1
Muslim Lifestyle

Pengertian dan Manfaat Perilaku Husnuzdon di Dalam Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com- Husnuzdon atau yang lebih dikenal dengan berprasangka baik merupakan suatu perilaku terpuji yang wajib dimiliki setiap umat manusia. Husnuzdon mengajarkan umat manusia untuk senantiasa yakin bahwa kenikmatan dan kebaikan yang Anda terima, semata-mata semua berasal atas kehendak Allah SWT. Di dalam islam terdapat manfaat perilaku husnuzdon tidak ketinggalan juga pengertiannya di dalam islam.

Dalam kehidupan kita sering sekali menjumpai hubungan antar manusia yang rusak hanya karena sifat suudzon. Suudzon sendiri merupakan kebalikan dari sifat husnuzdon, untuk itu segala bentuk sikap dan sifat yang dapat merusak kebaikan harus dihilangkan dari dalam diri agar kita senantiasa mendapatkan manfaat dari berperilaku husnuzdon. Sebelum membahas mengenai manfaat dari perilaku husnuzdon, berikut penulis jelaskan mengenai apa itu husnuzdon, yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Baca juga : 13 Balasan Orang Sombong Dalam Islam

Pengertian Husnuzdon

Apa itu husnuzdon? Husnuzdon memiliki arti berbaik sangka. Berbaik sangka merupakan bisikan jiwa yang dapat diwujudkan melalui perilaku, baik itu ucapan maupun perbuatan. Perilaku husnuzdon termasuk dalam akhlak terpuji karena akan mendatangkan banyak manfaat, sedangkan lawan katanya yaitu suudzon yang hanya akan mendatangkan kerugian pada diri sendiri.

Allah SWT pun sudah jelas melarang umatnya memiliki sifat suudzon sesuai firmannya dalam Q.S Al-Hujurat ayat 49 yang memiliki arti :

“jauhkanlah dirimu dari berprasangka buruk, karena berprasangka buruk itu se-dusta – dusta pembicaraan (yakni jauhkan dirimu dari seseorang berdasarkan sangkaan saja). Husnuzdon sendiri memiliki beberapa contoh diantaranya husnuzdon terhadap Allah SWT, husnuzdon terhadap sesama manusia dan huznuzon terhadap diri sendiri, semuanya memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Manfaat Perilaku Husnuzdon

Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh jika memiliki sifat husnuzdon terhadap orang lain. Yang pertama hubungan persaudaraan dan persahabatan yang Anda jalin akan menjadi lebih baik. Hal ini dapat terjadi karena berprasangka baik dalam suatu hubungan antar sesama muslim akan menghindarkan kita dari keretakan hubungan, justru hubungan akan terasa lebih harmonis, karena tidak adanya kendala-kendala yang terjadi.

Lalu yang kedua terhindar dari penyesalan dalam berhubungan antar sesama. Karena pada dasarnya berburuk sangka hanya akan membuat kita berburuk sangka pada orang lain tanpa memiliki bukti yang benar dan akurat. Sebagaimana yang difirmankan Allah dalam Q.S Al-Hujurat Ayat 6 yang berbunyi :

webinar umroh.com

“hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”.

Melihat kabah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Dan yang ketiga orang yang senantiasa berhusnuzdon akan senantiasa merasa bahagia atas kemajuan yang dicapai oleh orang lain, walaupun diri kita sendiri belum bisa mencapainya. Hal ini memiliki arti yang sangat penting, karena dengan ini jiwa kita akan merasa lebih tenang dan terhindar dari sifat iri hati yang dapat berkembang pada suatu dosa.

Umroh.com merangkum, tak hanya antar sesama manusia saja namun husnuzdon kepada Allah SWT pun dapat mendatangkan manfaat bagi kita diantaranya yaitu yang pertama setiap masalah yang kita lewati dan kita hadapi akan terasa berat jika kita tidak berpasrah kepada Allah SWT, untuk itu senantiasalah berprasangka baik kepada Allah SWT, karena percayalah setiap masalah yang kita hadapi pasti ada jalan keluar dan juga hikmahnya.

Dan ternyata tidak hanya berhusnuzdon terhadap sesama manusia dan Allah SWT saja yang dapat mendatangkan manfaat bagi kita, namun berhusnuzdon pada diri sendiri pun akan mendatangkan manfaat misalnya jika kita menjalankan sesuatu maka senantiasalah berprasangka baik dan yakinlah bawa sesuatu yang kita jalani akan mendapatkan hasil yang baik.

Walaupun hasil yang dicapai tidak sesuai maka jangan berkecil hati, tetap percaya bahwa Allah SWT mempunyai rencana yang lebih indah daripada hasil tersebut. Terus berusaha dan juga berdoa. Setelah mengetahui manfaat yang bisa kita rasakan dengan berperilaku husnuzdon, untuk itu senantiasalah berperilaku husnuzdon atau berprasangka baik dalam kehidupan.

manfaat perilaku husnudzon

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

karena selain mendatangkan manfaat tentunya juga akan menjadikan kita pribadi yang lebih bersyukur dan menerima atas segala nikmat dan berkah yang telah Allah SWT berikan. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Lebih seringlah sholat, dekatkan diri pada Allah SWT agar jiwa pun menjadi lebih tenang.