1
Doa

Pengertian Adzan dan Manfaatnya Bagi Umat Muslim

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Di antara rahasia sholat adalah mengetahui hikmah dan tatacara memperlakukan diri ketika telinga mendengar adzan. Adzan seharusnya menjadi tanda panggil dari Yang Maha Kuasa, hati yang baik akan merasa terpanggil untuk menyambutnya. Tentu umat islam tidak asing lagi dengan maknda dan pengertian adzan dan juga manfaatnya dalam kehidupan sehari – hari.

Dengan perasaan yang penuh gembira dan kebahagiaan, bukan dengan perasaan yang memberatkan. Adzan ibarat panggilan dari sang kekasih yang lama telah di rindukan. Sesungguhnya mereka yang bersegera menjawab panggilan ini nanti di hari akhir akan dipanggil dengan lembut oleh Allah SWT.

Baca juga : Bisa Dicoba! Begini Bunyi Doa saat Terlanjur Ghibah

Makna Adzan

Secara bahasa adzan bermakna al i’lam yang berarti pengumuman atau pemberitahuan, sebagaimana firman Allah Ta’ala,

وَأَذَانٌ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ إِلَى النَّاسِ يَوْمَ الْحَجِّ الأكْبَرِ أَنَّ اللَّهَ بَرِيءٌ مِنَ الْمُشْرِكِينَ وَرَسُولُه

“Dan pengumuman dari Allah dan Rasul-Nya kepada ummat manusia di hari haji akbar bahwa Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari kaum musyrikin…..” (QS. At Taubah: 3)

Sedangkan menurut istilah adzan adalah pemberitahuan bahwa waktu sholat telah tiba dengan menggunakan lafal-lafal tertentu dan cara tertentu. (Al-Mausû’ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah: 2/489)

Umroh.com merangkum, suara adzan diperdengarkan saat memasuki waktu-waktu sholat, seperti pertanda masuknya waktu Maghrib, Isya, Zhuhur, Ashar, Magrib, Isya, dan Subuh. Bilal menambahkan adzan pertama sebelum Subuh sebagai bentuk peringatan bagi mereka yang akan menunaikan ibadah puasa.

webinar umroh.com

Jumhur ulama sepakat bahwa hukum adzan adalah fardhu kifayah. Artinya jika salah satu di antara kaum muslimin telah mengumandangkan adzan ketika masuk waktu sholat, maka gugurlah kewajiban atas seluruh umat muslim yang lain. sebaliknya apabila telah masuk waktu sholat dan tidak ada orang yang mengumandangkan adzan, maka semua penduduk yang ada di tempat tersebut akan berdosa.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Lafazd adzan mencakup kandungan akidah seorang muslim, sehingga Imam Al Qadhi Iyadh berpendapat: “Ketahuilah, bahwa adzan adalah kalimat yang berisi akidah iman yang mencakup jenis-jenisnya. Yang pertama, menetapkan Dzat dan yang seharusnya dimiliki Dzat Allah dari kesempurnaan dan suci dari lawan kesempurnaan.

Dan itu terkandung pada ucapan “Allahu Akbar”. Lafadz ini, walaupun sangat ringkas, namun sudah menjelaskan apa yang telah kami sebutkan di atas. Kemudian (yang kedua), menegaskan keesaan Allah dan penolakan sekutu yang mustahil ada bagiNya. Ini merupakan dasar dan tonggak iman, dan tauhid yang di dahulukan ada di atas segala tugas agama lainnya. Kemudian menegaskan penetapan kenabian dan per sakisan akan kebenaran risalah (kerasulan) bagi Nabi kita, Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

sosok yang pertama kali mengumandangkan adzan
source: shutterstock

Dan ini merupakan kaidah agung setelah syahadat tentang keesaan Allah. Kemudian mengajak kepada ibadah yang diperintahkan. Mengajak untuk sholat dan menjadikannya setelah penetapan kenabian, karena kewajibannya diketahui melalui Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bukan melalui akal.

Kemudian mengajak kapada kemenangan, yaitu kekal di dalam kenikmatan yang abadi. Pengertian adzan disini terdapat isyarat untuk perkara-perkara akhirat dalam hal kebangkitan dan pembalasan yang merupakan akhir masalah aqidah Islam. Lalu hal itu diulang-ulang dengan iqamat sholat untuk memberitahu mulainya.

Di dalam pengertian adzan ini mengandung penegasan iman dan pengulangan penjelasan iman ketika memulai suatu ibadah dengan hati dan lisan, dan agar orang yang sholat senantiasa berada di atas kejelasan amalannya dan ilmu tentang imannya, serta merasakan keagungan sholat dan keagungan Dzat yang disembah serta pahala yang besar”.

Imam Al Qurthubi juga menyatakan: “Adzan, walaupun lafadznya sangat ringkas, namun mengandung banyak masalah akidah; karena adzan dimulai dengan takbir yang mengandung penetapan keberadaan dan kesempurnaan Allah. Kemudian diikuti dengan penetapan tauhid dan menafikan syirik. Lalu penetapan risalah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dan ajakan untuk menaati Beliau secara khusus setelah syahadat (persaksian) tentang risalah (kerasulan), karena tidak diketahui ibadah sholat tersebut kecuali dari jalan rasul di dalam pengertian adzan. Kemudian ajakan kepada kemenangan, yaitu kekekalan dan berisi isyarat tentang hari pembalasan, lalu diulang-ulang sebagai penegasan. Sehingga dari adzan didapatkanlah pemberitahuan tentang masuk waktu sholat, ajakan berjamaah dan menampakkan syiar Islam”.

Jadilah tamu istimewa Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Keutamaan Adzan

Sebagaimana amalan-amalan wajib yang lainnya, dalam syariat Islam, adzan juga memiliki banyak keutamaan yang telah Allah ta’ala janjikan. Di antara bentuk keutamaan tersebut adalah:

1. Suara adzan akan membuat setan lari terbirit – birit

Sebagaimana riwayat dari Abu Hurairah r.a, ia menceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila diserukan adzan untuk sholat, syaitan pergi berlalu dalam keadaan ia kentut hingga tidak mendengar adzan. Bila muadzin selesai mengumandangkan adzan, ia datang hingga ketika diserukan iqamat ia berlalu lagi…” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Muadzin akan memperoleh pahala yang besar

Dari Abu Hurairah r.a, ia mengabarkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Seandainya orang-orang mengetahui besarnya pahala yang didapatkan dalam adzan dan shaf pertama kemudian mereka tidak dapat memperolehnya kecuali dengan undian niscaya mereka rela berundi untuk mendapatkannya…” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Seorang muadzin akan di panjangkan lehernya pada hari kiamat

Dari Muawiyah r.a, ia berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda:

Para muadzin adalah orang yang paling panjang lehernya pada hari kiamat.” (HR. Muslim)

4.Mendengarkan suara adzan akan menjadi saksi di hari kiamat

Sebagaimana riwayat dari Abu Sa’id Al-Khudri r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah jin dan manusia serta tidak ada sesuatu pun yang mendengar suara lantunan adzan dari seorang muadzin melainkan akan menjadi saksi kebaikan bagi si muadzin pada hari kiamat.” (HR. Bukhari no. 609)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

5. Muadzin akan diampuni dosanya sejauh jarak suara adzannya

Sebagaimana riwayat dari Ibnu Umar r.a, Rasulullah SAW bersabda:

“Diampuni bagi muadzin pada akhir adzannya. Dan setiap yang basah atau pun yang kering yang mendengar adzannya akan memintakan ampun untuknya.” (HR. Ahmad)