1
Serba-serbi Ramadhan

Sop Buah, Menu Buka Puasa dari Bandung

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.comIklim Indonesia yang tropis memungkinkan berbagai buah-buahan tumbuh di sini. Misalnya nanas, nangka, pisang, belimbing, mangga, dan sebagainya. Banyaknya jenis buah-buahan di Indonesia membuat bangsa kita asik berkreasi dengan berbagai macam hidangan berbahan dasar buah. Salah satunya, sop buah. Hidangan ini menjadi favorit masyarakat kita di saat cuaca sedang terik dan panas.

Jika hidangan sop identik dengan makanan yang hangat dan gurih, lain halnya dengan sop buah. Hidangan ini memiliki cita rasa manis dan segar. Karena itu, sangat cocok dinikmati ketika kita sedang haus. Apalagi dihidangkan sebagai menu buka puasa.

Baca juga: Kolak Biji Salak, Menu Buka Puasa yang Bersejarah

Asal Mula Sop Buah

Umroh.com merangkum, banyak dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia, siapa sangka sop buah mulanya berasal dari kota Bandung. Banyak pakar kuliner meyakini bahwa sop buah mulanya dikreasikan oleh seorang pedagang es yang biasa berdagang di Gedung Sate, Bandung.

Pedagang itu biasa menjajakan dagangannya di belakang Gedung Sate yang sangat ikonik di Bandung itu. Pedagang bernama Pak Ewok itu konon sudah menempati kantin di Gedung Sate sejak tahun 1990-an. JIka kantor libur atau pada saat sore hari, Pak Ewok membawa gerobaknya keluar dari kantin, untuk dibawa menuju halaman belakang Gedung Sate.

Halaman belakang Gedung Sate pada masa itu selalu ramai. Biasanya, di sana banyak anak-anak muda Bandung yang bermain skateboard atau sepeda BMX. Tidak heran, es yang dijajakan Pak Ewok ramai dinikmati pembeli.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Hingga pada suatu ketika, pelanggan Pak Ewok bertambah banyak, sehingga membuat Gubernur yang baru merasa terganggu. Pak Ewok kemudian pindah ke tepijalan Cimandiri, yang ada di belakang Gedung Sate.

Pak Ewok melanjutkan berdagang di area tersebut. Hingga suatu hari, beliau menemukan ide untuk membuat varian dagangan yang terbuat dari buah saja. Untuk membedakan dagangan es campur yang telah ada, Pak Ewok memberi nama dagangan barunya dengan ‘Sop Buah’.

webinar umroh.com

Pak Ewok sengaja tidak memakai nama ‘Es Buah’, karena masyarakat sudah mengenal Es Buah sebagai minuman koktail buah dingin, yang biasanya diisi nanas, pepaya, kolang-kaling, atau bengkoang. Dagangan baru Pak Ewok kala itu memang mirip sop, dengan aneka buah-buahan di dalam kuah manis.

Menu kreasi Pak Ewok itu ternyata banyak digemari oleh masyarakat Bandung. Ramai dikunjungi pembeli, dagangan Pak Ewok itu kemudian menginspirasi banyak orang untuk membuat minuman yang sama. Hingga kemudian, kita banyak menemukan pedagang sop buah di manapun.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paket umroh terbaik cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Resep Sop Buah

Cara membuat Sop buah sebenarnya sangat sederhana. Kita hanya memerlukan beragam jenis buah, serta susu dan gula sebagai kuah. Ada juga yang suka menambahkan santan bening agar kuah semakin gurih. Khusus untuk buah yang besar, potong-potong kecil berbentuk dadu. Semangka, pepaya, atau melon juga bisa disajikan dalam bentuk bulat kecil. Biasanya, kita bisa mengeruk buah itu dengan cetakan berbentuk sendok kecil yang banyak tersedia di pasar.

Bahan yang Dibutuhkan

  1. Siapkan berbagai buah-buahan yang tersedia, atau kita sukai. Kita bisa memakai:
  2. Nanas
  3. Melon
  4. Semangka
  5. Anggur
  6. Pepaya
  7. Stroberi
  8. Buah Naga
  9. Kelengkeng
  10. Es Serut
  11. Air. Jika ingin sop buah yang cita rasanya lebih kaya, air bisa kita ganti dengan susu, santan bening, jus buah, atau yoghurt.
  12. Sirup. Kita bisa menggunakan sirup vanila, sirup lemon, atau sirup beraroma mawar.
  13. Bahan pelengkap lainnya. Seperti agar-agar, jelly, atau biji selasih yang sudah direndam di dalam air selama satu jam.
  14. Susu kental manis. Biasanya yang rasa vanila dan berwarna putih. Namun, kita bisa menggunakan rasa cokelat jika suka.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Cara Membuat

  1. Masukkan potongan buah-buahan yang kita sukai.
  2. Masukkan juga bahan pelengkap, misalnya agar-agar, biji selasih, atau jelly.
  3. Tuang sedikit air bersama dengan es serut secukupnya, sesuai selera
  4. Tuangkan sirup dan susu kental manis, sesuai selera. Jika suka sop buah bercita rasa manis, bisa tuangkan lebih banyak.
  5. Sajikan segera. Bisa diberi hiasan daun mint agar lebih segar.
Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.