1
Muslim Lifestyle

Perhatikan, Inilah 6 Waktu Haram Berpuasa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Ibadah puasa merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah. Walaupun sifatnya baik, namun ada waktu-waktu tertentu dimana kita dilarang berpuasa. Waktu haram berpuasa dirangkum umroh.com pada artikel kali ini.

Waktu Haram Berpuasa

1. Tanggal 1 Syawal

Waktu ini diharamkan untuk berpuasa. Sebab bertepatan dengan hari perayaan Idul Fitri. Hari dimana umat muslim merayakan kemenangan setelah berpuasa wajib selama sebulan penuh. Berpuasa di hari tersebut hukumnya haram.

Baca juga: Ini 7 Persiapan Menyambut Ramadhan yang Wajib Diingat!

2. Tanggal 10 Dzulhijjah

Mirip dengan tanggal 1 Syawal, tanggal 10 Dzulhijjah juga termasuk waktu haram berpuasa. Karena di hari itu umat muslim merayakan hari raya Idul Adha. Saat itu umat muslim yang mampu dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban. Kemudian dibagikan kepada masyarakat sekitar. Jadi, berpuasa di waktu tersebut tidak dibolehkan.

Larangan berpuasa di hari Idul Fitri dan Idul Adha berasal dari hadis yang diriwayatkan Imam Muslim. Abu Hurairah ra menuturkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam melarang umatnya berpuasa di dua hari, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Para ulama menilai bahwa berpuasa di dua hari tersebut termasuk perbuatan maksiat dan akan mendapat dosa.

3. Tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah

Tiga hari setelah hari raya Idul Adha juga menjadi waktu haram berpuasa. Ketiga hari itu disebut dengan Hari Tasyrik. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda, “Hari-hari tasyrik adalah hari makan dan minum” (HR.Muslim). Karena merupakan hari makan dan minum dimana umat muslim merayakan hari raya kurban, maka kita diharamkan berpuasa.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Imam Nawawi menjelaskan istilah “Tasyrik” sebagai mendendeng atau menjemur daging kurban di terik matahari. Pada hadis lain disebutkan bahwa hari Tasyrik juga merupakan hari untuk memperbanyak dzikir.

4. Hari Syakk (Hari Meragukan)

Umroh.com merangkum, berpuasa di hari yang bertepatan dengan tanggal yang meragukan juga dilarang. Maksud dari hari yang meragukan adalah tanggal 30 Sya’ban. Hari yang berbatasan dengan tanggal 1 Ramadhan. Berpuasa di tanggal tersebut termasuk haram. Walaupun ada sebagian ulama yang berpendapat hukumnya masih makruh. Berpuasa di hari Syakk dibolehkan jika seseorang memang terbiasa melakukan puasa Daud atau puasa Senin-Kamis.

webinar umroh.com

5. Hari Jumat

Hari Jumat merupakan hari agung bagi umat muslim, sehingga berpuasa di hari ini tidak dianjurkan. Puasa di hari Jumat dibolehkan ketika bertepatan dengan puasa wajib, meng-qadha puasa atau membayar kaffarah, puasa Daud, atau bertepatan dengan waktu puasa sunnah (misalnya puasa Asyura, puasa Arofah, atau puasa Syawal).

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam suatu ketika pernah menemui Jumairiyah ra. yang ternyata sedang berpuasa. Rasulullah bertanya, “Apa kemarin kamu puasa?”. Juwairiyah menjawab, “Tidak, Yaa Rasulullah”.

“Besok kamu punya keinginan untuk puasa?” Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam lanjut bertanya. “Tidak” Jawab Juwairiyah. Kemudian Rasulullah meminta agar Juwairiyah membatalkan puasanya (HR.Bukhari)

Jadilah tamu istimewa Allah di Tanah Suci dengan temukan paket umrohnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

6. Hari Sabtu

Ada anjuran untuk tidak mengkhususkan puasa di hari Sabtu. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bersabda, “Janganlah kalian berpuasa hari sabtu, kecuali untuk puasa yang Allah wajibkan. Jika kalian tidak memilliki makanan apapun selain kulit anggur atau batang kayu, hendaknya dia mengunyahnya (HR.Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah).

Tetapi ada pertentangan di kalangan ulama. Sebab ada hadis yang membolehkan puasa di hari Sabtu. Sebagaimana penuturan Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda, “Janganlah kalian melakukan puasa di hari Jumat saja, kecuali jika dia iringi dengan puasa sehari sebelumnya atau setelahnya” (HR.Bukhari & Muslim). Selain itu, ada hadis di atas yang berkisah tentang Rasulullah dan Juwairiyah.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Dalam hal ini, para ulama menyimpulkan bahwa tidak boleh mengkhususkan atau mengistimewakan berpuasa di hari Sabtu. Jika dilakukan secara khusus, puasa di hari Sabtu hukumnya makruh (bahkan ada yang menyebut haram).

Puasa di hari Sabtu yang dibolehkan:

  • Ketika bertepatan dengan puasa wajib Ramadhan
  • Qadha puasa wajib dan kaffarah
  • Puasa pengganti hadyu bagi yang melaksanakan haji tamattu’
  • Puasa di hari Sabtu yang mengiringi puasa di hari Jumat
  • Bertepatan dengan ayyamul bidh
  • Puasa Asyura
  • Bertepatan dengan puasa Arafah
  • Puasa enam hari di bulan syawal
  • Puasanya orang yang terbiasa puasa Daud.
Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.