1
Serba-serbi Ramadhan

15 Menu Minuman untuk Buka Puasa yang Seger Abis!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Menu minuman untuk buka puasa bisa menjadikan hari-hari berbukamu lebih berwarna. Waktu berbuka puasa memang menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Setelah seharian menahan lapar dan haus, hal pertama yang paling dicari tentu saja adalah minuman buka puasa.

15 Menu Minuman untuk Buka Puasa

Menu minuman untuk buka puasa ini bisa jadi jawaban jikalau kamu bingung memilih menu minuman buka puasa yang praktis untuk hari ini, simak yuk 15 menu minuman untuk buka puasa di sini!

1. Jus buah

Minuman segar untuk buka puasa yang petama adalah jus buah. Jus buah tak hanya simpel, tapi tentunya juga sangat baik untuk kesehatan. Pilihlah jenis buah yang mengandung kadar air tinggi dan juga mudah dicerna oleh tubuh. Beberapa jenis buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah seperti semangka, anggur, apel, melon, dan pir.

Baca juga: 15 Menu Favorit Buka Puasa yang Pasti Ada di Rumah

2. Sop buah

Selain jus buah, minuman buka puasa yang praktis selanjutnya adalah sop buah. Umumnya sop buah mengombinasikan berbagai macam buah mulai dari apel, melon, blewah, strawberry, kelapa muda, lengkeng, anggur, dan masih banyak lagi. Buah-buahan ini dikombinasikan dengan kuah yang terdiri dari es batu, susu, dan juga sirup.

menu minuman untuk buka puasa

3. Es kelapa muda

Umroh.com merangkum, pilihan menu minuman buka puasa selanjutnya adalah es kelapa muda. Pilihlah es kelapa muda yang dibuat dengan campuran air kelapa muda asli. Air kelapa muda mengandung elektrolit alami sehingga sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh yang tidak diisi seharian.

Selain itu, air kelapa juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya mulai dari membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem metabolisme tubuh, hingga menjaga sistem kekebalan tubuh.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

4. Es dawet atau cendol

Bahan utama es cendol adalah cendol itu sendiri yang terbuat dari tepung beras. Cendol dipadukan dengan santan, gula merah cair, dan es batu dan menjadi salah satu sajian yang ditunggu saat berbuka puasa. Konsumsi cendol tidak hanya menyegarkan, tapi juga cukup mengenyangkan dan dapat menekan nafsu makan berlebihan ketika berbuka puasa.

webinar umroh.com

5. Es pisang ijo

Es pisang ijo adalah salah satu minuman khas Indonesia, tepatnya berasal dari Sulawesi Selatan. Menu yang satu ini juga merupakan salah satu favorit untuk berbuka puasa. Es dengan bahan utama pisang yang dibalut kulit berwarna hijau ini sama seperti cendol yang tidak hanya menyegarkan tapi juga mengenyangkan.

menu minuman untuk buka puasa

6. Es cincau hitam

Ada banyak sekali jenis minuman buka puasa yang bisa Anda kreasikan dengan cincau hitam. Salah satunya adalah teh susu dengan cincau hitam atau es cincau hitam dengan gula merah dan susu. Cincau hitam sendiri dikenal sebagai bahan minuman yang memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh.

7. Es kacang merah

Pilihan minuman buka puasa selanjutnya adalah es kacang merah yang merupakan salah satu minuman khas dari kota Manado. Kacang merah memiliki kandungan protein, serat, karbohidrat, asam folat, dan berbagai vitamin lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak sulit menemukan es kacang merah selama bulan Ramadan!

8. Es selasih

Biji selasih memang memiliki ukuran yang kecil, namun manfaatnya sangat banyak untuk tubuh. Biji ini kaya akan antioksidan dan sangat baik untuk pencernaan. Biji selasih dapat dicampurkan dengan sirup, agar-agar, nata de coco, atau dengan berbagai jenis buah-buahan untuk mendapatkan es selasih yang menyegarkan.

Jadilah tamu istimewa Allah di Tanah Suci, yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

9. Jus atau smoothies kurma

Kurma adalah salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi di bulan Ramadan. Kandungan yang ada di dalam kurma menjadikan kurma sebagai buah yang ideal untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Bosan dengan cara konsumsi kurma yang biasa saja? Anda bisa mencoba untuk membuat jus atau smoothies kurma dan menjadikannya sebagai salah satu pilihan minuman buka puasa!

10. Kolak

Kolak dapat menjadi pilihan minuman buka puasa yang dapat disajikan hangat maupun dingin. Isian kolak dapat bermacam-macam mulai dari pisang, ubi, hingga singkong. Bahan-bahan ini kemudian direbus dengan air dan gula merah. Umumnya santan juga ditambahkan ke dalam kolak untuk menambahkan cita rasa gurih di dalamnya.

menu minuman untuk buka puasa

11. Bubur kacang hijau

Selain kolak, pilihan minuman lain yang dapat dikonsumsi hangat maupun dingin adalah bubur kacang hijau. Pengolahan bubur kacang hijau juga tidak berbeda jauh dengan kolak, bahan utamanya adalah gula merah yang kemudian dilengkapi dengan kuah santan. Es bubur kacang hijau juga sering kali disajikan bersama dengan bubur ketan hitam.

12. Es lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan atau kecantikan, tapi juga bisa diolah menjadi minuman segar untuk buka puasa.

Es lidah buaya yang diolah dari daging tanaman lidah buaya biasa disajikan bersama dengan biji selasih. Pilihan minuman yang satu ini baik untuk kesehatan pencernaan selama berpuasa berkat kandungan serat yang cukup tinggi dalam lidah buaya.

13. Es blewah

Blewah adalah salah satu buah yang popularitasnya juga meningkatkan selama bulan Ramadan. Beberapa keistimewaan blewah adalah seperti dapat melancarkan pencernaan, rendah kalori, hingga baik untuk kesehatan kulit. Blewah dapat dijadikan campuran dalam sop buah, tapi tidak kalah segar juga jika hanya dicampurkan dengan sirup dan sedikit perasan lemon saja.

14. Es rumput laut

Pilihan minuman buka puasa yang praktis selanjutnya adalah es rumput laut. Rumput laut memiliki manfaat untuk kesehatan seperti melancarkan pencernaan, menyaimbangkan hormon, menjaga kesehatan tulang, dan masih banyak lagi. Resep minuman buka puasa dari rumput laut juga sangat mudah dibuat.

Cukup campurkan rumput laut dengan es batu, sirup, dan susu kental manis. Anda juga bisa mencampurkan bahan lain seperti selasih, kolang-kaling, atau buah-buahan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

15. Es Teh Lemon

Perpaduan teh dengan lemon memang tak pernah salah. Karena itu tak salah pula kamu buat di rumah dengan teh celup, madu dan lemon secukupnya. Tapi, jangan terlalu asam ya karena bisa membuat maag-mu kambuh!

15 menu minuman untuk buka puasa ini bisa kamu coba di rumah. Jadi jangan lupa dibuat ya!