play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Travel

Bikin Takjub, Ini 10 Masjid Terindah di Malaysia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Masjid adalah tempat peribadatan sakral bagi umat muslim di seluruh dunia. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan – kegiatan perayaan hari besar, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur’an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran. Berikut ini ada beberapa masjid terindah yang ada di Malaysia, apa saja?

Berdasarkan pemaparan tim Umroh.com, membangun masjid adalah suatu tuntutan dan kebutuhan. Tak sedikit rumah Allah itu dibangun begitu indah. Ada yang berhias emas, lukisan kaligrafi mewah, dan beratapkan langit-langit bertabur manik-manik menawan. Nah jika Anda sedang berkunjung ke Negara Malaysia, terdapat beberapa masjid dengan desain dan interior menawan yang akan membuat mata takjub dan tak henti bersyukur. Masjid apa sajakah itu? Simak ulasannya untuk Anda.

Baca juga: Masjid Termahal di Dunia yang Sangat Memukau

Masjid Terindah di Malaysia

1. Masjid Negara Malaysia

Masjid Negara Malaysia dibangun pada tahun 1963 sebagai salah satu masjid termegah yang ada di kota Kuala Lumpur, Masjid Negara Malaysia diresmikan tanggal 27 Agustus 1965. Tidak hanya sebagai sentral ibadah masyarakat Malaysia namun masjid ini hadir sebagai bukti keberadaan pemeluk agama mayoritas muslim yang menjadi identitas Negara Malaysia.

Masjid Negara Malaysia merupakan masjid terbesar yang mampu menampung sebanyak 15.000 jamaah. Dato’ Baharuddin Kassim sang arsitek mengusung konsep modern namun tidak meninggalkan ciri khas islam didalamnya. 

masjid terindah di malaysia

Ukiran membentuk jeruji besi yang menghiasi seluruh bangunan dipadukan dengan bangunan unsur masjid yakni kubah-kubah kecil sebagai konsep islam Arab membuat kesan lebih unik dan modern. Tak tertinggal menara sebagai pelengkap keindahan Masjid Negara Malaysia sebagai lambang kesetiaan.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

2. Masjid Putrajaya

Umroh.com merangkum, masjid yang berada di pusat kota dan juga sebagai salah satu pusat pemerintahan Masjid Putrajaya dibangun dengan desain yang tidak kalah megah. Masjid Putrajaya hadir dalam sejarah perkembangan Negeri Jiran dan sebuah tatanan kota modern.

Dibangun tahun 1997 diambil dari nama putra Perdana Menteri yang pertama kali memimpin pemerintahan Malaysia Tuanku Abdul Rahman dan menjadi salah satu Landmark kota Putrajaya. Desain masjid ini semakin lebih menarik karena dekat dengan danau Putrajaya, jamaah dan wisatawan yang hadir semakin betah dengan suasana masjid yang asri dan banyak moment yang bisa diabadikan.

3. Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin, Putrajaya

Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin ini merupakan masjid resmi kedua Putrajaya setelah Masjid Putra. Masjid ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 2009. Masjid Besi tidak memasang kipas ataupun alat penyaman udara di dalamnya, sebaliknya menggunakan gas penyejuk (gas district cooling atau GDC). Masjid inipun turut menggunakan Seni Bina Jaringan Wayar (Architectual Wire Mesh) atau Anyaman Masyrabiah yang diimport dari Jerman dan Chin.

4. Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz

Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz merupakan salah satu masjid kebanggaan masyarakat muslim di Malaysia. Masjid ini sebagai masjid terbesar kedua yang ada di Asia Tenggara, sedangkan masjid terbesar di Asia tenggara berada di Indonesia yakni masjid Itiqlal Jakarta.

Sebagai masjid yang megah tentunya masjid ini memiliki kubah besar dengan ketinggian 51 meter, bahkan kubah masjid ini sebagai salah satu kubah terbesar dunia. Desain kubah tersebut semakin lebih indah dengan dibalut warna biru atau disebut dengan masjid biru, warna biru kubah tersebut akan semakin lebih indah ketika cahaya lampu yang memantulkan keseluruh arah kota Shah Alam.

Meskipun sudah berkonsep gaya modern masjid Sultan Salahuddin tidak meninggalkan ciri khas seni timur tengah berbagai sentuhan ukiran kaligrafi dari seniman asal Mesir Syekh Abdul Munik Muhammad Ali Al-Sharkawi seorang ahli ukir yang sudah terkenal di dunia. 

5. Masjid Zahir

Masjid Zahir dibangun di kota Kedah, Malaysia. Terkenal sebagai salah satu gambar di prangko pemerintahan Malaysia. Kubah yang berbentuk mirip bawang seperti dalam prangko menjadikan masjid ini masuk dalam deretan masjid terindah yang ada di dunia.

Selain keindahan bentuk masjid yang menawan, masjid Nazir termasuk masjid tertua di Malaysia yang berdiri pada tahun 1330 Hijriah bertepatan tahun 1912 Masehi. Luas dari masjid Zahir ini mencapai 124.412 kaki persegi tepat pusat pemerintahan kedah yang berdekatan dengan jalan Tol Darul Aman. Menariknya masjid ini dikelilingi tempat pendidikan, Mahkamah Syariah, didepan ada Balai Nobat dan Istana Pelamin. Cukup komplit berbagai lembaga berpengaruh yang ada di Malaysia dan itu yang menjadi daya tarik ketika berkunjung ke masjid Nazir.

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya di Umroh.com!

6. Masjid Wilayah Persekutuan

Masjid ini berada di komplek petinggi Kerajaan Malaysia. Memiliki keistimewaan dibandingkan masjid yang lainnya, berada di Jalan Duta sering disebut dalam bahasa Inggris Federal Territory Mosque. Pada saat Anda memasuki gerbang Anda akan merasakan suasana yang berbeda seperti berada di Turki, bangunan yang megah dengan ciri khas timur tengah melekat kuat seluruh konsep bangunannya.

Berdiri diatas lahan 13,4 Hektar bangunan ini memiliki empat kubah besar seperti desain masjid yang ada di Turki yakni masjid Sultan Ahmed atau sering disebut dengan masjid biru.  Sedangkan kubah kecil dari bangunan masjid ini berjumlah 22 kubah yang membutuhkan waktu pembangunan mencapai 3 tahun tepatnya dimulai pada tahun 1997 selesai pada tahun 2000 dengan daya tampung masjid mencapai 17000 jamaah.

masjid terindah di malaysia

7. Masjid Kampung Laut

Masjid yang dibangun pada tahun 1730 sebagai salah satu masjid tertua pula yang ada di Malaysia, tak seperti bangunan masjid sebelumnya yang sangat besar dan megah, bangunan masjid ini kokoh berdiri dengan bangunan masjid yang masih asli dan jarang dimiliki bangunan masjid-masjid lainnya yang ada di Kuala Lumpur. Keunikan masjid ini didesain seperti masjid di Pulau Jawa yang berbentuk limas, meskipun pernah diterjang banjir bandang namun bangunan masjid Kampung laut tetap berdiri kokoh hingga sekarang.

 9. Masjid Kristal, Kuala Terengganu

Masjid Kristal adalah sebuah masjid di Kuala Terengganu, Malaysia yang menduduki tangga ketiga masjid tercantik di dunia.  Struktur utama diperbuat daripada besi, kaca dan kristal. Masjid ini terletak di Taman Tamadun Islam di Pulau Wan Man. Masjid ini telah dibina di antara tahun 2006 dan 2008 tetapi telah dibuka secara rasmi pada 8 Februari 2008 dan mempunyai kapasiti lebih 1,500 jemaah..

10. Masjid Bandaraya Kota Kinabalu, Sabah

Masjid ini siap dioperasikan sepenuhnya pada tahun 2000 dengan kos hampir RM34 juta. Reka bentuk masjid ini diilhamkan dari Masjid Nabawi, Madinah dengan kubahnya berwarna biru dan emas. Masjid ini mampu memuatkan 12,000 jemaah pada satu – satu masa

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

 11. Masjid Ubudiah, Perak

Masjid terindah di Malaysia selanjutnya adalah Masjid Ubudiah. Masjid ini terletak di Bukit Chandan, Kuala Kangsar, Perak. Kubah emas dan menara masjid adalah bukti dari keindahan senibina Islam. Masjid Ubudiah diresmikan pembukaannya oleh Sultan Jalil Karamatullah Shah pada tahun 1917. Dari segi latar belakang sejarahnya Masjid Ubudiah yang terletak berhampiran dengan Istana Iskandariah ini, adalah merupakan masjid nazar. Ia diasaskan oleh Sultan Idris untuk membayar nazar kerana baginda telah pulih dari penyakitnya. Masjid ini berbentuk oktagon dan mempunyai 4 buah menara setinggi 126 kaki serta dikelilingi oleh kubah-kubah di bahagian dalam yang mana tiap-tiap satu garis pusatnya berukuran sepanjang 60 kaki. Bahagian-bahagian dalam dinding dan lantai masjid ini menggunakan batu marmar berwarna merah dan putih yang dibawa khas dari Itali dan London.

Facebook Comments