus r.a, dari Rasulullah SAW, bahwa beliau berkata, “Orang yang pandai adalah yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah SWT” (HR. Imam Turmudzi)

Muhasabah memiliki arti introspeksi diri sendiri dengan menghitung atau mengevaluasi diri dengan amal-amal perbuatan yang pernah dilakukan di masa lalu. Kita pun paham bahwa manusia yang baik adalah manusia yang senantiasa terdorong untuk memperbaiki diri untuk mempersiapkan dirinya dalam menyongsong kehidupan dunia yang lebih baik serta kehidupan akhirat yang kekal selamanya.

Sebagai seorang muslim, kita pun tau bahwa manusia yang beruntung ialah yang selamat di yaumul akhir. Karena itulah manusia sangat dianjurkan untuk bermuhasabah sebagai pengingat diri di setiap waktu dan detik seorang hamba agar tidak menyianyiakan waktu yang telah Allah SWT berikan dalam hidupnya.

Di sisa hidupnya, manusia lebih baik memanfaatkan waktu sebaik-baiknya demi berbuat baik meraih ridho Allah SWT. Serta dalam kehidupan masyarakat, mereka yang senantiasa muhasabah diri akan senantiasa memperbaiki akhlak demi hidup sebagai manusia yang baik dan beradab. Manusia yang berakhlak baiklah yang akan dicintai Allah SWT.

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Manfaat dan Keutamaan Muhasabah

Muhasabah memiliki banyak manfaat dalam kehidupan. Karena itulah ada baiknya kita mengetahui beberapa faedah muhasabah dan keutamaan yang akan didapat oleh mereka yang bermuhsabah.

1. Mengetahui kekurangan dan aib sendiri

Dengan bermuhasabah diri, setiap muslim akan mengetahui kelemahan dirinya serta sadar akan aib yang sengaja atau tidak sengaja ia perbuat. Dengan demikian, ia akan tau apa yang harus dilakukan dalam memperbaiki dirinya.

2. Mengetahui taraf keimanan terhadap Allah SWT

Dalam hal beribadah kepada Allah SWT, manusia akan lebih menyadari taraf keimanannya sehingga semakin paham hak dan kewajiban yang harus dilakukan sebagai seorang hamba Allah SWT. Hamba yang bermuhasabah diri soal ibadah kepada Allah SWT bisa menambah kedekatan dan mengetahui kekurangan dalam ibadahnya sehingga dapat memohon ampun kepada Allah SWT serta mendapat rahmat dan cinta Allah SWT.

Karena itulah muhasabah diri dalam Islam sangat dianjurkan sebagai bentuk introspeksi diri sendiri dan mengevaluasi apa-apa yang terdapat dalam diri kita sendiri. Allah SWT pun turut memerintahkan Rasulullah SAW untuk memberikan pesan kepada kita semua bahwasanya muhasabah sangat penting dilakukan oleh setiap orang muslim.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Karena seorang hamba yang bermuhasabah akan lebih dekat dengan kebenaran yang haq, yakni menjadi hamba yang dicintai oleh Allah SWT.

Itulah pengertian muhasabah menurut Islam, semoga kita dapat mengambil pelaran dari ini ya! Jangan lupa share, like dan komen!