1
Muslim Lifestyle

Pengertian dan Contoh Sabar dalam Pandangan Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Islam agama sempurna yang mengajarkan kebaikan di dunia dan akhirat sesuai dengan syariatnya. Salah satu tanda kehidupan manusia adalah dengan adanya ujian yang diberikan oleh Allah SWT untuk menguji seberapa besar keimanan dan ketakwaan kita dalam menghadapi ujian tersebut. Terdapat pengertian dan contoh sabar yang harus anda ketahui lebih dalam lagi supaya dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain itu,  ujian-ujian yang kita hadapi juga akan menambah kedewasaan cara pikir dan cara bersikap kita dalam kehidupan sehari-hari sehingga dari tiap-tiap tingkatan ujian yang kita hadapi tersebut akan membentuk diri kita menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga : Ini 5 Minuman Halal di Jepang yang Sukses Bikin Ngiler!

Pengertian Sabar dalam Pandangan Islam

Sabar dalam bahasa adalah suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sabar itu bentuk kemampuan pengendalian diri sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang dimilikinya.

Semakin tinggi kesabaran yang seseorang miliki maka semakin kokoh juga ia dalam menghadapi segala macam masalah yang terjadi dalam kehidupan. Sabar sendiri berasal dari bahasa Arab yakni sobaro yasbiru berarti menahan. Menurut istilah sabar ialah menahan diri terhadap segala kesulitan, kesedihan, maupun menahan diri ketika menghadapi sesuatu yang kurang disukainya.

Sikap sabar sesuatu kekuatan, daya positif yang mendorong jiwa untuk menunaikan suatu kewajiban. Dan di samping itu pula bahwa sabar adalah suatu kekuatan yang menghalangi seseorang untuk, melakukan kejahatan. Sabar dalam agama Islam memiliki keutamaan dan manfaat yang sangat besar. Karena sabar adalah termasuk perilaku mulia yang sangat perlu untuk di lakukan oleh seluruh umat.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Dengan sabar masalah yang kita hadapi jadi terasa lebih ringan, dengan sabar masalah yang kita hadapi bisa diselesaikan dengan lebih efektif, sabar masalah yang kita hadapi dapat diselesaikan tanpa menyisakan rasa sakit hati atau menimbulkan rasa sakit hati lainnya, dengan sabar pula kita akan senantiasa menjalani kehidupan dengan lebih tenang dan tenteram tanpa merasa gelisah apalagi bermuram hati.

Contoh Sabar dalam Kehidupan

hadits tentang riya

Sikap sabar sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Semua tingkah laku, sikap, dan sifat sudah di contohkan Allah SWT melalui Rasulullah SAW. Rasulullah tidak mudah menyebarkan agama Islam. Banyak tantangan dan rintang yang harus beliau lalui. Namun beliau pantang menyerah untuk menyiarkan agama Islam. Ia tetap tabah dan sabar meskipun diolok-olok oleh kaum kafir.

webinar umroh.com

Ciri-ciri orang sabar yaitu, ketika diagungkan ia kemudia di hina, ketika berlaku jujur ia dituduh sebagai pembohong, ketika menyeru orang-orang menuju kebenaran ia di cerca, ketika ia menuntut haknya mereka menentangnya. Segala cobaan dan ujian itu kuncinya adalah kesabaran.

Temukan Paket Umroh Menarik Hanya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Berikut ini contoh sabar dalam kehidupan sehari-hari menurut pandangan Islam, diantaranya.

1. Sabar dalam ketaatan

Umroh.com merangkum, dalam melaksanakan perintah Allah SWT bukanlah hak yang mudah bagi sebagian orang, maka akan terasa berat sehingga membutuhkan kesabaran yang tinggi. Seperti sabar menahan diri dari sifat malas supaya tetap istiqomah dalam menjalankan kewajiban sholat tepat waktu, sabar menjalankan puasa yakni sabar menjaga lisan, hati serta pikiran, sabar dalam menuntut ilmu, dan sabar melakukan hal yang lainnya. Semua itu butuh keteguhan dan keimanan seperti memegang bara api

2. Sabar dalam menghadapi cobaan dan musibah

Bersabarlah atas cobaan, ujian, dan musibah yang menimpanya. Memiliki keyakinan bahwa Allah tidak akan menguji hambaNya di luar batas kemampuan dari hambaNya. Apabila mendapatkan cobaan, makan bersabar dan ikhlas dengan apa yang menimpanya tersebut. Karena sesungguhnya Allah SWT bersama dengan orang-orang sabar. Semakin besar cobaan yang diterima niscaya semakin dekat pula datangnya kemenangan. Pengertian dan contoh sabar memiliki banyak makna dari masing – masing sumber dan bisa menjadi referensi sendiri untuk Anda.

3. Sabar dalam kemaksiatan

Maksud dari sabar dalam kemaksiatan adalah menjauhi segala sesuatu yang haram dan dilarang Allah SWT. Segala bentuk maksiat itu memang menyenangkan, tetapi Allah SWT melarangnya sehingga orang-orang beriman wajib untuk menjaga dan menahandiri dari segala bentuk maksiat.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Syaikh Zaid bin Muhammad bin Hadi Al Madkhali mengatakan, “Bersabar menahan diri dari kemaksiatan kepada Allah, sehingga dia berusaha menjauhi kemaksiatan, karena bahaya dunia, alam kubur dan akhirat siap menimpanya apabila dia melakukannya. Dan tidaklah umat-umat terdahulu binasa kecuali karena disebabkan kemaksiatan mereka, sebagaimana hal itu dikabarkan oleh Allah ‘azza wa jalla di dalam muhkam al-Qur’an.