play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Travel

Ini Dia 10 Masjid Tertinggi di Indonesia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Indonesia merupakan negara dengan populasi umat muslim terbesar di dunia. Tak heran, masjid merupakan bangunan yang banyak dijumpai di beberapa lokasi di Indonesia. Tidak sedikit pula masjid dibangun sebagai ikon kebanggaan suatu wilayah. Masjid – masjid tertinggi di Indonesia ini biasanya dibangun dengan karakteristik unik, seperti dari tinggi bangunan yang tidak biasa.

Dari tahun ke tahun, jumlah pertumbuhannya diperkirakan 20 persen. Jika dikalkulasikan, jumlah masjid di Indonesia hingga 2016 ini mencapai 1.169.753 masjid. Selain berfungsi sebagai tempat beribadah, masjid tersebut menjadi perhatian masyarakat luas karena dibangun dengan estetika seni yang memukau.

Baca juga : Ini Alasan Jamaah Umroh Berebut Masuk Hijir Ismail

10 Bangunan Masjid Tertinggi di Indonesia

1. Masjid Dian Al Mahri

Masjid yang juga dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas ini memiliki menara-menara masjid yang menjulang. Terletak di Depok, Masjid ini memang memiliki kubah besar yang terbuat dari emas. Masjid ini juga disebut sebagai masjid pertama yang berdiri dengan kubah emas di Indonesia, sekaligus menjadi masjid termahal.

2. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid yang terletak di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang ini sangat unik karena bagian atap yang mencerminkan kebudayaan setempat. Memiliki bentuk seperti tanduk kerbau, sebagaimana rumah adat masyarakat Minangkabau, Masjid Raya Sumatera Barat ini selesai dibangun pada tahun 2007.

Bagian atap yang meruncing dan menjulang tinggi ini merupakan ide dari seorang arsitek bernama Rizal Muslimin, yang menjadi pemenang dalam lomba desain bangunan masjid yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Padang.

3. Masjid Ponpes Wali Barokah LDII

Masjid yang terletak di Kediri, Jawa Timur ini memiliki menara yang tingginya 99 meter. Menara yang menjulang itu diberi nama Menara Asmaul Husna, yang diambil dari jumlah nama-nama Allah yang baik.

Bukan hanya menjulang tinggi, menara yang memiliki 23 lantai itu juga berbentuk kubah yang berlapis emas. Tidak tanggung-tanggung, emas yang melapisi kubah itu seberat 60 kg. Tidak heran, menara yang didirikan secara swadaya itu menelan biaya sebesar 15,8 Miliar.

Dari menara yang tinggi itu, kita bisa melihat ke penjuru kota. Bahkan Menara Asmaul Husna ini telah menjadi ikon Kota Kediri. Arsitektur menara itu terinspirasi dari menara Masjidil Haram di Mekkah.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

4. Masjid Agung Medan

Di Medan, akan berdiri salah satu masjid tertinggi di Indonesia. Masjid Agung Medan memiliki menara yang diperkirakan akan menjadi menara masjid tertinggi ketiga di dunia.

Walaupun masih dalam tahap pembangunan, Menara Masjid Agung Medan yang mulai dibangun awal tahun 2018 ini kelak akan menjadi kebanggaan umat muslim Indonesia dan dunia.

Jika kelak telah selesai dibangun, Menara Masjid Agung Medan akan memiliki tinggi 199 meter. Nantinya, menara masjid ini akan digunakan untuk proses Ruhyatul Hilal, serta akan menjadi tempat khusus bagi masyarakat yang ingin melihat pemandangan kota Medan.

5. Masjid Jakarta Islamic Center

Masjid yang terletak di Jakarta ini juga masuk dalam daftar masjid tertinggi di dunia. Memilki bangunan setinggi 114 meter, masjid JIC (Jakarta Islamic Center) ini menyimpan sejarah yang bisa dibilang kelam. Dahulu, lahan yang kini digunakan sebagai masjid ini merupakan lahan lokalisasi prostitusi yang legal.

Lokalisasi ini kemudian resmi ditutup tahun 1998. Masyarakat sekitar kemudian memutuskan bahwa lahan yang telah dibebaskan ini akan dibangun Islamic Center. Masjid Jakarta Islamic Center ini kemudian diresmikan tahun 2003.

6. Masjid Ponpes Babussalam Al Amin

Terletak di Lampung, masjid di Pondok Pesantren Babussalam Al Amin ini memiliki menara menjulang yang sekilas mirip menara Masjid Nabawi di Madinah. Menara masjid yang selesai dibangun tahun 2003 ini memiliki tinggi mencapai 125 meter.

Menara Masjid yang terletak di Kabupaten Lampung Timur ini diresmikan oleh Ketua Umum PBNU kala itu, Alm. KH. Hasyim Muzadi. Pembangunan menara masjid ini memakan waktu dua tahun karena alat yang digunakan masih manual. Dana pembangunannya juga murni berasal dari pemilik dan pendiri Pondok Pesantren Babussalam Al Amin, KH. Anwar Sholeh.

Umroh.com memiliki banyak paket umroh dan haji yang murah dan terpercaya. Kunjungi websitenya sekarang juga!

7. Masjid Hubbul Wathan

Masjid yang juga dikenal sebagai Islamic Center di Lombok ini memiliki menara setinggi 114 meter. Puncak menara ini dibuka untuk umum sehingga masyarakat bisa membeli tiket untuk menikmati pemandangan kota Mataram. Pengunjung tidak perlu lelah menaiki tangga, karena menara masjid ini dilengkapi dengan lift.

Masjid Hubbul Wathan sendiri mulai dibangun tahun 2013, dan digunakan pertama kali pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional di tahun 2016. Nama masjid ini berarti “Cinta Tanah Air”, yang berisi harapan agar masyarakat Nusa Tenggara Barat senantiasa mencintai tanah airnya, Indonesia.

8. Masjid Taman Sriwedari

Masjid yang terletak di bekas Taman Hiburan Rakyat ini dibangun oleh Pemerintah Kota Solo. Masjid ini juga merupakan permintaan warga, untuk memenuhi kebutuhan masjid di jalan protokol kota Solo.

Menara Masjid Taman Sriwedari ini termasuk tertinggi di Indonesia, yaitu setinggi 114 meter. Dibangun di lahan seluas sekitar 17.000 meter persegi, Masjid Taman Sriwedari ini memiliki arsitektur Jawa dengan ukiran bergaya Mataraman. Masjid yang juga menjadi salah satu destinasi wisata di Solo ini diperkirakan bisa menampung sekitar 7.000 jamaah.

9. Masjid Ar Rahim

Masjid ini terletak di lantai 27 Menara 165 di Jakarta. Nama masjid ini berarti ‘Maha Penyayang’, dan nama gedungnya sendiri diambil dari ikhsan (1), iman (6 rukun iman), dan Islam (5 rukun Islam). Keunikan lain dari masjid ini adalah adanya lafaz Allah di bagian atas atap gedungnya.

Selesai dibangun pada November 2011, masjid yang juga termasuk masjid tertinggi di dunia ini biasa digunakan oleh para mahasiswa untuk melakukan berbagai kegiatan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

10. Masjid Rahmatan Lil Alamin

Di Jawa Tengah, tepatnya di Indramayu, berdiri salah satu masjid termegah di Indonesia. Masjid itu bernama Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin. Nama masjid ini mencerminkan ajaran Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, yang artinya ‘rahmat bagi semesta alam’. Dibangun oleh Universitas Al-Zaytun, Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin ini memiliki gedung menjulang dengan enam lantai. Bangunan masjid ini diperkirakan mampu menampung hingga 100.000 jamaah.

Tidak hanya memiliki gedung pencakar langit yang tinggi, terdapat masjid – masjid tertinggi di Indonesia yang bisa Anda kunjungi atau dan juga melakukan ibadah disana. Untuk itu, tidak perlu melakukan wisata ke luar negeri seperti Timur Tengah. Di Indonesia sendiri pun sudah terdapat banyak bangunan masjid yang bisa anda nikmati keindahannya.

Facebook Comments