play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Doa Muslim Lifestyle

Inilah Definisi Sholat Sunnah Tasbih yang Wajib Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sholat merupakan salah satu rukun islam kedua setelah syahadat, yang wajib kita kerjakan sekalipun sedang diperjalanan. Dalam agama islam Allah SWT mewajibkan umatnya untuk menjalankan ibadah sholat wajib lima waktu dalam sehari. Namun tidak hanya itu, selain menjalankan sholat wajib lima waktu Allah SWT juga mengisyaratkan kita untuk menjalankan ibadah sholat sunnah.

Baca juga: Macam-macam Sholat Sunnah dalam Islam

Pengertian Sholat Sunnah

Umroh.com merangkum, Sholat sunnah atau sholat nawafil merupakan sholat yang dianjurkan untuk di kerjakan namun boleh juga tidak dilakukan, maksudnya yaitu jika di kerjakan dengan penuh ke ikhlasan dan benar maka akan mendapat pahala dan juga kebaikan namun jika tidak di kerjakan tidak berdosa pula, akan tetapi ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengerjakan sholat sunnah, jadi sangat di sayangkan jika kita tidak melaksanakannya.

sholat tasbih adalah
source: shutterstock

Mungkin ada beberapa atau bahkan banyak dari kita yang belum mengetahui tentang macam-macam sholat sunnah yang dianjurkan dalam agama islam. Padahal sejatinya tak hanya melulu sholat sunnah dhuha, tahajud, hajat, dan istikharah saja. Ada beberapa sholat sunnah lain yang mana bila dikerjakan akan memberikan manfaat dan keistimewaannya tersendiri.

Baca juga: Lihat Jadwal Sholat Lengkap untuk Daerah Anda

Diantara banyaknya sholat sunnah yang bisa kita kerjakan, kali ini penulis akan membahas mengenai pengertian dari sholat sunnah tasbih. Mungkin ada beberapa dari kita yang masih bertanya-tanya apa itu sholat sunnah tasbih?

Pengertian Sholat Tasbih

Sholat tasbih adalah sholat sunnah yang didalamnya ada banyak sekali bacaan tasbih yang berbunyi “ Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar “. Sholat sunnah tasbih ini memang tidak begitu di kenal dan bahkan jarang sekali umat islam yang mengamalkannya dengan alasan ketidaktahuannya akan sholat ini. Padahal ini merupakan sholat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah saw karena dengan melakukan sholat sunnah tasbih dapat menghindarkan kita dari perbuatan keji dan juga kemungkaran. Dengan melakukan sholat sunnah tasbih diharapkan kita yang mengamalkannya akan mendapatkan pahala dan timbangan amal baik dari Allah swt, menghapus dosa dosa kita, serta dapat mempermudah menyelesaikan masalah hidup.

Meski hukumnya sunnah, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mengerjakannya seperti yang diungkapkan pada HR. Abu Dawud 1297 yaitu, Jika mampu maka lakukanlah setiap hari, jika tidak, maka lakukanlah satu kali seminggu, jika tidak maka lakukanlah sebulan sekali, jika tidak maka lakukanlah sekali dalam setahun dan jika tidak maka lakukanlah sekali dalam seumur hidupmu.

sholat tasbih adalah
source: shutterstock

Sholat tasbih dilakukan sebanyak empat rakaat dengan masing-masing rakaat membaca 75 kali kalimat tasbih yang berbunyi “Subhanallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” , sholat tasbih dapat di kerjakan pada siang hari dengan satu salam atau malam hari dengan dua salam.

Bagi Anda yang ingin memperkuat ketaqwaan terhadap Allah swt, mendapat pahala dan kenikmatan, serta terhindar dari perbuatan keji dan kemungkaran, melaksanakannya bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk anda. semoga infomasi yang di sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Facebook Comments