1
Kuliner

Auto Beli! Ini 5 Minuman Halal di Singapura

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bagi setiap muslim, tentu sudah seharusnya mengetahui tentang perkembangan Islam di negara lain, hal tersebut bertujuan untuk megetahui perkembangan muslim setiap tahunnya di negara lain. Oleh karena itu penulis merekomendasikan bagi para peloncong yang sekaligus ingin mengetahui perkembangan umat muslim, maka baiknya untuk mengunjungi negara Singapore yang terkenal dengan patung singanya.

Perkembangan Islam di Singapura

Umroh.com merangkum, kedatangan Islam ke Singapura tidak lepas dari datangnya Islam ke Asia Tenggara, khususnya Indonesia dan Malaysia. Banyak beberapa ahli dan peneliti sejarah mengatakan bahwa Islam datang ke daerah Asia Tenggara pada abad ke 7 dengan bukti adanya cerita dari Cina yang berasal dari Zaman T-Ang. Adapula yang mengatakan pada abad ke 13 dengan bukti yaitu akibat adanya keruntuhan dinasti Abbasiyah oleh bangsa Mogul pada tahun 1258, berita Marcopolo tahun 1292 dan Ibnu Battutah abad ke 14 serta nisan-nisan kubur Sultan Malik as Saleh tahun 1292. Adapun Islam datang ke Singapura, Sharon Siddique seorang peneliti perkembangan Islam Singapura mengatakan bahwa kaum Muslim datang ke Singapura sebagai pendatang. Akan tetapi warisan budaya dan agama mereka sama dengan wilayah Melayu lainnya. 

Baca juga: Kuliner Wajib yang Bisa Anda Coba saat di Jakarta

Maka mereka dianggap lebih sebagai pribumi atau setidaknnya migran asli atau paling awal. Pada masa kekuasaan Inggris di Singapura, banyak kaum Muslim yang melaksanakan ibadah haji. Robert W. Hefner dalam bukunya yang bejudul Making Modern Muslim: The Politics of Islamic Education in Southeast Asia, mengatakan bahwa Setelah tahun 1820, jamaah haji dari Singapura dan Malaya sedang mengalami kebangkitan. Jumlah jemaah haji melonjak setelah pembukaan Terusan Suez pada bulan November 1869. Pada tahun 1885, meskipun beberapa Muslim Philiphina dan Kamboja belum mengadakan perjalanan ibadah haji, peziarah dari Singapura, Malaya, Hindia Belanda yaitu Indonesia sekarang dan Thailand Selatan melaksanakan haji dalam jumlah yang besar.

Minoritas Umat Islam Singapura Populasi etnis Muslim yang didominasi orang Melayu di Singapura sangatlah sedikit dibandingkan dengan etnis Cina. Ada dua faktor yang memungkinkan terjadinya masyarakat Islam minoritas, Pertama, mereka terbentuk akibat migrasi ke negara-negara dan kawasan yang telah memiliki pemerintahan dan sistem nasional yang kokoh. Kedua, terjadi karena perubahan dan perkembangan geografis dan politik.  Pada tahun 1890 migrasi penduduk Cina mencapai 95.400 jiwa per tahun dan meningkat menjadi 190.000 jiwa pada tahun 1895. Adapun dalam catatan statistik populasi Singapura pada tahun 1970, 1980 dan 1990 persentase komponen etnis berkisar 77% Cina, 14% Melayu, 7% india, dan 2% etnis lain. Pada sensus yang diadakan tahun 1980 menunjukkan jumlah penduduk Singapura 2.414.000 orang, diantaranya 400.000 orang adalah Muslim. Pada 1982, jumlah Muslim dapat diperkirakan 420.000 atau 17% penduduk. 

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

5 Minuman halal di Singapura

Tim umroh.com memaparkan, meskipun muslim menjadi minoritas di Singapura, masih banyak tempat-tempat yang menyediakan makanan dan minuman halal, banyak restoran atau cafe yang menyediakan makanan seperti Laksa khas singapura Masakan ini ada berbagai jenis, mulai citarasa yang mirip kari dan ada juga yang citarasa asam khas Penang. Masakan laksa ini berisi mie, udang, kerang, perkedel ikan, dan tauge cincang. Kuahnya adalah kuah santan pedas berwarna kemerah-merahan. Salah satu masakan laksa yang paling terkenal lezatnya di Singapura adalah laksa Katong.

Minuman khas yang terkenal yaitu jika anda sedang berkunjung ke Negara Singapura, anda wajib mencoba ice kachang. 

1. Ice kachang 

es serut khas Singapura yang disajikan dalam bentuk ice ball (dipadatkan seperti bola). Di atas es dituangkan sirup dan kemudian dilengkapi dengan anek topping seperti jelly, kolang kaling, jagung, dan kacang merah. Beberapa penjual terkadang juga menambahkan es krim di atasnya. Es kachang memiliki tampilan warna-warni dengan rasa manis segar yang sangat cocok dinikmati di siang hari saat cuaca sedang panas. Es yang diserut halus akan langsung meleleh di dalam mulut begitu memakannya. Untuk mencicipi ice kachang ini anda bisa mengunjungi Chinatown atau berbagai pusat makanan lainnya di Singapura. 

webinar umroh.com

2. Bandung

Bandung adalah nama minuman yang terkenal di Singapura, hingga Malaysia dan Brunei. Minuman yang berwarna merah muda ddini di Singapura. Minuman ini terbuat dari susu kental manis yang diberi sirup mawar (rose syrup) dan disajikan dengan es batu. 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

3. Yuanyang

alternatif minuman bagi yang bingung memilih minuman antara kopi dan teh. Yuanyang atau yang dikenal dengan Kopi Cham adalah minuman teh susu yang dicampu dengan kopi. Cham dalam Hokkien berarti “mix” atau campur.

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4. Teh tarik

teh tarik hampir dijual di setiap stand minuman. Minuman ini disajikan adalah tontonan yang menarik dari sang penjual. Dengan menarik teh dari ketinggian dan terkadan sang penjual menari dalam melakukannya. 

5. Minuman Michael jackson

Minuman halal di Singapura ini adalah minuman campuran unik dari cincau hitam dan putih susu kacang kedelai.