1
Serba-serbi Ramadhan

Keutamaan dan Pahala Sholat Tarawih di Malam Pertama

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Sholat Tarawih dianjurkan bagi umat muslim yang menjalankan puasa di bulan ramadhan. Sholat tarawih dilaksanakan setelah sholat isya, dan yang utama adalah setelah waktu isya yang terakhir akan mendapatkan pahala sholat tarawih. Ibadah ini memiliki keutamaan-keutamaan yang memang ditemukan landasannya dari hadits Rasulullah. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau.” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Baca juga : Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Witir Di Dalam Al – Quran

Keutamaan Sholat Tarawih

1.      Akan mendapatkan ampunan dosa yang telah lalu.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah sholat tarawih sebagaimana yang dituturkan oleh An Nawawi. Hadits ini memberitahukan bahwa sholat tarawih bisa menggugurkan dosa dengan syarat karena iman yaitu membenarkan pahala yang dijanjikan oleh Allah dan mencari pahala dari Allah, bukan karena riya’ atau alasan lainnya.

Yang dimaksud “pengampunan dosa” dalam hadits ini adalah bisa mencakup dosa besar dan dosa kecil berdasarkan tekstual hadits, sebagaimana ditegaskan oleh Ibnul Mundzir. Namun An Nawawi mengatakan bahwa yang dimaksudkan pengampunan dosa di sini adalah khusus untuk dosa kecil.

webinar umroh.com

2.      Sholat tarawih bersama imam seperti sholat semalam penuh.

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Lalu beliau bersabda,

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً

Siapa yang sholat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.”

Hal ini sekaligus merupakan anjuran agar kaum muslimin mengerjakan sholat tarawih secara berjama’ah dan mengikuti imam hingga selesai.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

3.      Sholat tarawih adalah se utama – utamanya sholat

Ulama-ulama Hanabilah (madzhab Hambali) mengatakan bahwa seutama-utamanya sholat sunnah adalah sholat yang dianjurkan dilakukan secara berjama’ah. Karena sholat seperti ini hampir serupa dengan sholat fardhu. Kemudian sholat yang lebih utama lagi adalah sholat rawatib (sholat yang mengiringi sholat fardhu, sebelum atau sesudahnya). Sholat yang paling ditekankan dilakukan secara berjama’ah adalah sholat kusuf (sholat gerhana) kemudian sholat tarawih.

4.      Dikabulkan doanya

Umroh.com merangkum, bulan ramadhan adalah waktu yang tepat untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Doa yang di panjatkan setelah sholat malam termasuk setelah sholat tarawih pada malam pertama memiliki kesempatan yang besar akan dikabulkan oleh Allah jika doanya di panjatkan dengan tulus dan ikhlas sebagaimana hadits Rasulullah SAW,

“Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat yang seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya (mengabulkannya); dan itu setiap malam.” (HR Muslim dan Ahmad)

5.      Sarana mendekatkan diri pada Allah SWT

Sholat tarawih sebagaimana sholat malam lainnya dan dikerjakan pada malam pertama hingga berakhirnya bulan ramadhan adalah salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Menjalani ibadah umroh adalah impian orang-orang yang beriman dan wujudkan itu bersama Umroh.com!

“Lazimkan dirimu untuk sholat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR Ahmad)

6.      Mencegah dosa

Seperti yang disebutkan dalam hadits diatas, sholat malam termasuk sholat tarawih pada malam pertama adalah ibadah yang bisa mencegah dosa. Hal ini dikarenakan jika seseorang melaksanakan sholat tarawih maka ia akan menghabiskan waktu untuk beribadah daripada hal-hal lain yang tidak bermanfaat dan bisa jadi merupakan perbuatan maksiat.

Pahala Sholat Tarawih Pada Malam Pertama

Sholat tarawih memiliki keutamaan yang luar biasa. Apalagi salah satu keutamaannya mendapatkan pahala. Sholat tarawih pada malam pertama adalah tanda bahwa keesokan harinya umat muslim akan memasuki bulan ramadhan dan wajib melaksanakan ibadah puasa dalam tiga puluh hari ke depan. Biasanya umat islam akan be ramai – ramai menuju masjid dan melaksanakan sholat tarawih dengan bersemangat saat malam pertama karena kegembiraan menyambut ramadhan. Setiap orang yang melaksanakan sholat tarawih tentu ingin mendapatkan manfaat yang dikerjakannya.

Setiap ibadah yang dilaksanakan pada bulan ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Jika ibadah yang kecil saja mendapatkan pahala maka ibadah yang rutin dilaksanakan seperti sholat tarawih akan mendatangkan pahala yang besar bagi pelakunya. Pahala sholat tarawih malam pertama amatlah besar sebagaimana yang disebutkan dalam hadits bahwa pahala sholat tarawih yang dilaksanakan dengan ikhlas sama dengan pahala sholat semalam penuh. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa qiyamul lail bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya (pahala) qiyam satu malam (penuh).” (HR Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, Ibn Majah,dan Nasa’i,)

sholat tanpa doa iftitah

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Dan disebutkan dalam hadits lainnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barang siapa sholat (tarawih) bersama imam sampai selesai. maka ditulis untuknya sholat satu malam (suntuk).” (HR abu Dzar)