1
Travel

5 Masjid di Turki dengan Keindahan Luar Biasa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Turki terkenal dengan banyak bangunan tua yang penuh akan sejarah. Karena terletak di Timur Tengah, setidaknya  Turki memiliki bangunan masjid yang bagus dari segi bangunan dan arsitektur. Pada masa kejayaannya dahulu, Turki berperan penting untuk perkembangan islam. Hal itu ditandai dengan masjid di Turki dengan bentuk yang mewah dan elegan, serta memiliki cerita yang unik.

Tim umroh.com memaparkan, tidak hanya menonjolkan bentuk dan elemen yang digunakan saja, masjid yang akan dijelaskan ini. secara tidak langsung juga masjid bisa menjadi daya tarik sendiri untuk mengundang para wisatawan supaya mengunjungi negara tersebut, contohnya Turki. Lokasi dari masing – masing masjid juga terbilang strategis dimana anda bisa mengakses jalan lebih mudah di setiap kota.

Baca juga : 10 Fakta Turki yang Menarik dan Harus Anda Tahu

5 Masjid di Turki yang Indah dan Bagus

1. Masjid Sultan Ahmed

Biasa disebut juga Blue Mosque karena masjid ini memiliki warna biru sebagai dominannya. Berada di kota Istanbul dekat tepian Laut Marmara, Masjid Sultan Ahmed dibangun sejak tahun 1609 dan selesai di tahun 1616 yang diperintahkan oleh Sultan Ahmed I. Memiliki diameter kubah sebesar 23,5 meter dengan tinggi yang mencapai 43 meter.

Dihiasi 20.000 keramik  iznik dengan warna biru, ungu, putih, dan hijau membuat masjid memancarkan cahaya yang bunga – bunga menjadi latarnya. Selain itu juga terdapat dekorasi kaligrafi yang dibuat sebagian besar oleh Seyyid Kasim Gubari, seorang pembuat kaligrafi terbaik di zamannya.

2. Masjid Agung Bursa

Umroh.com merangkum, bursa adalah salah satu kota besar di Turki yang memiliki banyak nilai sejarah. Selain itu juga Bursa menjadi kota keempat terbesar di Turki setelah Istanbul, Ankara, dan Izmir. Karena ukurannya yang besar banyak orang menganggap Masjid Agung Bursa menjadi sebuah landmark yang dimiliki kota Bursa. Pada tahun 2014 masjid ini masuk daftar warisan dunia dan masjid terpenting sejarah islam.

Terdapat 20 kubah dengan luas total mencapai 2200 meter persegi. Kubah tersebut ditopang dengan 12 tiang segi empat yang tentu saja ukurannya sangat besar. Deretan tiang tersebut telah menghasilkan lorong yang banyak digunakan orang untuk duduk santai jika berada di area masjid.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

3. Masjid Raya Sulaimaniah

Menjadi masjid terbesar dan tertua di kota Istanbul, Turki. Dan juga menjadi salah satu peninggalan bersejarah pada masa kejayaan pemerintahan Dinasti Turki Ottoman yang dahulunya adalah sebuah gereja pada masa kekaisaran Romawi Kuno. Terbilang masjid terbesar karena memiliki panjang yang mencapai 59 meter dengan lebar sebesar 58 meter.

webinar umroh.com

Di bagian dalamnya juga terdapat kaligrafi yang terpampang besar. Di bagian lantainya Masjid Raya Sulaiman menggunakan ubin iznik yang tersusun dengan rapi. Dan di bagian mimbarnya sendiri telah menggunakan Mutiara yang ditempelkan pada bagian kayunya.

4. Masjid Ortakoy

Berada di lokasi tepian selat Bosporus dan menggunakan cat berwarna merah muda, masjid ini dikenal dengan sebutan masjid romatis. Di sekitar masjid juga memiliki pemandangan yang bagus dengan latar Jembatan Bosporus yang menjadi penghubung wilayah Turki di bagian Asia dan Eropa. Sekilas masjid ini berbentuk segi empat dengan kubah di bagian tengahnya.

Karya seni Neo Baroque menjadi ornament yang terpanjang di bagian dalam dengan merah muda sebagai warna dominannya. Sama seperti bagian luarnya, tidak hanya warga sekitar saja tapi wisatawan asing juga menerima julukan Masjid Ortakoy adalah masjid romantis.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

5. Masjid Hagia Sophia

Merupakan sebuah bangunan yang dahulunya adalah sebuah gereja Yunani Kuno. Seiring dengan kalahnya Byzantium yang kemudian dilanjutkan oleh pimpinan Muhammad al – Fatih akhirnya gereja tersebut dirubah bagian dalamnya dengan ornamen islam jadilah masjid. Tahun 1935, masjid ini sudah resmi menjadi museum. Dan di tahun 2013 pemerintah telah berupaya mengembalikan fungsinya.

Namun masih mendapat respons yang kurang baik oleh warga sekitar. Setelah mendapatkan jalan yang sulit untuk mengembalikan kegunaannya, Hagia Sophia sekarang hanya menjadi museum saja. Walaupun begitu, masjid ini bisa menjadi destinasi liburan yang bagus.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Masih banyak masjid di Turki yang bisa anda kunjungi selain yang sudah disebutkan di atas. Selain terkenal dengan banyak makanan yang bisa anda cicipi, di Turki anda juga bisa mengunjungi bangunan bersejarah yang memiliki nilai sosial, sejarah dan estetika. Jika anda berkunjung ke Turki, jangan lupa sempatkan mampir ke salah satu masjid dan melakukan ibadah solat.