play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Travel

Ini Fakta Menarik Pasar Muttrah Souq di Oman

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Tak lengkap jika melewatkan Muttrah Souq jika berkunjung ke Oman, . Pasar suvenir di jantung kota Muscat ini menjadi tujuan wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh khas Oman. Muttrah Souq adalah pasar suvenir yang tertua, sekaligus yang paling terkenal di Oman. Bahkan Muttrah Souq bisa dibilang salah satu pasar tertua di tanah Arab.

Seperti diketahui, Muscat adalah pelabuhan alami terbesar di dunia, dan menjadi pusat perdagangan sejak dahulu. Muscat menjadi lokasi strategis untuk pedagang yang melakukan perjalanan antara India dan China. Tidak heran jika anda akan menemukan berbagai pelancong yang sedang berkunjung ke Oman hanya sekadar untuk berbelanja saja, berikut fakta mengenai Muttrah Souq :

Baca juga : Kisah Romantis Shafiyyah binti Abdul Muthalib, Bikin Baper!

Fakta Menarik Berbelanja di Muttrah Souq

1. Dipenuhi Pedagang Suvenir yang Sangat Banyak

Arsitekturnya pasar ini dibiarkan klasik. Di dalamnya, terdapat barisan kios-kios kecil pedagang berjajar. Mereka menjual berbagai macam barang. Mulai dari dompet-dompet cantik hingga khanjar, belati khas Oman, yang memiliki ukiran indah.  Beberapa penjual yang menjual barang sejenis berada di satu area.

Harga yang ditawarkan di Muttrah Souq kebanyakan masih bisa ditawar. Barang yang paling dicari di Muttrah Souq adalah minyak wangi, perabot perak, barang-barang antik, dan kain. Banyak wanita Bedouin berpakaian tradisional menjajakan wewangian yang biasa disebut “bukhoor”. Bukhoor terbuat dari campuran sandalwood, frankincense, dan minyak alami. Suvenir seperti teko antik, perhiasan khas Bedouin, pakaian tradisional Oman juga tak luput dari buruan wisatawan.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Tidak hanya itu saja, anda juga bisa membeli berbagai souvernir untuk oleh – oleh untuk dibawa pulang ke negara asal. Jika anda pandai menawar, anda bisa mendapatkan berbagai macam penawaran dengan banyak harga dan kualitas bagus.

2. Menjadi Pusat Perdagangan Oman

Umroh.com merangkum, sekitar tahun 1960, Muttrah Souq menjadi tempat warga Oman berbelanja kebutuhan sehari-hari. Hampir semua barang yang dijual saat itu diimpor, kecuali kain, buah, sayuran, dan kurma. Sebelumnya, pasar ini dibangun dari tanah liat dan daun palem. Material bangunan seperti itu cocok untuk lokasi dengan temperatur tinggi serta iklim yang tidak menentu seperti Oman.

Pemerintah Oman kemudian merenovasi Muttrah Souq menjadi lebih modern dengan desain populer. Dekorasi juga ditambahkan untuk menarik turis agar lebih nyaman berbelanja. Pasar ini lebih penuh dan ramai saat hari raya islam. Pada saat itu, seluruh warga dari penjuru Oman datang kemari untuk berbelanja kain dan perhiasan.

Jadilah tamu Allah dengan temukan paket umroh terbaik di umroh.com!

3. Pasar yang Dijuluki Al Dhalam atau “Kegelapan”

Tim umroh.com memaparkan, nama lokal untuk Muttrah Souq adalah Al Dhalam, yang berarti kegelapan. Pasar ini diberi nama dengan arti ‘kegelapan’ karena kios-kios yang memenuhinya membuat cahaya matahari tidak bisa masuk. Para pedagang sampai harus menyalakan lampu di siang hari untuk mencari tempat tujuannya. Harus teliti dalam mencari barang yang diinginkan karena tidak sedikit pedagang yang lupa dengan baran dagangannya sendiri.

Untuk itu, disarankan bagi anda yang ingin berbelanja datanglah di siang hari. Tidak masalah jika anda ingin datang pada sore hari, karena terdapat beberapa toko atau kios yang tetap bukapada sore hari. Tidak menutup kemungkinan juga anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari yang lainnya. Tentu saja akan banyak benda dan kualitas yang ditawarkan di tempat ini.

4. Istimewanya Muttrah Souq

Buat kamu yang tidak terlalu suka berbelanja, mengunjungi Muttrah Souq bisa membuatmu melihat bagaimana warga asli Oman berinteraksi. Hal yang menarik di Muttrah Souq adalah campuran wewangian yang semerbak di penjuru pasar yang bercampur dengan aroma melati dan rempah-rempah.

Deretan toko yang menjual perhiasan perak, perabot antik khas Oman, lukisan, pipa hookah, kerajinan kulit, hingga pakaian tradisional berwarna cerah dengan dengan bordiran cantik, dan beragam scarf dengan warna-warna indah. Kondisi gelap saat menjelajahi Muttrah Souq akan memberi kejutan tersendiri saat melihat barang-barang yang dijual di sana.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Jika ingin berkunjung ke Muttrah Souq, sediakan banyak waktu agar kamu bisa menikmati suasana dan melihat-lihat beragam suvenir cantik di sini. Pasar ini masih sepi saat pagi hingga siang hari. Pengunjung akan mulai berdatangan dan memenuhi pasar di atas jam enam malam.

Facebook Comments