1
Travel

Serunya Menjelajahi Turki dengan Kereta Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kereta api pernah menjadi primadona untuk mengunjungi berbagai tempat. Di masa awal-awal berdirinya, Republik Turki pernah memiliki ambisi untuk membangun rel kereta api di penjuru negerinya. Kini, seiring dengan dibangunnya bandar udara hampir di setiap kota, kereta api sudah mulai ditinggalkan.

Akan tetapi, kereta api di Turki kembali dilirik, terutama oleh wisatawan. Kereta api dianggap bisa memberikan pengalaman nostalgia, sambil menikmati pemandangan dan kehidupan lokal dari atas kereta. Jika ingin menjelajahi tempat tertentu, wisatawan tinggal berhenti di stasiun lalu menjelajah kota yang diinginkan.

Ada beberapa kereta yang bisa membawa penumpangnya menjelajahi Turki. Jika Anda juga berminat mengelilingi Turki dengan kereta, ini kereta yang bisa kita gunakan.

Lake Van Express

Kereta Lake Van Express akan mengajak kita berkeliling menikmati pemandangan pegunungan. Penumpang akan dibawa melintasi daerah Ankara, Kırıkkale, Kayseri, Sivas, Malatya, Elazığ, Bingöl dan Muş, lalu berhenti di Tatvan, Distrik Bitlis.

Lake Van Express memiliki delapan gerbong, yang bisa mengangkut 320 penumpang. Kereta ini sangat diminati di musim panas, ketika wisatawan bisa menikmati pemandangan pegunungan hijau sepanjang perjalanan. Selain itu, penumpang juga bisa memperhatikan kebudayaan lokal di setiap daerah yang dilaluinya.

Eastern Express

Kereta ini termasuk kereta pertama yang ada di Turki. Pertama kali beroperasi di tahun 1949, Eastern Express hampir ditutup beberapa tahun lalu karena peminatnya berkurang drastis. Beruntung ada backpacker yang kemudian mengunggah foto-fotonya saat menaiki Eastern Express. Orang-orang yang terpesona dengan keindahan kereta ini mulai tertarik menggunakannya untuk berwisata. Bukan hanya wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara.

Eastern Express berangkat dari Stasiun Kereta Ankara setiap hari, dan melalui berbagai provinsi seperti Kayseri, Sivas, Erzincan dan Erzurum. Untuk bisa sampai di stasiun terakhir, Eastern Express memakan waktu tempuh 24 jam 30 menit. Sepanjang perjalanan, Eastern Express akan berhenti di 53 stasiun.

Semakin banyak wisatawan yang berminat menggunakan Eastern Express untuk berwisata, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki kemudian membuka rute khusus turis. Dari Ankara, kereta turis ini akan berhenti di stasiun Erzincan, İliç dan Erzurum, lalu mengunjungi situs bersejarah dan objek wisata di perjalanan pulang menuju stasiun Divriği and Bostankay.

webinar umroh.com

Kereta khusus wisatawan ini memiliki sembilan gerbong dengan kapasitas 120 penumpang. Perjalanan Eastern Express menuju stasiun terakhir memakan waktu 27 jam.

İzmir Blue Train

Kereta İzmir Blue Train akan membawa kita menikmati pemandangan indah di İzmir. İzmir merupakan salah satu kota wisata di Turki yang terkenal dengan keindahan alamnya, peninggalan bersejarah, serta dikenal sebagai kota resort. Kereta İzmir Blue Train beroperasi antara İzmir dan Eskişehir, dan akan berhenti stasiun Kütahya, Balıkesirdan Manisa. Kereta ini juga menyediakan gerbong makan dan gerbong tidur bagi penumpangnya. Gerbong tidur di kereta ini memiliki fasilitas yang lengkap, seperti dua ranjang, kulkas mini, AC, dan wastafel.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.