1
Kuliner

Ini 5 Minuman Halal di Jepang yang Sukses Bikin Ngiler!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Dapat diperkirakan bahwa lebih dari 1 juta wisatawan akan mengunjungi negara Jepang pada tahun 2020. Jika dengan bertambahnya produksi makanan atau minuman halal, maka akan diperkirakan mencapai 200 miliar yen pada tahun 2020 nanti. Ketika berada di Jepang, para pengunjung terutama umat Islam diharuskan berhati-hati saat akan membeli makanan atau minuman, karena dalam aturan Islam diharamkan untuk memakan dan meminum-minuman haram. Walaupun banyak produk makanan dan minuman yang sudah disertifikasi halal di Jepang, tapi para pengunjung harus tetap hati-hati saat memilih makanan dan minuman terutama di supermarket.

Sejarah masuknya islam ke Jepang

Umroh.com merangkum, agama Islam atau Isurmau Kyou dalam Bahasa Jepang pertama kali dikenal oleh penduduk Jepang pada tahun 1877 sebagai bagian dari perjuangan agama. Kisah dari Nabi Muhammad SAW itu sendiri telah dibukukan dalam Bahasa Jepang. Hal tersebut tentu membantu orang Jepang untuk belajar mengenai agama Islam sendiri. Orang Jepang yang pertama kali memeluk agama Islam adalah Mitsuaro Takaoka pada tahun 1909. Ketika Mitsuaro memeluk agama Islam dan sedang melakukan perjalanan haji untuk pertama kalinya, dia mengubah namanya menjadi Omar Takaoka. Omar Takaoka itu sendiri juga dikenal dengan penyiar agama Islam di Jepang, sehingga banyak masyarakat Jepang yang mempelajari agama Islam lebih dalam melalui Omar Takaoka. 

Baca juga: Yuk Cicipi 8 Kuliner Khas Arab Saudi saat di Mekkah!

Perkembangan Islam di Jepang

Jumlah umat Islam di Jepang saat ini berkisar 160.000 orang. Angka tersebut masih dapat dikatakan angka yang masih kecil dan membuat Islam masih menjadi minoritas di Negara Sakura. Namun jika dibandingkan dengan 50 tahun lalu, Islam berkembang pesat dan kenaikannya mencapai hamper 25 kali lipat dan jumlah masyarakat Jepang yang memeluk Islam. 

Ketertarikan masyarakat Jepang pada saat ini akan terus meningkat pada Islam terutama dimasa-masa mendatang karena Jepang dan negara-negara Islam telah memiliki hubungan yang baik, terutama di bidang ekonomi, dengan ini besar kemungkinan bahwa masyarakat Jepang akan mengetahui Islam lebih mendalam. Agama terbesar di Jepang itu sendiri adalah Shinto yang artinya menyembah banyak dewa. Pemeluk agama kedua setelah Shinto adalah Budha. Masyarakat Jepang tidak begitu mempersoalkan agama orang lain yang mereka anut, tetapi Tokumasu meyakinkan mereka bahwa mereka akan tetap menjunjung tinggi sikap saling menghormati satu sama lain.

5 minuman halal di Jepang

1. Ocha 

Bagi kita masyarakat Indonesia, tentu sudah tidak asing mendengar nama Ocha. Karena Ocha adalah teh yang berasal dari Jepang. Minuman ini terbuat dari daun teh hijau Jepang yang mempunyai khas tersendiri. Untuk di Indonesia sendiri teh ocha terkenal dengan minuman teh hijau. Di Jepang, ocha adalah minuman yang sangat terkenal dan memiliki banyak manfaatnya.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

2. Matcha 

Matcha adalah minuman khas Jepang yang terbuat dari serbuk teh hijau yang disajikan tanpa menggunakan gula, sehingga rasanya pun sangat alami. Minuman populer ini biasanya hanya disajikan pada acara-acara tertentu saja. Banyak yang mengatakan bahwa matcha sangat mirip dengan teh hijau. Padahal kedua jenis minuman tersebut sangatlah berbeda, hal tersebut dapat dilihat dari kapan waktu panennya. The hijau dipanen pada saat daun teh mekar sedangkan untuk matcha dipanen saat kuncupnya belum mekar.

minuman halal di jepang

3. Mugicha 

Tim umroh.com memaparkan, bagi Anda yang belum mengetahui apa itu mugicha maka penulis akan menjelaskan. Mugicha adalah minuman teh khas Jepang yang terbuat dari gandum bakar. Meski hampir mirip dengan sejenis teh lainnya, namun ada perbedaan yang mencolok dari mugicha ini, yaitu terletak pada gandum bakar sehingga memberi cita rasa khas pada mugicha. 

webinar umroh.com
[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4. Salt and fruit

Bagi anda yang sedang berlibur ke negara Jepang dan dalam keadaan haus, maka jangan lupa untuk membeli minuman salt and fruit. Salt and fruit berisi minuman olahraga dan mudah ditemukan di mesin penjual otomatis di seluruh Jepang, sehingga membuat anda dengan mudah untuk membelinya tanpa pusing-pusing untuk mencari supermarket. Rasa dari salt and fruit itu sendiri adalah memiliki rasa asam dan asin, tapi minuman ini cukup untuk menyegarkan dan menyehatkan. Terlebih lagi minuman ini sudah disertifikasi kehalallanya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

5. Calpis 

Minuman ini merupakan minuman yang menjadi favorit bagi masyakarat Jepang. Minuman ini juga telah tersedia di seluruh supermarket di Jepang, sehingga bagi anda yang ingin mencobanya tidak perlu mencarinya dengan susah payah, bahkan minuman ini pun sering menghiasi rumah penduduk Jepang selain soda dan teh oolong. Minuman ini juga terkenal karena manfaatnya seperti mengandung kalsium tinggi, memperbaiki kerja pencernaan, memelihara tekanan darah, menstimulasi aktivitas imun. Minuman ini juga memiliki rasa yang manis menyegarkan. Dan kabar gembiranya adalah minuman ini pun halal bagi umat Islam yang ingin mencoba minuma ini.