1
Muslim Lifestyle

Memaknai Bencana dan Musibah di Dalam Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com- Bencana alam merupakan suatu peristiwa yang mengakibatkan dampak yang besar baik itu korban jiwa, kerusakan lingkungan, kehilangan harta dan benda serta dampak terhadap psikologis. Sebagai umat manusia, jika kita dapat memilih tentunya kita tidak berharap untuk mengalaminya. Sebagai umat islam yang baik ada baiknya Anda harus bisa memaknai bencana dan musibah yang diterima.

Namun, semua terjadi atas kehendak Allah SWT kita tidak dapat memprediksi atau bahkan menolaknya, yang bisa kita lakukan hanya bersiap menghadapi setiap ketetapan Allah SWT dengan segala hikmahnya. Mungkin masih banyak diantara umat muslim yang sering mengaitkan bencana alam yang terjadi sebagai ujian dari Allah SWT dan azab dari dosa-dosa yang diperbuat atau memang hukum alam. Tentunya semua memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda-beda dan mengartikannya.

Baca juga : Perhatikan, Inilah 6 Waktu Haram Berpuasa

Makna Bencana Alam

Umroh.com merangkum, setiap bencana merupakan takdir ilahi dan suatu takdir yang telah digariskan oleh Allah SWT. Namun hampir seluruh umat islam mengartikan bencana alam sebagai peringatan Allah SWT kepada umatnya agar kembali kepada-Nya. Peringatan ini terjadi disebabkan karena manusia telah lupa dengan pedoman hidup sehingga manusia berbuat dosa dan kemaksiatan tanpa mengingat perintah dan larangan-Nya.

Sesuai dengan firman Allah SWT yang berbunyi : “pada waktu mereka lupa atas apa yang diperingatkan kepada mereka, kami akan bukakan bagi mereka semua pintu-pintu segala sesuatu, dan apabila mereka bergembira dengan apa (nikmat) yang datang kepada mereka, kami akan ambil apa yang telah kami berikan tersebut, dan mereka akan gagal sepenuhnya”. (QS. Al An’am : 44).

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Akan tetapi musibah atau bencana bukan hanya kepada mereka yang berbuat dosa dan zalim, tetapi juga kepada semua orang baik yang berbuat dosa ataupun tidak. Untuk itu bagi orang yang berbuat dosa, maka bencana alam merupakan suatu bencana sedangkan bagi orang yang tidak berbuat dosa, maka bencana itu merupakan ampunan dosa dan peluang pahala.

Selain itu memaknai bencana juga di artikan sebagai ujian bagi seorang hamba. Ujian ini dapat mengangkat derajat seseorang jika ia dapat melewatinya dengan baik, penuh kesadaran dan keikhlasan serta senantiasa bertawakal kepada Allah SWT. Hal tersebut dapat memperkuat keimanan dan memperkokoh ketaatan seorang hamba.

Jadi anggap saja bahwa bencana yang di alami sebagai peleburan dosa bagi hamba yang senantiasa menghadapinya dengan penuh kesabaran. Namun, tak hanya dua hal tersebut tak sedikit umat manusia yang mengartikan bencana alam sebagai azab dari Allah SWT, atas perilaku manusia selama di dunia yang senantiasa mengeksploitasi sumber daya alam yang dapat mengganggu keseimbangan alam.

webinar umroh.com

Menjalani ibadah umroh adalah impian orang-orang yang beriman dan wujudkan itu bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Menghadapi Suatu Bencana

Pada dasarnya tidak ada suatu peristiwa yang terjadi di muka bumi ini, selain atas izin dan kehendak Allah SWT, inilah yang biasa disebut dengan takdir. Bencana alam sendiri dapat terjadi karena faktor alam maupun manusia. Faktor alam misalnya seperti gunung meletus, angin puting beliung, tanah longsor dan hujan.

Namun tanah longsor dan hujan pun ada campur tangan manusia misalnya seperti melakukan penebangan liar, membuang sampah sembarangan. Untuk itu kita sebagai umat manusia harus senantiasa menjaga keseimbangan alam, maka Allah SWT pun akan menjaga bumi dan apa yang berada di atasnya. Namun jika pelanggaran itu terjadi, maka Allah SWT akan memberikan peringatan melalui bentuk fenomena alam seperti peristiwa bencana alam.

Untuk itu sudah jelas bahwa kita harus menghindari hal tersebut sejak dini dengan cara mengelola risikonya. Seperti meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga dan merawat alam dan senantiasa berprasangka baik kepada Allah SWT. Saat tertimpa musibah, Anda tidak boleh bersedih, jagalah segala sikap dan ucapan agar tidak membuat Allah SWT semakin murka. Tingkatkan iman dan pasrahkan semuanya kepada Allah SWT.

memaknai bencana

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

 Semoga setelah memahami dan membaca artikel ini, seluruh umat manusia terutama diri kita sendiri dapat lebih mengartikan dan menerima dengan baik serta penuh keikhlasan mengenai setiap bencana yang terjadi dalam kehidupan, selain itu kita juga senantiasa menjaga lingkungan serta meningkatkan keimanan dan takwa kita terhadap Allah SWT. Semoga informasi memaknai bencana yang disampaikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.