1
Motivasi Muslim Lifestyle News

Muslim Kanada, Kelompok Kebebasan Sipil Menantang Simbol Agama Quebec

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Muslim Kanada dan kelompok-kelompok kebebasan sipil telah mengajukan tantangan hukum di Pengadilan Tinggi Quebec terhadap RUU Quebec 21 yang melarang guru sekolah umum, pengacara pemerintah, hakim dan petugas polisi dari mengenakan jilbab dan simbol-simbol agama, sebuah pernyataan oleh Dewan Nasional Muslim Kanada ( NCCM).

Penggugat dalam kasus ini termasuk NCCM, Asosiasi Kebebasan Sipil Kanada (CCLA) dan Ichrak Nourel Hak, seorang mahasiswa pendidikan yang mengenakan jilbab.

“Undang-undang ini telah melucuti impian saya dan mengirimi saya pesan yang jelas bahwa saya bukan bagian yang berharga dari masyarakat Quebec. Selama bertahun-tahun belajar, semua upaya saya untuk menjadi salah satu guru terbaik di Quebec berubah menjadi asap dalam sekejap. Sebagai seorang wanita tuna rungu, saya harus bekerja jauh lebih banyak daripada semua kolega saya untuk mencapai posisi saya sekarang. Namun, hukum ini baru saja memotong sayapku. ”

RUU itu, diperkenalkan oleh pemerintah Koalisi Avenir Québec, disahkan setelah akhir pekan maraton musyawarah di Majelis Nasional Quebec.

Larangan simbol agama, juga dikenal sebagai Bill 21, disahkan dengan suara 73-35 sekitar pukul 10.30 malam. ET Sunday.

Survei Rumah Tangga Nasional Kanada tahun 2011 memperkirakan Muslim di Kanada sekitar 1.053.945, atau sekitar 3,2% dari populasi, menjadikan Islam agama terbesar kedua di negara ini setelah agama Kristen.

Statistik Kanada melaporkan lonjakan 151% dalam kejahatan kebencian anti-Muslim yang dilaporkan polisi pada tahun 2017 setelah serangan masjid Quebec dan RCMP mengatakan ekstrimis sayap kanan telah menjadi berani di Kanada.

Hukum yang memalukan

Meskipun Muslim adalah kelompok terbesar yang terkena dampak RUU yang kontroversial, karena melarang jilbab, RUU itu juga melarang kopiah Yahudi, turban Sikh, dan salib Katolik, di antara simbol-simbol lainnya.

webinar umroh.com

“Ini akan mengacaukan kehidupan dan mata pencaharian masyarakat, mendorong banyak umat Islam, Yahudi, dan Sikh ke pinggiran masyarakat pada saat yang sudah tegang ketika Islamofobia, anti-Semitisme, dan bentuk-bentuk rasisme lainnya sedang meningkat. Itulah sebabnya kami akan segera mengambil tindakan hukum untuk mencegah kewarganegaraan kelas dua yang disetujui negara, ”tambahnya.

“Kesetaraan dan kebebasan beragama secara universal diakui hak asasi manusia, dan prinsip-prinsip dasar dalam Piagam Hak Asasi Manusia dan Kebebasan Quebec. Inilah sebabnya kami melawan hukum di pengadilan, dan mengapa kami mendukung orang-orang yang menentangnya, ”kata Noa Mendelsohn Aviv, Direktur Kesetaraan di Canadian Civil Liberties Association.

RUU baru sudah mempengaruhi komunitas Muslim secara negatif setelah laporan organisasi wanita Muslim Montreal pada bulan Mei mengatakan ada peningkatan tajam dalam insiden Islamofobia setelah RUU itu diajukan.

Beberapa wanita Muslim mengatakan kepada CBC Montreal tentang diludahi, dilecehkan atau ditolak layanan publik dalam beberapa minggu terakhir.