1
Serba-serbi Ramadhan

Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi dan Sejarahnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bagi kita, perayaan Idul Fitri menjadi hari raya terbesar. Namun tidak demikian bagi masyarakat di Timur Tengah, perayaan Idul FItri di Arab Saudi. Di sana, hari raya terbesar adalah Idul Adha. Walaupun Idul Fitri bukan hari raya terbesar di Arab Saudi, namun bukan berarti perayaan Idul Fitri di Arab Saudi berjalan tanpa makna. Pada tanggal 1 Syawal tersebut, ternyata mereka juga melakukan tradisi yang tidak jauh berbeda dengan masyarakat di Indonesia.

Sejarah Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi

Idul Fitri pertama kali dirayakan di tahun kedua Hijriyah. Di tahun itu pula, kaum muslimin pertama kali melaksanakan puasa Ramadhan. Perayaan Idul Fitri kala itu bertepatan dengan kemenangan kaum muslimin di Perang Badar. Jadi pada saat itu kaum Muslimin merayakan dua kemenangan. Kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, dan kemenangan di Perang Badar.

Sebelum ada Idul Fitri, masyarakat Arab telah memiliki dua hari raya, yaitu Nairuz dan Mahrajan. Biasanya mereka merayakan hari tersebut dengan menggelar pesta dan bersenang-senang. Kemudian islam hadir dengan hari raya baru serta cara perayaan yang berbeda. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah mengganti kedua hari raya itu dengan hari raya yang lebih baik, yakni Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR.Abu Daud dan An Nasa’i)

Tradisi Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi

1. Diawali Dengan Mandi dan Mengenakan Pakaian Terbaik

Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi juga diawali dengan ritual membersihkan diri di pagi hari. Sebelum berangkat shalat Id, mereka biasa melakukan mandi untuk membersihkan diri. Setelah itu, mereka mempersiapkan pakaian terbaik untuk dipakai di hari Raya Idul Fitri.

2. Menggunakan Henna

Selain menggunakan pakaian terbaik, banyak juga para wanita yang menggunakan henna atau daun pacar. Mereka tidak banyak berias saat Ramadhan, sehingga ketika Idul Fitri tiba mereka ingin memakai riasan, termasuk henna. Henna dianggap sebagai riasan yang membuat penampilan mereka tampak lebih baik di hari Idul Fitri.

Baca juga : Aturan Zakat Fitrah, Bisa Berupa Uang atau Beras

3. Sholat Id Berjamaah

Umroh.com merangkum, ibadah yang dilakukan saat perayaan Idul Fitri di Arab Saudi adalah menunaikan shalat Id berjamaah. Biasanya, shalat Id di Arab Saudi diselenggarakan di masjid-masjid atau tanah lapang.

4. Bersilaturahmi Dengan Keluarga

Setelah menunaikan shalat Id, mereka akan mengunjungi kerabat atau berkumpul bersama keluarga besar untuk menikmati sarapan bersama. Mereka menikmati makan pagi di hari pertama bulan Syawal dengan keluarga, setelah sebulan penuh berpuasa.

webinar umroh.com

5. Makan Bersama

Selain makan bersama keluarga, perayaan juga diwarnai tradisi makan bersama dengan orang-orang yang mereka kenal. Orang-orang di Arab Saudi suka makan bersama. Mereka juga dengan senang hati mengundang siapapun, bahkan rekan mereka yang kafir.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

6. Libur Nasional

Untuk memperingati Hari raya Idul Fitri, pemerintah Arab Saudi biasanya memberlakukan libur nasional. Kantor dan sekolah di Arab Saudi akan tutup saat Idul Fitri. Biasanya, libur bersama ini berlangsung selama empat hari. Tujuannya agar masyarakat Arab Saudi bisa menikmati waktu bersama keluarga.

7. Saling Mengucapkan Salam

Sebagai bagian dari perayaan, mereka juga saling mengucapkan salam dan doa ketika bertemu. Salam yang biasa diucapkan adalah:

  • eid mubarak’ yang artinya ‘Id yang berkah’
  • eid sa-id’ yang artinya ‘selamat Id’
  • Kul ‘am wa enta bi-khair’ yang artinya ‘semoga Anda selalu sehat setiap tahun’
  • taqabbalallahu minna wa minkum’ semoga Allah menerima amal kita dan amalmu’

8. Bertukar Hadiah

perayaan idul fitri di Arab Saudi

Salah satu tradisi unik dalam perayaan Idul Fitri di Arab Saudi adalah mereka saling bertukar hadiah. Mereka memberikan hadiah kepada orang yang disayangi, atau kepada orang-orang miskin yang membutuhkan. Bagi warga Arab Saudi, hari raya Idul Fiti menjadi saat untuk bersyukur, karena Allah telah memberi kekuatan dan petunjuk selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Misalnya mereka memberikan hadiah uang kepada anak-anak kecil, atau memberikan baju baru kepada kerabat dan orang yang membutuhkan. Tujuannya agar semua bisa bergembira dan berpenampilan terbaik saat Idul Fitri tiba.

Selain uang dan makanan, hadiah yang biasa mereka berikan adalah makanan. Misalnya kue-kue kering, kurma, wewangian Oudh dan Bakhoor, pasmina, bumbu rempah, hingga perabotan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

9. Festival di Pusat Keramaian

Selain merayakan hari raya bersama keluarga, Idul Fitri di Arab Saudi juga diwarnai festival di tempat-tempat ramai. Misalnya pertunjukkan kembang api di pusat perbelanjaan atau di restoran.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.