1
Muslim Lifestyle

‘Salam Girl!’, Cara Dua Wanita Mualaf Amerika Mengenalkan Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Dua wanita asal Amerika, Nicole Queen & Monica Traverzo, memandu sebuah podcast berjudul ‘Salam, Girl!’.

Banyak Membagikan Kisah Kehidupan Mereka sebagai Mualaf

Uniknya, kedua wanita itu merupakan mualaf. Keduanya banyak membagikan cerita tentang perbedaan gaya hidup yang kini dijalaninya sebagai muslim. Misalnya di episode pertama, mereka bercerita tentang serunya pengalaman pertama memakai hijab. Podcast yang dibuat keduanya menceritakan tentang gaya hidup muslim yang seru, namun tetap berlandaskan pada agama Islam.

Keduanya pernah menampilkan eposide yang menampilkan wawancara dengan para wanita berhijab. Di antaranya merupakan atlet jiujitsu, pembuat film, make up artist, dan sebagainya. Dalam perbincangan, tidak jarang mereka menyelipkan tentang ajaran Islam.

Podcast merupakan salah satu media yang saat ini digandrungi, terutama oleh orang-orang yang dekat dengan internet. Podcast menyajikan informasi lewat media suara. Mirip radio, namun podcast bisa didengarkan di platform yang menyediakan layanan podcast. Podcast bisa didengarkan di Apple Podcast, Spotify, Soundcloud, atau YouTube.

Perjalanan Menemukan Islam

Nicole, adalah seorang wanita yang sebelumnya bekerja di industri dunia malam. Ia banyak bergaul dengan orang-orang yang terbiasa minum minuman keras, berpesta, dan sebagainya. Suatu hari, ia merasa ada yang salah dalam kehidupannya. Ia ingin menemukan sesuatu yang bisa membawanya pada pencerahan.

Nicole kemudian bertemu dengan salah seorang temannya yang beragama Islam. Dengan teman muslimnya tersebut, Nicole banyak berbicara tentang agama, dan kemudian ada seseorang yang kemudian memberinya Al Quran. Pria yang memberinya Quran itulah yang kemudian menjadi suaminya.

Ia kemudian memeluk Islam di tahun 2007. Sejak saat itu, Nicole aktif membagikan kisahnya di YouTube tentang kehidupannya sebagai mualaf, serta persahabatannya dengan rekan-rekan lain yang masih belum memeluk Islam. Ia juga banyak berbicara di depan remaja muslim di masjid-masjid.

Meluncurkan Podcast karena ‘Nyambung’ Saat Berbincang

Di tahun 2010, Nicole bertemu Monica, wanita yang juga seorang mualaf. Keduanya langsung cocok dan ‘nyambung’. Karena keduanya banyak berdiskusi, Nicole mengajak Monica untuk membuat konten YouTube bersama. Monica kemudian menyarankan untuk membuat podcast, yang saat itu mulai naik daun.

webinar umroh.com

November 2018, diluncurkanlah ‘Salam Girl!’, podcast yang mereka asuh. Nama ‘Salam Girl!’ terinspirasi dari cara Monica menyapa Nicole setiap mereka berbincang via telepon. Podcast mereka banyak disukai karena gaya penyampaian mereka yang ceria.

Banyak Bicara tentang Kehidupan Sehari-Hari

Konten-konten podcast mereka banyak bicara tentang kehidupan sehari-hari. Itulah sebabnya mereka menilai banyak orang yang bisa mengikuti obrolan mereka. Nicole menjelaskan bahwa ini adalah cara dakwah mereka. Yaitu dengan menyampaikan cerita sehari-hari yang juga dirasakan oleh banyak orang.

Mulai Merangkul Pendengar NonMuslim

Saat ini, mereka sedang berusaha menarik pendengar nonmuslim juga. Itu karena mulai banyak orang-orang di Amerika yang mulai penasaran dengan Islam. Orang-orang yang ingin tahu bisa mampir ke podcast mereka. Lalu mendengarkan dua gadis Amerika menyampaikan Islam dengan bahasa yang mudah dimengerti, dan dekat dengan kehidupan di sana.

Nicole dan Monica merasa itulah hal yang menarik dari podcast mereka. Sehingga mereka bisa menarik pendengar nonmuslim dengan cara yang hanya diketahui oleh mualaf Amerika. Similarly, mereka memastikan bahwa ketika berhadapan dengan non-muslim Amerika, mereka menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, namun tetap mencerminkan nilai-nilai Islam.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.