1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Ramadhan ini, ‘Sedekah Cerdas’

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Di bulan Ramadhan, jutaan Muslim di seluruh dunia menyumbang sangat banyak untuk amal, membantu mereka yang membutuhkan selama bulan puasa.

Namun, banyak yang masih khawatir bahwa sumbangan mereka dapat jatuh ke tangan yang salah atau digunakan secara efektif.

Oleh karena itu, Forum Amal Muslim (MCF), sebuah jaringan amal Muslim Inggris, telah meluncurkan kampanye kesadaran publik untuk memastikan bahwa setiap sumbangan yang dilakukan pada bulan Ramadhan telah tersalurkan dengan aman dan tepat.

“Sudah diketahui bahwa Muslim Inggris sangat bermurah hati dalam pemberian amal mereka, menjadi komunitas agama paling amal di Inggris,” Fadi Itani, CEO Muslim Charities Forum, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh Asianimage.

Dia juga mengatakan bahwa pada Ramadhan terakhir, Muslim Inggris menyumbangkan sekitar £ 130 juta untuk LSM.

“Kami melihat sendiri perbedaan yang dihasilkan oleh sumbangan vital ini, tetapi kami ingin memastikan sumbangan tersebut lebih jauh dan digunakan dengan cara yang seefektif mungkin, itulah sebabnya kami telah meluncurkan kampanye‘ Give Smart Give Safe ’.”

MCF telah membuat daftar beberapa tips untuk memastikan bahwa donasi sesuai dengan tujuan.

  1. Pastikan amal yang ingin Anda dukung terdaftar di Komisi Amal
    Ini adalah pemeriksaan paling dasar yang harus dilakukan, namun beberapa lembaga amal terdaftar dapat didaftarkan sehingga perlu memeriksa apakah semua catatan mereka mutakhir. MCF mendorong semua orang untuk mengunjungi www.gov.uk/checkcharity sebelum memberikan sumbangan pada Ramadhan ini.
  2. Waspadai dampak amal dan bukan hanya biaya adminnya
    Para donator diminta untuk mempertimbangkan tingkat biaya admin yang dimiliki sebuah badan amal. Munculnya beberapa badan amal yang menjanjikan ‘100%’ mungkin terdengar menarik, tetapi pertanyaan mungkin perlu ditanyakan tentang dampak apa yang mereka miliki dalam mendukung mereka yang membutuhkan.
  3. Jika Anda menyumbang secara online, cari ikon gembok atau pesan ‘Aman’ di bilah URL untuk memastikan bahwa sumbangan Anda terlindungi.
    Beberapa badan amal Muslim menerima setengah dari pendapatan Ramadhan mereka melalui sumbangan online. Para donator didorong untuk berhati-hati dalam menyumbang secara online dan pastikan situs web aman.
  4. Jika didekati oleh penggalang dana di jalan atau di luar masjid, mintalah beberapa bentuk identifikasi resmi.