1
Kuliner

Ini 6 Manfaat yang Didapat saat Makan Makanan Halal

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Kita semua tahu, hampir tidak ada orang yang bisa menahan lapar selama berhari-hari lamanya. Makanan yang halal adalah makanan yang halal zatnya, halal cara memprosesnya dan halal cara memperolehnya. Makanan yang halal zatnya yaitu makanan yang tidak mengandung hal-hal yang diharamkan oleh Allah seperti darah, daging babi, bangkai, dan lainnya. Lalu apa manfaat makan makanan halal?

Bagi seorang muslim, makanan bukan sekedar pengisi perut dan penyehat badan saja. Maka dari itu selain sehat dan bergizi tinggi, makanan yang dikonsumsi harus memiliki nilai halal. Baik halal pada zat makanannya maupun halal dalam cara mendapatkannya.

Baca juga: Ini 7 Tips Memastikan Makanan Anda Halal

Tim umroh.com memaparkan, di dalam Al-Quran Allah swt memerintahkan seluruh hamba-Nya yang beriman dan yang kafir agar mereka makan makanan yang baik lagi halal, sebagaimana firman-Nya yang artinya : “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi.” (QS. Al-Baqarah: 168)

Dan firman-Nya pula dalam QS Al Baqarah ayat 172 yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, makanlah yang baik dari yang telah Kami rizkikan kepadamu.” (QS. Al-Baqarah: 172).

Enam Manfaat Utama Makanan Halal

Saat kita mengkonsumsi makanan halal tentunya ada beberapa manfaat yang akan kita dapatkan pada saat mengonsumsinya, khususnya bagi kesehatan tubuh.  Manfaat tersebut beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Menjauhi Sumber Penyakit

Seperti dibahas sebelumnya, bahwa mengonsumsi makanan dan minuman halal dapat memberikan dampak positif bagi tubuh. Sistem kekebalan tubuh bisa semakin meningkat untuk melawan penyakit karena produk makanan halal terjaga dari najis, kotoran dan hal lainnya.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

2. Sumber Tenaga

Makanan halal juga memiliki akhlakul karimah sebab jika makanan halal dikonsumsi nantinya akan berubah menjadi sumber energi yang tidak hanya bisa digunakan untuk beraktivitas seperti belajar atau berolahraga namun juga bisa digunakan dalam beribadah.

webinar umroh.com

3. Menjaga Hati dan Akal

Berdasarkan pemaparan tim umroh.com, mengkonsumsi hanya makanan halal juga nantinya akan berpengaruh positif pada pikiran dan juga hati seseorang. Mengkonsumsi makanan yang halal maka juga akan memperbaiki hati begitu juga dengan sebaliknya apabila mengkonsumsi makanan haram seperti manfaat daging anjing maka bisa membuat hati seseorang tercemar sekaligus berpengaruh terhadap kekhusukan pada saat beribadah termasuk dalam shalat. Mengkonsumsi makanan halal juga akan menjauhi diri dari kekerasan hati yang nantinya membuat seseorang juga tidak mampu melihat kesusahan orang lain dan tidak mau memberi bantuan pada orang tersebut.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4. Mendapatkan Ridha Allah SWT

Manfaat lain dari mengonsumsi makanan halal adalah agar mendapat ridha Allah SWT. Karena telah menaati perintah- Nya dalam memilih jenis makanan yang halal. Dengan begitu, semua yang masuk ke dalam tubuh adalah hal-hal bersih. 

5. Menuntun ke Surga

Makanan haram yang dikonsumsi seperti manfaat daging babi akan berubah menjadi daging. Daging tersebut nantinya akan membawa seseorang menuju ke neraka seperti yang sudah disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW. Untuk itu, dengan mengkonsumsi makanan yang sudah jelas tentang kehalalannya, maka kita akan terhindar dari api neraka tersebut.

6. Memperbaiki Keturunan

Umroh.com merangkum, mengkonsumsi makanan halal termasuk hanya memberikan makanan halal pada anak nantinya juga bisa menghasilkan kebaikan. Sebaliknya jika memberikan makanan haram pada anak seperti manfaat minyak babi, maka hal tersebut bisa merusak akhlak dan juga kebaikan pada diri anak.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Akibat Buruk dari Makanan yang Haram

 Mengkonsumsi makanan dan minuman yang haram akan menimbulkan akibat buruk bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat, dan lingkungan sekitarnya. Diantara akibat buruk tersebut adalah :

  1. Amal ibadahnya tidak akan diterima dan doanya tidak akan dikabulkan oleh Allah swt.
  2. Makanan haram bisa merusak jiwa. 
  3. Makanan haram dapat menggangu kesehatan tubuh.
  4. Menghalangi mengingat Allah swt.