1
Motivasi News

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tradisi Ghana tentang Nama Hari

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Di Afrika Barat, bayi baru lahir diberi nama khusus tergantung pada hari mereka dilahirkan. Etnis yang beragam memiliki varian dan makna sebagai simbol integritas budaya dan afiliasi leluhur. Inilah panduan yang perlu Anda ketahui.

Latar Belakang
Sistem penamaan orang-orang Akan sama berbedanya dengan yang penatua di Togo (orang Ewe), orang Ga, Benin (orang Fon), dan diaspora Afrika meneruskan ke balita. Bentuk penamaan tradisional lainnya termasuk nama tengah, yang dapat merujuk pada urutan kelahiran sebagai bagian dari kasta saudara kandung, status kembar, atau bisa menjadi nama gadis warisan.
Selain fakta bahwa nama hari adalah cara sederhana untuk kesamaan, mereka adalah pembuka percakapan dan pembuka percakapan yang mudah.

Sistem
Orang-orang Akan menggunakan sistem ketepatan waktu kelompok bahasa Kwa, yang didasarkan pada minggu enam hari (‘nnanson‘), dengan hari ketujuh inklusif. Di rumah-rumah Ashanti, laki-laki dan perempuan kelahiran Minggu masing-masing dinamai Kwasi atau Kwesi dan Akosua (artinya ‘terkait dengan alam semesta’); Lahir Senin adalah Kwadwo atau Kojo, Adjoa atau Adwoa (berarti ‘terkait dengan perdamaian’); Lahir pada hari Selasa adalah Kwabena atau Kobi, Abena (artinya ‘terkait dengan lautan’); Kwaku atau Kweku yang lahir pada hari Rabu, Akua (artinya ‘terkait dengan laba-laba / Ananse’); Yaw, Kamis lahir, Yaa (berarti ‘terkait dengan bumi’); Kofi, Afia, atau Afua yang lahir Jumat (artinya ‘terkait dengan kesuburan’); dan Kwame yang lahir di hari Sabtu, Ama (artinya ‘terkait dengan Tuhan’).

Anak laki-laki dan perempuan Fanti, di sisi lain, diberi nama hari: Senin – Cudjoe, Kojo, Quajo, Adjoa, Ajuba, Juba; Selasa – Quabena, Abena, Bena; Rabu – Quaco, Aqua, Acooba, Cooba; Kamis – Quaw, Aba, Yaaba; Jumat – Cuffy, Afiba, Fiba; Sabtu – Quame, Quamina, Ama; dan Minggu – Quashie, Quasheba.

Sejarah juga berperan. Budak dari Gold Coast dibawa ke Karibia selama abad ke-18 dan ke-19 disebut sebagai Coromilities. Dengan demikian, orang-orang Ndyuka dan orang tua di Jamaika memberi anak-anak mereka nama hari berikut: Senin – Cudjoe, Kodyo, Adyuba; Selasa – Cubbenah, Abeni; Rabu – Quaco, Kwaku, Akuba; Kamis – Quao, Yaw, Yaba; Jumat – Cuffee, Kofi, Afiba; Sabtu – Quamin, Kwami, Amba; dan Minggu – Quashee, Kwasi, Kwasiba.

Nama yang terkenal
Kebanyakan orang Ghana memiliki setidaknya satu nama dari sistem ini. Presiden pertama Ghana, Kwame Nkrumah, lahir pada hari Sabtu, sedangkan Sekretaris Jenderal PBB ketujuh, Kofi Atta Annan, dinamai demikian karena dilahirkan pada hari Jumat. Model mode populer Ghana-Inggris berusia 25 tahun Adwoa Caitlin Maria Aboah lahir Senin.