1
Serba-serbi Ramadhan

Makna dan Manfaat Ziarah Kubur di Hari Lebaran Idul Fitri

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com– Tidak dapat kita pungkiri bahwa di awal bulan ramadhan serta beberapa hari menjelang hari raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan untuk ziarah kubur, baik itu mengunjungi makam orang tua atau sanak saudaranya. Hal ini biasa dilakukan berbarengan dengan saat mudik. Bisa di dapatkan makna dan manfaat ziarah kubur di hari lebaran bagi yang melaksanakannya.

Sehingga, seseorang bukan hanya pulang kampung dan bersilaturahim dengan sanak saudara tapi juga mengenang anggota keluarga yang telah tiada. Bahkan, mungkin ziarah juga dilakukan sambil napak tilas berkeliling tempat-tempat yang menyimpan kenangan masa kecil. Diiringi dengan pemanjatan doa serta praktik lainnya. Lantas apa makna dan manfaat dari ziarah kubur di hari lebaran?

Baca juga : Umurnya Hampir Seabad, Ini Masjid Tertua di Dunia

Makna Ziarah Kubur Saat Lebaran

Idul Fitri atau yang sering disebut lebaran adalah hari raya besar keagamaan bagi seluruh umat muslim di dunia. Ada perasaan senang ketika menyambut datangnya hari lebaran karena semua dosa-dosa kita yang telah lalu insya Allah dihapuskan sehingga diri kita kembali suci. Namun ada perasaan yang sedih juga karena tak terasa selama sebulan Ramadhan tinggal dalam kehidupan kita, kini ia akan pergi meninggalkan kita.

Di Indonesia, lebaran bukan hanya sebagai hari raya keagamaan, namun sebagai ritual budaya juga. Pada hari lebaran, semua orang akan bergembira dan merayakannya bersama keluarga tercinta. Anggota keluarga yang jauh tinggalnya dan jarang bertemu, akan datang untuk bersilahturahmi. Itu adalah salah satu tradisi yang selalu dilakukan tiap tahunnya.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Lalu saat lebaran pula, semua orang akan memakai pakaian dan barang-barang yang serba baru. Hal ini merupakan simbol bagi masyarakat bahwa lebaran ditandai dengan hal-hal yang serba baru karena pada dasarnya semua umat muslim akan kembali fitri atau suci layaknya seorang bayi yang baru saja dilahirkan.

Salah satu ritual budaya yang identik juga dengan hari lebaran ialah berziarah ke kuburan. Kegiatan ini juga dilakukan sebelum datangnya bulan suci ramadhan. Masyarakat beranggapan bahwa ketika bulan Ramadhan datang, ruh-ruh anggota keluarganya akan kembali ke rumah mereka masing-masing.

Hal ini membuat semua orang berbondong-bondong pergi ke kuburan untuk berziarah. Begitu pula saat lebaran, masyarakat percaya bahwa ruh-ruh yang tadinya datang ke rumah mereka kini kembali pulang ke alamnya bersamaan dengan kepergian bulan Ramadhan. Masyarakat sudah mengakar erat dengan ritual ziarah kuburan ini.

webinar umroh.com

Kebanyakan dari masyarakat kurang mengetahui makna yang sebenarnya dari berziarah ke kuburan. Banyak hal-hal yang telah melenceng salah satunya yaitu mereka menganggap bahwa berdoa di kuburan lebih utama dan lebih mudah diterima. Padahal berdoa dapat dilakukan dimana saja. Berdoa dapat dilakukan di rumah ataupun di masjid.

Mudah untuk diterima atau tidaknya doa seseorang adalah urusan Allah SWT. Kemudian saat berdoa terkadang juga ada kesalahan. Seharusnya berziarah ke kuburan bertujuan untuk mendoakan si mayat. Namun beberapa malah sengaja berziarah untuk mendoakan diri sendiri dengan cara berdoa ke mayat. Hal ini sangat berbahaya karena dapat mendatangkan kesyirikan.

Wujudkan niat baik Anda melihat kabah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Manfaat Ziarah Kubur

Melihat ada beberapa keburukan yang terlihat, berziarah ke kuburan saat lebaran, ternyata juga memiliki banyak manfaat. Diantaranya yaitu dengan berziarah, secara tidak langsung telah mengingatkan diri kita akan arti kematian dan dunia akhirat nanti. Hal ini dapat membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT.

Lalu, dengan berziarah berarti telah mengamalkan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dengan harapan semoga kedepannya semua orang semakin menyadari apa makna berziarah ke kuburan yang sebenarnya dan dapat melakukannya sesuai dengan hukumnya. Dari manfaat yang telah disebutkan diatas.

Maka tentu akan menimbulkan manfaat-manfaat lainnya. Manfaat lain tersebut dapat berupa kelembutan hati yang kita dapatkan saat berziarah. Ya, hal ini karena saat kita mengingat akhirat dan kematian, maka tentu hati akan melembut dan senantiasa berusaha mengingat Allah SWT serta meningkatkan taqwa kita kepada-Nya.

makna dan manfaat ziarah kubur di hari lebaran

Namun, tidak hanya itu saja, saat hati kita telah melembut dan kita mengingat bahwa kematian dan akhirat benar adanya, maka kita akan menjadi manusia yang tidak hanya memikirkan gemerlapnya dunia saja. Sehingga keseimbangan dalam kehidupan pun terjaga, karena hidup tak hanya soal duniawi saja namun mencari berkah untuk akhirat.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Umroh.com merangkum, dengan mengetahui makna dan manfaat yang dapat kita peroleh serta rasakan dengan berziarah kubur saat lebaran, semoga sebagai umat muslim kita dapat mengambil nilai positifnya dan semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.