1
Serba-serbi Ramadhan

Jadi Takjil, Ini Resep Es Pisang Ijo yang Mudah dan Enak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Resep Es Pisang Ijo yang mudah dan enak untuk berbuka kami sediakan bagi kamu yang ingin berbuka dengan Es Pisang Ijo tetapi ingin membuat sendiri. Kuliner khas asal kota Makassar ini pun menjadi hidangan yang digemari banyak orang setelah kolak pisang saat Ramadhan datang.

Meski demikian, sejatinya es pisang ijo tidak hanya hadir saat bulan Ramadhan, tetapi memang identik menjadi takjil dan menemani berbuka puasa. Sama seperti kolak pisang, es pisang ijo juga menggunakan pisang sebagai bahan utamanya yang kemudian dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Penasaran gak sih cara membuatnya seperti apa? Simak di sini yuk!

Baca juga: Cara Membuat Pisang Kripsi Goreng Enak untuk Buka Puasa!

Resep Es Pisang Ijo

Rasa manis, gurih dan segar menjadi perpaduan dari pisang, vla atau bubur sumsum, sirup serta es serut. Kuliner ini sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa karena kesegarannya yang memanjakan lidah.

Berikut resep pisang ijo untuk kamu buat di rumah!

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Bahan kulit:

  1. 100 gram tepung terigu
  2. 100 ml air
  3. 1 sdt margarin
  4. Garam secukupnya
  5. Pasta pandan secukupnya
  6. 3 buah pisang raja ukuran sedang

Bahan vla atau bubur sumsum:

  1. 200 ml santan (santan kara 65 ml + air)
  2. 25 gram gula pasir
  3. 3 sdt tepung terigu
  4. Garam secukupnya
  5. Vanili cair secukupnya

Bahan lain:

  1. Es batu atau es serut secukupnya
  2. Sirup DHT atau sirup cocopandan secukupnya

Cara membuat:

  1. Untuk membuat kulitnya, pertama siapkan panci lalu rebus air, margarin, garam dan pasta pandan. Rebus sampai mendidih lalu kecilkan api, masukkan tepung terigu sambil diaduk cepat. Lalu, matikan api.
  2. Setelah adonan sudah agak dingin, remas-remas adonan hingga semua menyatu. Jika warnanya kurang hijau bisa menambahkan pasta pandan.
  3. Kupas pisang lalu bungkus dengan adonan kulit tadi.
  4. Panaskan kukusan, bungkus tutupnya dengan serbet bersih. Olesi dengan minyak di dalam wadah pisang agar pisang tidak lengket. Lalu kukus selama 10-15 menit. Angkat dan potong-potong sesuai selera.
  5. Untuk membuat vlanya, pertama rebus santan, gula, garam dan vanili cair. Aduk dengan whisker sampai mendidih. Kemudian larutkan tepung dengan air. Saat santan sudah mendidih, masukkan larutan tepung sambil diaduk terus dengan whisker sampai mengental dan mendidih. Matikan api.
  6. Siapkan mangkuk atau piring. Letakkan pisang, es batu atau es serut dan vla.
  7. Tuangkan sirupnya dan es pisang ijo pun siap disajikan.

Voila! Es Pisang Ijo pun sudah siap disantap! Selamat mencoba!

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Umroh.com merangkum, buah pisang yang kerap jadi bahan utama Es Pisang Ijo ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan loh. Berikut berbagai manfaat buah pisang yang perlu kamu ketahui.

1. Baik bagi pencernaan

Pisang merupakan pilihan yang tepat untuk menenangkan masalah perut. Tekstur pisang yang lembut membuat makanan ini dapat dengan mudah melewati saluran cerna.

webinar umroh.com

Kandungan kaliumnya turut membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh. Tak hanya itu, kandungan serat dalam buah ini juga membantu menambah kepadatan feses dan meredakan diare.

Manfaat pisang bagi pencernaan lainnya adalah meringankan masalah morning sickness pada ibu hamil. Pasalnya buah satu ini kaya akan kandungan vitamin B6. Vitamin B6 memang dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan guna mengurangi masalah mual dan muntah.

Yuk jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci dengan temukan paket umroh terbaik cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

2. Menurunkan tekanan darah

Selain membantu menggantikan elekterolit yang hilang dari tubuh, kandungan kalium dalam pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

American Heart Association (AHA) menganjurkan para penderita hipertensi untuk mengonsumsi makanan tinggi kalium guna membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kalium berperan dalam menurunkan tekanan darah dengan menurunkan kadar natrium dalam tubuh.

Namun, manfaat pisang yang satu ini tidak akan bekerja secara efektif bila penderita tidak mengurangi makanan yang mengandung banyak garam dan lemak. Jadi selain makan buah ini, juga diharuskan untuk menerapkan pola makanan sehat yang kaya nutrisi.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

3. Menurunkan risiko stroke

Kalium yang terkandung dalam buah ini juga dapat membantu menurunkan risiko stroke. Terutama untuk wanita usia lanjut yang telah melewati masa menopause.

Hal ini berhasil dibuktikan oleh sebuah penelitian. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa wanita pasca menopause yang rutin mengonsumsi makanan tinggi kalium memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi makanan berkalium sama sekali.

Jadi semangat nih untuk membuat es pisang ijo sesuai resep tadi! Selain kaya manfaat, es pisang ijo juga enak dan segar. Jangan lupa dibuat di rumah ya!