1
Fashion Tips

Pria Juga Harus Tutup Aurat? Bagaimana Memilih Pakaian Pria yang Baik?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sering kita dengar bahasan tentang aurat wanita. Wanita diwajibkan menutup aurat secara sempurna dengan bagian wajah dan kedua telapak tangan saja yang dapat dilihat oleh lawan jenis. Namun ternyata pria juga punya batasan-batasan aurat tersendiri yang harus dijaga. Pria diwajibkan menutup area pusar sampai dengan lutut. Lalu bagaimanakah model pakaian pria yang baik? Mari kita simak penjelasannya.

Pakaian Menutup Aurat Secara Sempurna

Pakaian muslim yang baku adalah rapi, sopan, dan mampu menutup aurat pemakainya. Karena itu, seorang pria dalam memilih pakaian tetap mengacu aturan baku tersebut. Tidak hanya melihat modelnya yang bagus, namun harus dipastikan aurat tidak terbuka saat melakukan gerakan-gerakan sholat maupun aktivitas lainnya.

Pilih Model Simpel dan Sesuai Kebutuhan

Model pakaian muslim sekarang banyak yang memiliki desain menarik. Banyak pilihan untuk menyelaraskan dengan kepribadian kita masing-masing. Untuk itu pilihlah pakaian muslim yang simpel tidak mencolok saat dikenakan. Pakaian simpel akan mengurangi pandangan miring orang lain terhadap kamu.

Saat santai, kamu bisa memilih baju muslim lengan pendek dipadu celana sarung. Ini untuk menghindari kesan kuno atau kaku. Celana sarung mirip dengan jenis celana kulot, namun potongannya sedikit berbeda. Celana sarung akan membuatmu nyaman beraktivitas sehari-hari.

Sementara baju muslim lengan panjang warna putih yang dipadu dengan celana panjang cocok dikenakan saat menjalani kegiatan formal. Contohnya saat kamu hendak menghadiri acara pernikahan, dengan setelan seperti ini kamu menjadi terlihat sopan dan rapi. Hindari outer atau aksesoris yang berlebihan.

webinar umroh.com

Pilih Warna Netral

Ketika memilih pakaian model simpel, perhatikan pula motif dan warnanya. Pastikan motif sederhana selaras dengan warna yang ditampilkan. Hindari warna yang terlalu mencolok. Warna seperti ini sering kali tidak cocok dengan motif dan tubuh kamu, sehingga akan merusak kesan penampilan syariah kamu.

Pas di Badan

Sesuaikan pakaian yang kamu pilih dengan postur dan ukuran tubuhmu. Jika kamu memilih pakaian dengan ukuran lebih besar atau lebih kecil dari tubuhmu, pasti mobilitas dan kenyamananmu akan terganggu.

Jangan Gunakan Bahan Transparan

Tidak hanya pakaian wanita, saat ini juga beredar model pakaian muslim untuk pria dengan bahan tipis. Hindari pemakaian baju berbahan tipis, apalagi berbahan transparan. Pakaian seperti itu hanya akan memperlihatkan siluet tubuh kamu. Secara syariat, ini berarti aurat kamu sudah terbuka secara tidak langsung. Tentunya kamu tidak mau kan pahala ibadah menjadi berkurang hanya karena bahan pakaian yang tidak sesuai.

Setelah mengetahui penjelasan di atas, kamu jadi lebih mudah memilih pakaian muslim ketika berbelanja. Tetaplah stylish dengan menjaga unsur syar’i ya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.