1
Doa

Jangan Sampai Salah, Ini Makna Aamiin Sesungguhnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Dalam keseharian setiap perkataan yang kita lantunkan adalah doa. Doa memiliki kekuatan tersendiri. Kita sebagai manusia sering kali didoakan dan mendoakan orang lain. Baik itu untuk diri sendiri, orangtua, kekasih, teman, sahabat, dan sebagainyea. Doa tersebut kita sampaikan melalui berbagai media, baik dari ucapan langsung dari mulut maupun melalui pesan singkat.

Baca juga: Kumpulan Doa untuk Sehari-hari

Setelah didoakan atau mendoakan biasanya kita sebagai wujud merespon atas doa tersebut dengan harapan agar dikabulkan Allah SWT untuk mengamininya baik ucapan langsung atau tertulis. Lafadz Aamiin bukan hanya diucapkan untuk solat saja, tetapi bisa kita ucapkan di luar solat. Rasulullah SAW bersabda, 

أذا أمن الإمام فأمنوا فإنه من وافق تأمينه تأمين الملائكة غفر له ما تقدم من ذنبه

“Jika seorang imam mengucapkan ‘amin’ maka ucapkanlah pula ‘amin’ karena ungkapan amin seseorang yang bersesuaian dengan ungkapan amin para malaikat akan terampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

makna kata aamiin
source: shutterstock

Aamiin termasuk isim fiil Amar, yaitu isim yang mengandung pekerjaan. Maka para ulama jumhur mengartikannya dengan Allahummas istajib (ya Allah ijabahlah). Makna inilah yang paling kuat dibanding makna-makna lainnya seperti bahwa Aamiin adalah salah satu nama dari Asma Allah Subhanahu Wata’alaa.

Baca juga: Gunakan Kata Aamiin Setelah Membaca Doa Ini

Ada banyak temuan tulisan kata untuk mengamini itu dan beberapa penulisan kata tersebut seperti “Amin, Aamin, Amiin, dan Aamiin” yang sering kita temui di berbagai media. Mungkin kita sebagai manusia awam, tidak begitu memperhatikan tata penulisan 4 kata tersebut bahkan kita tidak tahu apa arti/makna dari kata itu. Membaca Aamiin adalah dengan memanjangkan alif (ا) dan mim (م), apabila tidak demikian maka akan menimbulkan arti lain. Berikut ini makna dari penulisan dari 4 kata tersebut:

webinar umroh.com

1. ”AMIN”

(alif dan mim sama-sama pendek)

artinya : AMAN, TENTRAM

2. “AAMIN”

(alif panjang & mim pendek)

artinya : MEMINTA PERLINDUNGAN KEAMANAN

3. ”AMIIN”

(alif pendek & mim panjang)

artinya : JUJUR TERPERCAYA

4. “AAMIIN”

(alif & mim sama-sama panjang)

artinya : YA ALLAH, KABULKANLAH DOA KAMI

Baca juga: Wujudkan Keinginan Anda untuk Ibadah Umroh di Sini

Itulah makna yang beragam dari kata Aamiin. Lalu bagaimana dengan bacaan/pengucapan/Penulisan “Amien“ ? Sebisa mungkin untuk yang satu ini (Amien) dihindari, karena Ucapan “Amien” yang lazim dilafadzkan oleh penyembah berhala (Paganisme) setelah do’a ini sesungguhnya berasal dari nama seorang Dewa Matahari Mesir Kuno : Amin-Ra (atau orang Barat menyebutnya Amun-Ra).

makna kata aamiin
source: shutterstock

Riwayat Hadits dari Anas bin Malik,bahwa Nabi Muhammad saw bersabda : ” Perhatikanlah ketika Nabi Musa a.s munajat kepada ALLAH swt. Lalu ALLAH swt berfirman : ” Hai Musa,kelak Aku akan berikan kapada Umat Muhammad saw 4 Huruf :

1. Huruf Pertama dari Kitab Taurat,

2. Huruf Kedua dari Kitab Zabur,

3. Huruf Ketiga dari Kitab Injil,

4. Huruf Keempat dari Kitab Al-Qur’an.

Lalu Nabi Musa bertanya : ” Ya Tuhanku, Huruf apakah yang 4 macam itu ?” dan ALLAH swt menjawab:

“Ke empat macam Huruf itu adalah Alif,Mim,Ya dan Nun. Yang di singkat menjadi ” AaMiiN”. Maka barang siapa mengucapkan AaMiiN seperti membaca 4 buah kitab – kitab yang di sebutkan di atas,yaitu Taurat,Zabur,Injil dan Al-Qur’an.”

1. Maka dikatakannya bahwa Huruf Alif tertulis di Tiang Arsy ALLAH

2. Huruf tertulis di Tiang Kursi,yaitu Huruf Mim.

3. Huruf Ya tertulis di Lauhil Mahfuzh.

4. Huruf Nun tertulis di Batang Qalam.

Maka barangsiapa mengucapkan AaMiiN, maka dengan Izin ALLAH dan dengan Kekuasaan-Nya keempat macam Makhluk itu bergerak dan secara otomatis dapat berkata-kata meminta Ampun ke Hadirat ALLAH Yang Maha Kuasa untuk orang yang mengucapkan AaMiiN itu. Kemudian ALLAH swt berfirman,

 ” Saksikanlah oleh kamu sekalian pada saat ini benar – benar Aku telah mengampuni Dosa hambaku,karena memang sifatku Yang Maha Pengampun.”

makna kata aamiin
source: shutterstock

Inilah sebagai bahan renungan juga agar tidak terjadi kesalahan pada penulisan atau pengucapannya. Bila dalam mengucapkan dan menulis AaMiiN salah, maka otomatis akan berubah maknanya atau artinya. Adapun cara yang paling baik untuk mengucapkannya ialah suara “A” harus dibaca panjang dan suara “Min” pun harus dibaca panjang, misalnya “AaMiiN”. 

Baca juga: Keutamaan dan Kehebatan Ayat Kursi

Nah, sekarang sudah tau kan makna Aamiin dan perbedaannya? Keempat arti kata di atas semuanya bermakna baik, tapi tujuan kita mengucapkan kata tersebut untuk apa sudah benar atau belum? Jadi, tempatkanlah kata-kata tersebut sesuai dengan tujuannya, karena apabila tinggal satu huruf atau salah penulisan satu huruf saja akan mengandung arti yang berbeda.
Tidak jarang juga kita menjumpai penulisan kata Aamiin tersebut  seperti “Amien”. Arti kata yang satu ini sebisa mungkin dihindari, karena kata “Amien” yang lazim dilafadzkan oleh penyembah berhala (Paganisme).