1
Kuliner

Gak Bikin Kantong Abis! Ini 5 Minuman Halal di Korea

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Nama Korea Selatan tentu sudah tidak asing ditelinga kita, ya negara tersebut merupakan negara yang paling banyak diminati oleh sebagian besar anak muda terutama di negara Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Negara Korea Selatan juga terkenal dengan budaya pop yang berpengaruh besar pada reputasi negara yang terkenal akan gingsengnya tersebut. 

Di negara Korea Selatan music dan drama mereka adalah komiditi laris manis di pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tidak heran jika negara Korea Selatan itu sendiri menjadi tujuan yang menarik untuk ditelusuri serta belajar mengenai sejarah, terutama perkembangan Islam di negara Korea Selatan bagi kaum milineals tanah air. 

Baca juga: Kuliner yang Wajib Dicoba saat Anda di Jakarta

Meningkatnya jumlah muslim di korea

Umroh.com merangkum, pada saat ini umat Muslim yang hidup di Korea berkisar 150 ribu jiwa, baik warga asli maupun warga negara lain yang tinggal di Korea. Namun statistic menyebutkan bahwa sebanyak 30 persen dari jumlah tersebut adalah warga Korea asli. Umat Muslim di Korea merupakan warga asli dan imigran. Muslim asli Korea biasanya berasal dari kalangan yang berpendidikan tinggi serta mengenyam pendidikan diluar negeri, terutama di negara-negara Islam, hal tersebut bertujuan untuk memperdalam ilmu agama Islam. Mereka juga sangat aktif menyebarkan Islam di masyarakat sekitar dan menyediakan dukungan sosial bagi umat Muslim yang baru tiba di Korea Selatan.

Imigran muslim biasanya berasal dari Arab Timur Tengah, bukan hanya warga Arab saja, melainkan negara Timur Tengah secara umum. Pada tahun 2012 jumlah muslim baik legal maupun illegal diperkirakan sebesar 113.266 jiwa. Mereka yang datang dan tinggal di Korea Selatan biasanya merupakan pelajar dari negara Teluk yang telah menetap dan kemudian memulai bisnis di negara Korea Selatan tersebut. Seperti Mesir, Sudan biasanya mereka hanya menjadi buruh kasar.

Bukan hanya faktor dari pekerjaan serta menjadi pebisnis di Korea Selatan, tetapi meningkatnya jumlah muslim di Korea juga disebabkan oleh pernikahan internasional antara warga Korea Selatan asli dengan warga asing yang memuluk agama Islam. Sebanyak 140 ribu migran yang menetap di negara ini telah menikah sesuai dengan data imigrasi Korea Selatan pada 2012. Dari jumlah tersebut sebanyak 4.687 orang merupakan Muslim, meski hanya sekitar 302 migran yang berasal dari Timur Tengah.

minuman halal korea

Negara Gingseng tersebut bukan hanya terkenal akan musiknya saja, tetapi Korea Selatan juga menjadi destinasi bagi pelajar asing yang beragama Islam. Sejak saat itu pemerintah Korea Selatan aktif menarik minat studi bagi mahasiswa asing untuk diberikannya beasiswa kepada yang kurang mampu dari 3.000 siswa. Setelah mereka lulus dibidang studi mereka masing-masing, banyak pelajar Muslim yang mendapatkan pekerjaan di Korea Selatan, sehingga mereka pun menetap di sana. Mereka juga menjalin hubungan yang positif dengan penduduk lokal, sehingga tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk mempelajari Islam lebih mendalam.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Dengan fenomena tersebut, sehingga membuat pemerintah untuk lebih memperhatikan makanan serta minuman yang halal bagi umat Islam, karena dalam Islam itu sendiri hanya diperbolehkan meminum dan memakan, makanan halal.

webinar umroh.com

5 minuman halal di Korea Selatan

1. Banana Milk 

Minuman halal di Korea pertama adalah Banana Milk. Bagi pecinta K-popers tentu tidak asing mendengar nama minuman tersebut, karena biasanya minuman tersebut sering sekali hadir dalam acara drama korea. Banana milk ini memang sudah lama menjadi minuman khas Korea. Pabrik yang memproduksi minuman tersebut telah berdiri sejak tahun 1974.

2. Sikhye

Minuman yang satu ini merupakan minuman yang menjadi favorit di Jimjilbang (Rumah Spa dan Pemandian Air Hangat Tradisional Korea). Sikhye sendiri terbuat dari beras dan air rendaman gandum. Rasanya pun sangat unik sehingga bagi kamu yang ingin merasakan minuman tersebut harus datang ke Korea Selatannya langsung karena hanya negara tersebut.

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

3. Corn Tea

Corn Tead adalah teh jagung kering atau biji jagung bakar. Corn Tea tersebut bukan hanya dapat untuk menjaga kesehatan tetapi ada yang beranggapan bahwa dengan meminum Corn Tea dapat mengecilkan rahan dan membentuk rahang menjadi bentuk v-line

4. Omija Tea

Minuman halal di Korea selanjutnya adalah Omija Tea. Teh yang satu ini, akan membuat kamu bingung dan sulit membedakan, apakah teh tersebut terbuat dari sirup strooberi atau dari buah yang lainnya. Bagi kamu yang bingung. Warna terang yang dimiliki oleh Omije Tea tersebut memiliki arti 5 rasa berry yaitu manis, asam, pahit dana sin hingga pedas yang bercampur menjadi satu. Buah berry tersebut memiliki khasiat salah satunya adalah baik untuk kesehatan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan impian Anda cuma di umroh.com!

5. Daechu Tea

Di Korea terdapat sebuah teh yang terbuat dari olahan buah jojoba, buah ini biasa disebut buah kurma khas Korea. The ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi serta cocok diminum bagi orang yang menderita anemia dan mampu mengurangi rasa capek.