1
Muslim Lifestyle

Keutamaan Bulan Jumadil Akhir yang Banyak Kebaikannya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Dalam kalender hijriyah, bulan jumadil akhir adalah bulan ke 6. Bulan ini memiliki beberapa keutamaan yang tidak di miliki oleh bulan bulan lain semisal bulan muharram, ramdhan dan lain sebagainya. Namun bukan berarti bukan bulan yang lain tidak memiliki keutamaan, hanya saja keutamaan bulan jumadil akhir ini tidak ada dalam bulan bulan lain. Di bulan ini, seorang muslim juga disarankan untuk melakukan ibadah-ibadah yang bisa mendatangkan pahala.

Peristiwa di Bulan Jumadil Akhir

Bulan jumadil akhir adalah bulan dimana orang orang islam sangat terpukul sebab meninggalnya khalifah pertama dalam islam, yaitu Sayyidina Abu Bakar Ash Shiddiq . beliau wafat tepat pada tanggal 22 jumadil akhir tahuh 13 H, usia beliau genap 63 tahun. Sayyidina Abu Bakar adalah salah satu sahabat nabi dan juga termasuk orang orang yang beriman di masa awal. Sayyidina Abu Bakar adalah sahabat yang sangat dermawan, bahkan beliau menginfak kan seluruh hartanya agama islam, namun usia beliau berakhir pada bulan jumadil akhir dan ini yang membuat bulan jumadil akhir memiliki keutamaan yang tidak di miliki bulan lain.

Bulan jumadil akhir adalah bulan dimana khlifah ke 2 Sayyidina Umar bin Khattab di lantik untuk menggantikan khalifah Abu Bakar. Sebelum Sayyidina Umar masuk islam, beliau adalah termasuk orang yang sangat menentang kepada agama Islam, namun dengan berjalannya waktu Allah SWT memuliakan agama Islam dengan masuknya Sayyidina Umar. Ini juga merupakan keutamaan bulan jumadil akhir.

Umroh.com merangkum, pada bulan jumadil akhir ini terjadilah salah satu perang terbesar dalam islam yaitu perang Yarmuk. Perang Yarmuk merupakan perang antara kaum muslimin melawan pasukan Romawi yang terjadi pada tahun ke 13 H dan dipimpin oleh Khalid bin Walid. Perang ini dimenangkan oleh kaum muslimin.

Baca juga : Merokok Membatalkan Puasa? Pahami Dalilnya Dulu!

Di Perang Yarmuk, pasukan kaum muslimin hanya berkekuatan 45.000 orang. Sedangkan, pasukan Romawi berkekuatan 240.000 orang.Timpangnya jumlah pasukan tidak membuat pasukan kaum muslimin menyerah begitu saja.Tercatat, hampir setengah pasukan Romawi hilang. Pasukan kaum muslimin sendiri “hanya” kehilangan 3000 prajuritnya. Perang ini pun dimenangkan oleh kaum muslimin.

Keutamaan Bulan Jumadil Akhir

Jumadil akhir ialah salah satu bulan Islam yang memiliki banyak keutamaan. Di bulan ini, seorang muslim juga disarankan untuk melakukan ibadah-ibadah yang bisa mendatangkan pahala. Para ulama menyebutkan bahwa ada beberapa ibadah yang dapat dilakukan kaum muslimin pada bulan Jumadil Akhir agar semakin dekat dengan Allah Swt.Adapun beberapa amalan di bulan Jumadil Akhir yang dapat dilakukan oleh setiap muslim di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Puasa sunnah

Setiap bulan, umat muslim disunnahkan untuk puasa tiga kali setiap bulannya. Yang lebih utama adalah melaksanakan puasa pada aayyamul bidh yaitu pada hari ke-13, 14, dan 15.Anjuran untuk melaksanakan puasa aayyamul bidh merupakan salah satu keutamaan puasa aayyamul bidh.Disebut aayyamul bidh karena pada ketiga malam tersebut, bulan purnama bersinar dengan sinarnya yang putih.Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

webinar umroh.com

“Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi dan An Nasa’i, Abu ‘Isa Tirmidzi mengatakan bahwa haditsnya hasan)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

2. Sholat Malam

Sholat malam yang dapat dilakukan di bulan Jumadil Akhir adalah sholat-sholat sunnah seperti sholat Tahajjud atau macam sholat sunnah lainnya. Sholat sunnah malam pada tanggal 1 Jumadil Akhir sangat dianjurkan. Sholat sunnah tersebut dilakukan sebanyak dua rakaat dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lain pada setiap rakaatnya. Kemudian setelah salam, dianjurkan memperbanyak istighfar.

Dalam surat Al-Muzammil ayat 1-4, Allah berfirman,

“Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. Atau lebih dari seperdua itu, dan bacalah Al Qur’an dengan perlahan-lahan.” (QS. Al-Muzzammil : 1-4)

3. Sholat Sunnah Tanggal 10 Jumadil Akhir

Sholat sunnah tanggal 10 Jumadil Akhir ini dilakukan dengan cara:

  • Dilaksanakan sebanyak 12 rakaat dengan 6 kali salam.
  • Pada setiap rakaat, setelah membaca surat Al-Fatihah, membaca surat Al-Quraisy.
  • Setelah salam, dilanjutkan membaca surat Yusuf.

4. Sholat Sunnah pada Hari Akhir Bulan

Keutamaan Bulan Jumadil Akhir

Pada akhir bulan Jumadil Akhir, disunnahkan melakukan sholat sunnah sebanyak empat rakaat dengan dua salam atau juga bisa satu salam. Sholat sunnah dilakukan setelah sholat maghrib, kemudian setelah salam membaca tasbih sebanyak-banyaknya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

5. Memperbanyak Istighfar, Dzikir, Doa, dan Shalawat

Bulan jumadil akhir juga dapat kita isi dengan macam-macam amal soleh lain yang biasa dilakukan sehari-hari seperti memperbanyak istighfar, dzikir, berdoa, dan shalawat.Disimpulkan bahwa di bulan jumadil akhir, tidak sedikit amalan yang dapat dilakukan seperti puasa sunnah, sholat sunnah, memperbanyak istighfar, dzikir, berdoa, dan bershalawat.