1
Travel

Sering Dilupakan, Ini Pentingnya Nomor Paspor

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Paspor adalah dokumen perjalanan yang dikeluarkan oleh pemerintah kepada warga negaranya di mana pemerintah memberi hak kepada yang bersangkutan untuk dapat melakukan perjalanan ke luar negeri dan di dalamnya tertera identitas yang sah, kewarganegaraan, dan hak perlindungan selama berada di luar negeri, dan hak untuk kembali ke tanah air. 

Manfaat Nomor Paspor

Pada umumnya paspor berisikan tentang identitas lengkap pemegang paspor yang meliputi: foto, nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, serta tanda tangan pemegang paspor tersebut. Informasi lain yang terdapat pada paspor yakni kode negara, nomor (unik), tanggal penerbitan dan berakhirnya paspor, institusi penerbit, dan nama pejabat berwenang yang menerbitkan lengkap dengan tanda tangan dan stempelnya.

Baca juga: Ini 4 Syarat Wajib Pembuatan paspor!

Kali ini umroh.com akan membahas sedikit tentang nomor paspor, yang biasanya dapat kita temukan pada halaman ke dua di buku paspor, tepatnya pada pojok kanan bagian atas. Nomor paspor akan anda peroleh setelah selesai melakukan proses pembuatannya, dari mulai pengambilan nomor antrian, di lanjutkan dengan pengisian data formulir, kemudian wawancara lalu melakukan sidik jari dan pengambilan foto dan yang terakhir anda tinggal melakukan pembayaran yang dapat di bayarkan melalui bank, M-Banking ataupun kantor pos, dengan batas maksimal 7 hari setelah mengajukan permohonan. Nomor paspor sendiri terdiri dari 7 digit, dan biasanya di awali dengan huruf abjad. Nomor paspor di keluarkan langsung oleh pejabat imigrasi yang berwenang. Kita hanya tinggal mengikuti prosedur cara pembuatan paspor untuk mendapatkannya.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda sekarang!

Hal terpenting yang perlu anda ingat bahwa anda harus benar-benar menjaga data Anda, karena data tersebut memuat sejumlah informasi yang penting mulai dari nomor paspor, nama, kewarganegaraan, tanggal lahir, jenis kelamin dan lain-lain. Yang jika tidak di jaga dengan benar bukan tidak mungkin data ini dapat di salah gunakan oleh pihak-pihak lain yang memiliki niat jahat.

Dan terpenting anda harus menyimpan paspor di tempat yang aman, jangan pernah mengirimkan data paspor melalui kurir, dan yang terakhir bila dalam perjalanan selalu bawa paspor anda kemana pun anda pergi. Karena walaupun bentuknya kecil tapi amat sangat penting kegunaannya. 

Temukan ratusan paket umroh dari >30 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

Bagaimana, apakah anda sudah memiliki paspor? Jika belum, yuk segera luangkan waktu Anda untuk datang ke kantor imigrasi terdekat, dan miliki paspor segera. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.