1
Serba-serbi Ramadhan

Asal dan Pengertian Ngabuburit Hingga Terkenal Hingga Sekarang

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bagi setiap umat muslim, tentunya sudah tidak akan asing mendengar kalimat ngabuburit. Apalagi jika sudah masuk pada bulan puasa, maka kalimat ngabuburit akan sering kita dengar. Bahkan sebagian besar dari umat muslim yang berada di Indonesia sudah tidak familiar lagi mendengar kalimatnya saja, tapi belum banyak yang tahu pengertian ngabuburit dan asalnya.

Istilah ngabuburit ini akan sering kita dengar dan kenal lebih mendalam pada saat bulan puasa Ramadhan telah datang. Karena pada saat itulah istilah ngabuburit menjadi lebih identik, aksis dan mendapatkan tempat tersendiri dari lingkungan sekitar kita. baik itu kerabat, keluarga yang mengucapkan, bahkan sahabat atau teman dan orang-orang yang kita kenal seperti guru, dosen, rekan kerja dan masih banyak lainnya.

Baca juga : 11 Tips Mengajarkan Anak Puasa yang Ampuh

Asal Istilah Ngabuburit

Dengan seiringnya perkembangan zaman yang sedemikian maju. Istilah ngabuburit dikenal sebagian besar orang melalui penggunaan istilah yang sangat intensitas di media televisi. Dimana pada saat bulan Ramadhan telah tiba, maka semua channel televisi akan menayang-kan acara-acara yang bertemakan topik dari ngabuburit itu sendiri. Sehingga ngabuburit itu sendiri menjadi kata yang baku dan sudah tidak asing bagi masyarakat muslim di Indonesia.

Ngabuburit biasanya di-identikkan dengan bulan puasa. Ngabuburit itu sendiri merupakan istilah yang berasal dari bahasa Sunda. Bagi yang sudah mengerti dan paham bahasa sunda itu sendiri pastinya sudah mengetahui apa itu ngabuburit.

Umroh.com merangkum, ngabuburit berasal dari kata dasar dalam bahasa sunda yaitu burit. Kata burit artinya sore. Ketika diberi imbuhan, maka kata burit akan menjadi ngabuburit yang artinya adalah melakukan kegiatan di sore hari. Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia itu sendiri ngabuburit dituliskan berdasarkan dari kata kerja dalam bahasa Sunda. Kemudian mengabuburit diartikan menunggu adzan maghrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadhan.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Pengertian Ngabuburit

Kebanyakan dari semua orang juga mengenai istilah ngabuburit dengan sebutan sebagai menunggu waktu berbuka puasa. Kata menunggunya itu sendiri lebih ditekankan dengan cara melakukan aktivitas atau kegiatan tak rutin sambil menunggu adzan maghrib tiba untuk berbuka puasa.

Namun jika diteliti lebih mendalam lagi, istilah dari kata “burit” tidak ada hubungannya dengan puasa saja. Mungkin karena buka puasa itu dilakukan saat petang (maghrib), dimana peralihan antara sore dan malam hari. Maka pada akhirnya istilah ngabuburit pun digunakan, dan diucapkan oleh banyak orang, banyak sudah menjadi identik di bulan puasa dan artinya dipersempit menjadi menunggu saatnya berbuka puasa.

webinar umroh.com

Kegiatan Positif dan Negatif dari Ngabuburit

Bagi orang yang tinggal di kota, maka biasanya akan melakukan kegiatan positif seperti jalan-jalan ke suatu tempat seperti taman, mencari takjil bersama kerabat, keluaga atau bahkanw sahabat, sambil menunggu datangnya adzan maghrib tiba. Lalu ada juga yang menghabiskan waktunya dengan beritikaf  di masjid seperti bersholawatan bersama, ngaji bersama dan masih banyak lagi, atau bahkan ada juga yang berbelanja untuk kebutuhan lebaran.

Wujudkan niat baik Anda melihat kabah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Dan sebagian lainnya melakukan kegiatan hang-out atau pergi berbelanja dengan sahabat atau temannya. Jika di kota melakukan jalan-jalan ke mall atau bahkan menghabiskan waktunya dengan pergi hang-out bersama teman-temannya, maka lainnya halnya di desa. Kegiatan ngabuburit di desa tentunya berbeda dengan di kota. Di desa biasanya banyak melakukan ngabuburit dengan pergi bersepeda bersama teman-temannya sambil menunggu adzan maghrib tiba.

Atau bermain bersama teman-teman dengan menggunakan permainan tradisional seperti bermain karet atau petak umpet. Ngabuburit juga ada sisi negative nya, salah satunya adalah dengan menyalahi peraturan ngabuburit itu sendiri dan merugikan orang lain, seperti ajang balap-balapan liar, konvoi dengan anarkis, maka hal ini lah yang dapat disebutkan sebagai sisi negatif dari ngabuburit itu sendiri.

Hakekat Sebenarnya dari Ngabuburit

Jika kita merujuk kepada kegiatan ngabuburit yang asalnya dari daerah jawa barat. Hakekat dari ngabuburit yang dijalani oleh masyarat sunda yang jauh di masa lalu, kebanyakan masyarakat pada zaman dahulu menghabiskan waktu ngabuburit di dalam surau atau masjid. seperti mengaji dengan ustad dan kyai dengan membaca kitab suci Al Quran dan bersholawat.

Serta bertujuan untuk mengh-khatamkan Al Quran dalam jangka waktu bulan puasa Ramadhan. Selain itu ngabuburit tempo dulu juga diisi dengan kegiatan dakwah islam untuk mengajak kebaikan dan mengajak kembali pada jalan yang benar yang sesuai dengan tuntunan hadits dan kitab suci Al Quran dengan bertujuan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Karena pada saat bulan Ramadhan atau bulan puasa, maka banyak orang yang berbondong-bondong ingin mendapatkan pahala dan mencari ridho Allah SWT agar menjadi manusia yang jauh lebih baik lagi.

perbedaannya malam nuzulul quran dan lailatul qadar

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Demikian yang dapat disampaikan oleh penulis, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan informasi yang lebih mendalam mengenai apa itu pengertian ngabuburit serta hakekat ngabuburit yang sesungguhnya.