1
Travel

Masjid Termahal di Dunia yang Sangat Memukau

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Umat muslim sangat menghargai masjid sebagai tempat beribadah. Tak heran, banyak orang di penjuru dunia yang membangun masjid secara megah, agar ibadah menjadi semakin nyaman. Jika gedung-gedung lain dibuat megah, maka tempat ibadah sebaiknya juga dibuat indah. Ini sebagai penghargaan terhadap rizki yang Allah berikan. Disebut dengan masjid – masjid termahal di dunia karena selama masa pembangunannya membutuhkan biaya yang besar untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Walaupun telah menghabiskan banyak dana ketika masa pembangunan dan perawatannya, bangunan masjid ini bisa menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut. Tidak hanya para umat muslim saja, tapi semua orang akan mengunjungi dan menikmati keindahan tersendiri dari bangunan tersebut.

Baca juga :Tidak Bisa Sembarangan, Inilah Arti dan Batasan Masjid

Berikut Masjid – Masjid Termahal di Dunia

1. Masjidil Haram

Masjid paling utama bagi umat Islam ini merupakan masjid termahal di dunia. Bukan hanya itu, Masjidil Haram juga termasuk bangunan paling mahal di muka bumi. Pembangunannya disebut mencapai 100 Miliar Dolar, atau setara Rp 1.313 triliun.

Sekarang pembangunan Masjidil Haram masih berlangsung, dan diperkirakan akan selesai di tahun 2020 mendatang. Pembangunan ini membuat Masjidil Haram menjadi masjid terbesar, dengan arsitektur megah dan fasilitas yang lengkap.

2. Masjid Syekh Zayed

Masjid yang terletak di Abu Dhabi ini terkenal dengan kemegahan dan keindahannya. Masjid tersebut memiliki arsitektur bergaya Arab, Persia, Mughal, dan Maroko, dengan didominasi warna putih dan emas.

Menara masjid ini mencapai 82 buah, serta dilengkapi dengan kubah-kubah putih yang berjajar. Lantai masjid ini terbuat dari marmer, dan di bagian dalam masjid terdapat karpet mewah. Masjid seluas 12 hektar ini juga bisa menampung lebih dari 40.000 jamaah.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

3. Masjid Dome of The Rock

Terletak di dalam kompleks Masjid Al Aqsa, Masjid Dome of The Rock pertama kali dibangun pada masa Bani Umayyah. Kini Masjid Dome of The Rock atau Masjid Kubah Batu ini semakin indah dengan interior dan eksterior yang memukau. Dindingnya dihiasi dengan marmer, mosaik, dan kaligrafi.

webinar umroh.com

Kubah masjid ini juga dilapisi dengan emas, yang pembangunannya dilakukan di masa Kekhalifahan Ottoman. Masjid ini juga menjadi salah satu bangunan dengan kubah termegah di dunia.

4. Masjid Nabawi

Masjid yang juga menjadi lokasi makam Rasulullah ini terletak di Madinah. Masjid Nabawi menjadi salah satu masjid bersejarah bagi umat Islam, karena dibangun pertama kali oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Umroh.com merangkum, Masjid Nabawi kini bisa menampung sekitar 650.000 jamaah setelah mengalami renovasi beberapa kali, . Masjid ini juga sangat khas dengan kehadiran ratusan payung-payung elektrik raksasa. Payung tersebut bisa terbuka dan tertutup secara otomatis.

5. Masjid Faisal

Di Islamabad, Pakistan, terdapat masjid megah yang terletak di pegunungan, yaitu Masjid Faisal. Masjid ini berada di utara kota Islamabad, tepatnya di kaki Bukit Margalla yang berada di sisi paling barat Pegunungan HImalaya.

Masjid seluas 5.000 meter persegi ini bisa menampung 274.000 jamaah. Masjid yang juga menjadi masjid termahal di dunia ini memiliki desain yang unik. Bagian atapnya tidak seperti masjid kebanyakan yang berbentuk kubah. Atap Masjid Faisal ini bentuknya menyerupai tiga buah limas yang bersusun.

Harga murah dan fasilitas yang lengkap, semua ada di paket Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

6. Masjid Imam Reza

Masjid yang menjadi salah satu masjid terbesar d Iran ini tampak memukau dengan corak dindingnya. Dindingnya dilapisi ubin dengan motif khas dan dominan warna biru. Selain sebagai tempat ibadah, masjid seluas 598.657 meter persegi ini juga memiliki museum, perpustakaan, makam, seminari, dan sebagainya. Tidak diragukan lagi, Masjid Imam Reza yang megah ini menjadi salah satu masjid termahal di dunia.

7. Masjid Sultan Omar Ali Saifudin

Brunei Darussalam memiliki salah satu masjid termahal di dunia. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin ini tampak megah dan indah dengan kubah emasnya. Keindahan masjid ini juga semakin tampak dengan adanya kolam dan air mancur yang ada di sekitarnya.

8. Masjid Camlica

Masjid Camlica disebut juga sebagai masjid terbesar di Turki. Masjid yang baru dibuka bulan Maret 2019 ini bisa menampung 63.000 jamaah. Bukan hanya itu, Masjid Camlica juga memiliki perpustakaan, galeri seni, serta museum. Pembangunan masjid ini dimulai tahun 2013, dan menghabiskan dana hingga 28 juta Dolar.

Bangunan masjid ini memiliki gaya arsitektur kerajaan Ottoman, dengan kubah bertumpuk dan minaret-minaret yang menjulang. Di bagian dalam masjid, kita bisa menyaksikan keindahan lampu gantung yang bersusun, serta ornamen-ornamen dinding yang memukau. Tak heran bila Masjid Camlica menjadi salah satu masjid termahal di dunia.

9. Masjid Jemma Al Djazair

Masjid yang terletak di Aljazair ini berdiri di atas lahan seluas 200.000 meter persegi. Bukan hanya mempunyai bangunan yang megah, Masjid Agung Aljazair ini juga memiliki minaret yang termasuk paling tinggi di dunia. Minaret masjid ini tingginya mencapai 265 meter.

Biaya yang yang dikeluarkan untuk membangun masjid ini mencapai 2 Miliar USD. Diperkirakan, masjid agung Aljazair ini mampu menampung hingga 120.000 jamaah, dan lahan parkirnya bisa menampung 6.000 kendaraan.

10. Masjid Agung Al Fateh

Masjid terbesar di Bahrain ini juga merupakan salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid ini memiliki luas 6.500 persegi, dan bisa menampung 7000 jamaah di bagian dalamnya.

Pembangunan masjid ini memakan banyak biaya dan tantangan. Masjid Agung Al Fateh ini berdiri di dekat laut, yang berarti tekstur tanahnya cukup lunak. Dengan begitu, dibutuhkan tumpukan dalam dan solusi teknis lainnya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Walau memakan banyak biaya, nyatanya Masjid yang dibangun pertengahan tahun 1980-an ini tetap bisa berdiri tegak 30 tahun setelah dibangun. Bangunan masih dalam kondisi baik, walaupun masjid ini terletak di pesisir yang memiliki salinitas udara tinggi, serta potensi korosi yang juga tinggi.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.