play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Kuliner

Mudah Ditemukan, Ini 12 Kuliner Kesukaan Rasulullah SAW

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam menjalani kehidupan setiap insan manusia pasti membutuhkan makan dan minum tak terkecuali Rasulullah saw. Seperti hal nya manusia di muka bumi ini, Rasulullah saw pun mempunyai kuliner favorit yang senantiasa ia makan dan minum setiap harinya.

Baca juga: 8 Kuliner Khas Arab Saudi saat Umroh di Mekkah

Sebagai seorang panutan dan begitu cintanya umat islam terhadap Rasulullah saw, umat islam meyakini bahwa semua yang dilakukan, dipakai, maupun yang dimakan dan diminum Rasulullah adalah baik dan berpahala.

Dalam soal kuliner, ternyata Rasulullah saw mempunyai selera tersendiri yang begitu menjadi favoritnya setiap saat. Tentunya kuliner tersebut sesuatu yang sudah dihalalkan oleh Allah swt dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Sambil Kulineran, Jangan Lupa Baca Al Quran dan Terjemahannya di Sini

Ingin tahu apa saja daftar makanan dan minuman yang disukai Rasulullah saw ? berikut Umroh.com berikan informasinya untuk Anda.

1. Barley / jelai

Yaitu sejenis gandum yang biasa dipakai membuat sereal. Barley / jelai sangat baik dikonsumsi saat sedang demam dan sangat disarankan untuk diolah menjadi sup hangat.

source: freepik.com

2. Kurma

Buah kurma adalah buah yang mungkin sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita sebagai makanan yang paling Rasulullah saw sukai. Beliau bersabda bahwa “ rumah yang didalamnya tidak ada kurma, penghuninya  adalah orang-orang lapar”. Manfaat dari buah kurma itu sendiri ialah untuk menguatkan tubuh dan penawar racun dalam proses detoksifikasi. Maka dari itu Rasulullah sangat menganjurkan memakan buah kurma pada saat akan buka puasa.

12 kuliner kesukaan rasulullah
source: freepik.com

3. Buah anggur

Buah anggur merupakan buah yang sangat disukai Rasulullah saw. Buah ini mudah pula kita jumpai di Indonesia di berbagai supermarket maupun store buah segar. Buah anggur menjadi buah pilihan Rasulullah saw karena  hasiatnya yang luar biasa pula. Diantaranya adalah sebagai zat penguat jantung, liver, dan paru,

source: freepik.com

4. Buah ara ( At-tin )

Buah At-tin merupakan nama buah yang tercantum dalam judul surat Al Quran . rasulullah saw mengatakan bahwa “jika engkau berkata ada buah yang diturunkan dari surge, maka aku bisa katakana inilah buahnya”. Buah At-tin ini sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki penyakit wasir, encok, sembelit, penyakit usus, lambung, bisul, haid tidak teratur dan masih banyak lagi. 

source: freepik.com

5. Madu

Madu merupakan makanan yang keluar dari perut lebah. Merupakan minuman yang sangat disukai rasulullah saw karena mengandung banyak sekali manfaat, sedikit diantaranya yaitu sebagai obat perut, mata, anti biotik, obat batuk dan juga pemberi energy.

source: freepik.com

6. Susu

Susu merupakan minuman yang dimuliakan dalam Al Quran. Setiap manusia di muka bumi ini pasti sudah mengetahui manfaat dari meminum susu. Perlu diketahui bukan susu sapi yang menjadi favorit rasulullah saw melainkan lebih kepada susu kambing. Konon katanya susu kambing khasiatnya hamper sama dengan ASI.

12 kuliner kesukaan rasulullah
source: freepik.com

7. Jamur

Rasulullah saw pernah bersabda “ jamur adalah sejenis manna yaitu anugrah yang sangat istimewa dan dapat mengobati mata sejak zaman dahulu.

source: freepik.com

8. Buah delima

Seperti yang dibaca dan tertulis dalam Al Quran, delima adalah buah yang terdapat di surga. Dalam memakan buah delima sangat dianjurkan untuk memakan bersama dengan kulitnya agar dapat mengurangi perut buncit. 

source: freepik.com

9. Labu

Khasiat dari buah labu memang sudah tidak diragukan lagi. Buah labu merupakan salah satu buah favorit Rasulullah saw. Kandungan airnya yang mencapai 97% membuat cairan tubuh dapat terjaga dengan baik. Labu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan paru, mencegah cacat pada janin, mengobati sakit asma, hipertensi, jantung dan kanker.

12 kuliner kesukaan rasulullah
source: freepik.com

10. Daging

Rasulullah saw bersabda daging itu dapat menambah pendengaran dan itu merupakan makanan utama di dunia maupun di akhirat.

source: freepik.com

11. Air putih

Air putih adalah sumber dari segala sumber hidup sehat seluruh manusia. Minuman bening dan tak memiliki rasa ini tentunya memiliki segudang manfaat bagi kehidupan. Air putih sangat baik untuk memperlancar pencernaan, memperlambat pemicu kanker, dan zat yang sangat baik untuk kecantikan.

12 kuliner kesukaan rasulullah
source: freepik.com

12. Melon 

Rasululah saw menyukai buah melon karena melon merupakan buah dengan segudang manfaat yaitu sebagai penghilang noda hitam diwajah, dapat menghilangkan batu ginjal dan kantung kemih. 

12 kuliner kesukaan rasulullah
source: freepik.com

Demikianlah informasi mengenai makanan dan minuman yang merupakan kesukaan dari Rasulullah saw dan amat sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia pula jika diikuti dan ditaati sesuai anjuran batas makan dan minum yang diberikan oleh Rasulullah saw. Ingat menjalankan apa yang Rasulullah saw amalkan tentunya bukan hanya sehat tetapi juga akan mendapatkan pahala yang luar biasa. 

Facebook Comments