1
Serba-serbi Ramadhan

Penuh Berkah, Ini Amalan Malam Nuzulul Quran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Tidak ada manusia yang ingin tersesat dalam menjalani kehidupan di dunia. Tersesat dalam arti terjerumus maksiat, tak punya tujuan hidup, sulit menjalani hidup, banyak berbuat dosa, hingga akhirnya mendapat keburukan di akhirat. Agar kita tak tersesat, Allah menurunkan ‘buku panduan’ bagi seluruh umat manusia. Panduan itu diturunkan melalui Rasulullah dalam bentuk Al Quran.

Pentingnya kedudukan Al Quran dalam hidup manusia membuat kita patut untuk memperingati turunnya Al Quran. Selama ini, kita mengenal peringatan turunnya Al Quran sebagai Nuzulul Quran.

Seharusnya kita tidak hanya memperingati Nuzulul Quran di tanggal 17 Ramadhan, tetapi setiap hari selama Ramadhan. Sebab bulan Ramadhan merupakan waktu diturunkannya Al Quran. Allah berfirman, “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS.Al Baqarah: 185).

Baca juga: Inilah Penjelasan Tentang Nuzulul Quran

Turunnya Al Quran juga merupakan malam yang diberkahi. Alah berfirman, “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi” (QS.Ad Dukhan: 3). Di malam yang penuh berkah itu, ada baiknya kita mengerjakan berbagai amalan sholeh agar mendapatkan berkah dari Allah. Berikut ini amalan Nuzulul Quran yang bisa kita lakukan.

Amalan Nuzulul Quran

1. Membaca Al Quran

Dituturkan Sahabat Abdullah bin Abbas, “Dahulu Malaikat Jibril senantiasa menjumpai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada setiap malam Ramadhan, dan selanjutnya ia membaca Al Qur’an bersamanya” (HR.Bukhari). Itulah teladan Rasulullah dalam mengerjakan amalan di malam Nuzulul Quran.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Memperbanyak membaca Al Quran juga dilakukan oleh para ulama terdahulu. Mereka memperbanyak membaca Al Quran di bulan Ramadhan, hingga bisa mengkhatamkannya puluhan kali dalam sebulan.

2. Tadabur Al Quran

Umroh.com merangkum, selain membaca Al Quran, amalan lain yang dianjurkan saat malam Nuzulul Quran ialah mentadaburi Al Quran. Bukan hanya membaca, kita juga harus mengetahui arti sekaligus meresapi maknanya.

webinar umroh.com

Al Quran menjadi pedoman umat manusia. Akan lebih baik jika kita memahami apa yang Allah sampaikan melalui kitab tersebut. Dengan begitu, kita bisa memahami cara mencapai kebaikan di dunia dan akhirat.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

3. Sholat Malam

Di malam Nuzulul Quran di bulan Ramadhan, kita juga bisa menghiasinya dengan melakukan sholat malam. Ada banyak keutamaan melaksanakan sholat malam, terutama di bulan Ramadhan. Di antaranya, dosa kita diampuni atas izin Allah.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa melaksanakan sholat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni” (HR.Bukhari).

Ketika mengerjakan sholat malam, kita bisa meniru Rasulullah dengan membaca surat-surat panjang. Dahulu, Sahabat Huzaifah pernah sholat di belakang Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, dan mendapati beliau membaca surat-surat panjang.

“Pada suatu malam di bulan Ramadhan, aku sholat bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalam bilik yang terbuat dari pelepah kurma. Beliau memulai sholatnya dengan membaca takbir, selanjutnya beliau membaca doa:

الله أكبر ذُو الجَبَرُوت وَالْمَلَكُوتِ ، وَذُو الكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ

Selanjutnya beliau mulai membaca surat Al Baqarah, sayapun mengira bahwa beliau akan berhenti pada ayat ke-100, ternyata beliau terus membaca. Sayapun kembali mengira: beliau akan berhenti pada ayat ke-200, ternyata beliau terus membaca hingga akhir Al Baqarah, dan terus menyambungnya dengan surat Ali Imran hingga akhir. Kemudian beliau menyambungnya lagi dengan surat An Nisa’ hingga akhir surat. Setiap kali beliau melewati ayat yang mengandung hal-hal yang menakutkan, beliau berhenti sejenak untuk berdoa memohon perlindungan. Sejak usai dari sholat Isya’ pada awal malam hingga akhir malam, di saat Bilal memberi tahu beliau bahwa waktu sholat subuh telah tiba beliau hanya sholat empat rakaat” (HR.Ahmad dan Al Hakim).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

4. I’tikaf

Berdiam diri di masjid (i’tikaf) juga menjadi amalan yang dianjurkan ketika malam Nuzulul Quran. Amalan yang bisa kita kerjakan selama i’tikaf ialah membaca Al Quran beserta maknanya, berdzikir, berdoa, atau melaksanakan sholat malam. Dengan begitu, kita bisa mendekatkan diri kepada Allah di malam-malam yang mulia.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.