1
Serba-serbi Ramadhan

Ini Dia 9 Pasar Ramadhan yang Populer di Indonesia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bulan Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu umat Islam di dunia. Bahkan bulan Ramadhan kerap dihiasi dengan berbagai kemeriahan pasar menjelang waktu berbuka puasa. Tak hanya berburu takjil, ada banyak makanan dan jajanan yang bermunculan yang hanya bisa kamu beli di bulan Ramadhan

9 Pasar Ramadhan yang Populer di Indonesia

Di Indonesia sendiri ada beragam pasar kaget yang buka di bulan Ramadhan. Bahkan pasar-pasar tersebut cukup populer loh! Simak yuk ulasannya!

1. Pasar Tiban Legendaris, Pasar Sore Kauman

Pasar Sore Kauman merupakan salah satu pasar Ramadhan di Jogja yang melegenda ketika Ramadhan tiba. Pasar ini berada di Kampung Kauman yang berdekatan dengan Masjid Gedhe Kauman. Lokasinya sangat unik karena berlokasi di suatu gang yang membentuk lorong dengan lebar kurang dari dua meter.

Di Pasar Sore ini Kauman ini kamu bisa menemukan aneka kuliner khas yang hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadhan seperti kicak, jadah manten, clorot, sarang gesing, kacang kumbon, lumpur, bubur saren, serabi kocor, dan kipo.

Baca juga: Apa Itu Malam 17 Ramadhan? Simak Penjelasannya di Sini!

2. Gempita Pasar Menjelang Berbuka, Pasar Ramadhan Jogokaryan

Selanjutnya Pasar Jogokaryan adalah pasar yang cukup populer dan menjadi bagian dari program Kampoeng Ramadhan Masjid Jogokaryan. Sedikit berbeda dari Pasar Kauman, pasar ini tak hanya menyediakan kue dan makanan basah, tapi juga berbagai macam perlengkapan ibadah seperti mukena dan baju takwa. Tidak ketinggalan juga kue-kue kering untuk persiapan lebaran. Salah satu jajanan yang wajib kamu coba adalah pempek bakar.

3. Pasar Ramadhan Banda Aceh

Kota di ujung utara Pulau Sumatera ini terkenal lekat dengan ajaran Islam sehingga nuansa Ramadhan di sana pun terasa begitu kental. Biasanya setelah Ashar, pasar Ramadhan di Banda Aceh mulai bergeliat. Beberapa lokasi yang populer adalah Jalan Lampisang, Simpang Lima, Darussalam, dan Pasar Aceh dekat Masjid Raya Baiturrahman. Untuk camilan, kamu bisa mencoba menu khas Aceh seperti mi caluk, kue boi, meuseukat halua breuh, timpan, dan rujak Aceh.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

4. Pasar Kaget Bendungan Hilir Jakarta

Sementara di Jakarta, ada di Bendungan Hilir alias Benhil. Selama bertahun-tahun, Benhil melayani ribuan pengunjung. Berburu kolak, es buah, bubur sumsum, hingga jajanan berat seperti pempek dan batagor. Selain di Benhil, pasar Ramadhan terkenal di Jakarta ada di kawasan Sunda Kelapa, Kramat Raya, dan kawasan Gandaria di Jakarta Selatan.

webinar umroh.com

5. Ngabuburit di Pasar Kotagede

Lalu ada Pasar Kotagede yang sudah menjadi favorit warga lokal maupun wisatawan yang berburu jajanan khas Jogja sejak dulu. Pada bulan Ramadhan, pasar ini makin dipadati penjual makanan takjil. Tak hanya memadati area pasar, para pedagang juga sampai meluber ke area trotoar loh. Mulai dari es buah sampai roti bakar, dijamin ada banyak makanan lezat.

Tak hanya beroperasi saat menjelang waktu berbuka, beberapa pedagang juga ada yang memilih berjualan di waktu sahur lho! Jadi, kamu tidak perlu khawatir mencari makanan saat sahur tiba karena Pasar Kotagede bisa menjadi tempat yang sempurna.

6. Bazaar Ramadhan Lapangan Denggung

Pasar kaget Ramadhan selanjutnya adalah pasar yang digagas oleh Dinas Pasar Kabupaten Sleman. Pasar ini cukup populer lantara lokasinya dekat dengan Taman Bermain Denggung menjadikan pasar ini sebagai spot yang tepat untuk berbuka setelah berjalan-jalan. Aneka makanan dan jajanan yang dijual juga cukup lengkap dan murah. Salah satu yang sudah terkenal adalah Mie Aceh Lapangan Denggung.

Tak hanya menjadikan Anda tamu istimewa Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk download aplikasinya sekarang juga!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

7. Pasar Ramadhan Surabaya

Yang juga sayang dilewatkan adalah pasar Ramadhan di Surabaya. Lokasinya ada di Pasar Blauran dan Pasar Atom. Tersedia ragam jajan pasar Jawa sebagai menu takjil seperti klepon, lupis, putu, gethuk, dan ketan hitam. Menu lainnya yang juga enak adalah bubur Madura, kue lumpur, dan bongko menthuk.

8. Pasar Wadai Banjarmasin

Umroh.com merangkum, pasar Ramadhan yang populer di Banjarmasin dikenal dengan nama Pasar Wadai. Lokasinya berpindah-pindah seperti sempat ada di Taman Kamboja. Pasar Ramadhan yang dikelola pemerintah daerah setempat ini pun menghadirkan ratusan penjaja kuliner. Menunya khas Kalimantan Selatan seperti bingka kentang, amparan tatak, tapai, bubur sumsum, dan banyak lainnya. Di sini juga menjual makanan Timur Tengah seperti roti maryam, nasi kebuli, dan kari kambing.

9. Pasar Ramadhan di Pantai Losari Makassar

Ibu kota Sulawesi Selatan ini punya ikon wisata terkenal, Pantai Losari. Selama Ramadhan, pantai ini akan disulap jadi pasar Ramadhan dengan berbagai menu takjil. Yang wajib dicoba adalah es palu butung, pisang epe, jalangkote, dan barongko. Mampir ke Pantai Losari juga bisa menunggu magrib dengan melihat pemandangan indah matahari terbenam di pantai.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Itulah 9 pasar Ramadhan populer di Indonesia yang wajib kamu coba. Jangan sampai ketinggalan sensasi Ramadhan di sana ya!