1
Muslim Lifestyle

Penting! Inilah Dalil Tentang Aqidah yang Wajib Dipahami

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Setiap umat muslim harus memiliki aqidah yang benar. Dalil tentang aqidah menjadi pedoman kebenaran bagi kita. Satu bentuk aqidah pokok yang tercantum dalam dalil adalah rukun iman. Mempercayai Allah SWT, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, serta qada dan qadar. Selain itu, ada banyak dalil tentang aqidah yang menunjukkan keesaan sekaligus kekuasaan Allah.

Dalil bahwa Allah yang Menciptakan Manusia

“Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka, Siapakah yang menciptakan mereka? niscaya mereka menjawab Allah. Maka bagaimana mereka dapat dipalingkan (dari menyembah Allah)”. (QS.Az Zukhruf: 87).

Baca juga: Harus Senantiasa Dikuatkan, Ini 6 Fungsi Aqidah

Dalil bahwa Allah yang Menciptakan Langit dan Bumi

“Sesungguhnya Tuhan kalian, yaitu Allah, Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam 6 hari, kemudian Dia beristiwa di atas Arsy.” (QS.Al A’raf: 54).

“Sungguh Aku telah menciptakan langit dan bumi serta segala yang ada diantara keduanya dalam 6 hari, dan Aku tidak merasa lelah.” (QS.Qaf: 38).

“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas `Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa`at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran?” (QS.Yunus: 3).

Dalil bahwa Allah yang Menguasai Langit dan Bumi

“Rabb (yang menguasai) langit dan bumi dan segala sesuatu yang ada di antara keduanya, maka sembahlah Dia dan berteguh hatilah dalam beribadah kepada-Nya. Apakah kamu mengetahui ada seorang yang sama dengan Dia (yang patut disembah)?” (QS.Maryam: 65).

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

“Katakanlah, Siapakah yang mempunyai tujuh langit dan mempunyai Arsy yang besar? Mereka akan menjawab, Kepunyaan Allah. Katakanlah, Mengapa kamu tidak bertaqwa?” (QS.Al Mu’minun: 86-87).

webinar umroh.com

Dalil bahwa Allah yang Mengutus Rasulullah

“Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata” (QS.Al Jumu’ah: 2).

“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul kepada tiap-tiap umat (untuk menyerukan), Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thagut, lalu diantara umat-umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula orang-orang yang telah dipastikan sesat. Oleh karena itu, berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (para rasul)” (QS.An Nahl: 36).

Dalil bahwa Allah yang Memberi Rizki

“Semua yang ada di langit di bumi selalu meminta kepada-Nya, setiap hari Dia (memenuhi) semua kebutuhan (makhluk-Nya)” (QS.Ar Rahman: 29).

Dalil bahwa Hanya Allah yang Berhak Diibadahi

“Allah menyatakan bahwa tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar selain Dia, Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan demikian). Tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar selain-Nya, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS.Ali Imran: 18).

“Padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.” (QS.At Taubah: 31).

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Dalil bahwa Hanya Allah Pemilik Asmaul Husna

“Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS.Al A’raf: 180).

Dalil tentang Perintah Beramal Sholeh karena Allah

“Maka barangsiapa yang mengharapkan perjumpaan dengan Tuhannya hendaklah dia beramal shalih dan tidak mempersekutukan sesuatu apapun dengan-Nya dalam beribadah kepada-Nya.” (QS.Al Kahfi: 110)

Malaikat Jibril Mengajarkan Aqidah Islam pada Rasulullah

Umroh.com merangkum, dari Umar r.a, dia berkata: “Ketika kami duduk-duduk di sisi Rasulullah, suatu hari tiba-tiba datanglah seorang laki-laki mengenakan baju sangat putih dan berambut sangat hitam, tidak tampak padanya bekas-bekas perjalanan jauh dan tidak ada seorang pun di antara kami yang mengenalnya.

Hingga kemudian dia duduk di hadapan Nabi, lalu menempelkan kedua lututnya kepada kepada lututnya (Rasulullah) seraya berkata, ‘Ya Muhammad, beritahukan aku tentang Islam?’, maka bersabdalah Rasulullah, ‘Islam adalah engkau bersaksi bahwa tidak ada illah (Tuhan yang disembah) selain Allah, dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, engkau mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan pergi haji jika mampu’.

Kemudian lelaki itu berkata, ‘Anda benar’. Kami semua heran, dia yang bertanya dia pula yang membenarkan. Dia bertanya lagi, ‘Beritahukan aku tentang Iman’. Lalu Rasulullah bersabda, ‘Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk’. Kemudian dia berkata, ‘Anda benar’.

Kemudian dia berkata lagi, ‘Beritahukan aku tentang ihsan’. Lalu Rasulullah bersabda, “Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatnya, jika engkau tidak melihatnya maka Dia melihat engkau’.

Kemudian dia berkata, ‘Beritahukan aku tentang hari kiamat (kapan kejadiannya)’. Beliau bersabda, ‘Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya’. Dia berkata, ‘Beritahukan aku tentang tanda-tandanya’. Rasulullah bersabda, ‘Jika seorang hamba melahirkan tuannya dan jika engkau melihat seorang bertelanjang kaki dan dada, miskin dan penggembala domba, (kemudian) berlomba-lomba meninggikan bangunannya’.

Kemudian orang itu berlalu, dan aku berdiam sebentar. Lalu Rasulullah bertanya, ‘Tahukah engkau siapa yang bertanya?’. Aku berkata, ‘Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui’. Rasulullah bersabda, ‘Dia adalah Jibril yang datang kepada kalian (bermaksud) mengajarkan agama kalian’. (HR.Muslim)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Hadist Tentang Rukun Islam

Dari Abu Abdurrahman, Abdullah bin Umar bin Al-Khattab r.a dia berkata: ‘Saya mendengar Rasulullah bersabda, ‘Islam dibangun di atas lima perkara. Bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan bahwa Nabi Muhammad utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan haji dan puasa Ramadhan’. (HR.Tirmizi dan Muslim). Dalil tentang aqidah ini menjadi pedoman mendasar bagi setiap muslim.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.