Doa Muslim Lifestyle

Waktu yang Diperbolehkan Jika Ingin Sholat Sunnah Tasbih

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Salah satu amalan yang dapat kita kerjakan untuk menambah pahala kita di dunia maupun akhirat selain dari ibadah wajib yaitu amalan sunnah. Sejatinya banyak sekali amalan sunnah yang dapat kita kerjakan, contoh sederhananya seperti sholat sunnah. Sholat sunnah sendiri ada bermacam-macam, salah satunya adalah sholat sunnah tasbih. Yang mana sholat sunnah tasbih ini menjadi salah satu sholat sunnah yang di anjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk di kerjakan. Namun jika memang Anda tidak bisa melakukannya setiap hari, Anda boleh melakukannya seminggu sekali pada hari jumat, jika tidak bisa, sebulan sekali atau setahun sekali bahkan seumur hidup sekali pun boleh dilakukan.

Baca juga: Definisi Sholat Tasbih yang Wajib Diketahui

Lalu apa hukumnya jika tidak melakukan sholat hajat sama sekali? Umroh.com merangkum, jika kita tidak pernah sama sekali melakukan sholat sunnah tasbih walaupun hanya sekali dalam seumur hidup, maka kita di anggap atau dapat di golongkan orang-orang yang meremehkan agama islam, kecuali jika Anda benar-benar tidak mengetahui sama sekali tentang sholat tasbih. Tentunya kita tidak ingin menjadi golongan tersebut bukan? Untuk itu kita dapat mulai mempelajari dan mendalami lagi ilmu agama terutama tentang macam-macam sholat sunnah yang dapat kita kerjakan, salah satunya sholat sunnah tasbih.

waktu sholat tasbih
source: freepik.com

Mungkin tidak hanya Anda saja, tetapi masih banyak diantara kita yang masih bertanya-tanya mengenai sholat sunnah tasbih, terutama kapan waktu yang tepat untuk kita melaksanakannya? Pada dasarnya sholat sunnah tasbih dapat di lakukan kapan saja dan biasanya terbagi menjadi dua waktu yaitu pada siang atau malam hari, namun ada beberapa ketentuan yang perlu kita ketahui.

Baca juga: Lihat Jadwal Sholat Lengkap untuk Daerah Anda di Sini

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Sholat Sunnah Tasbih

  1. Tidak boleh dilakukan ketika munculnya matahari yaitu setelah sholat subuh dan sebelum dzuhur.
  2. Tidak boleh dilakukan ketika matahari terbenam yaitu setelah sholat ashar.
  3. Jika dilakukan siang hari atau sesudah sholat dzuhur dianjurkan untuk mengerjakan empat rakaat dengan satu salam.
  4. Jika di lakukan pada malam hari dianjurkan untuk melaksanakan sholat tasbih sebanyak empat rakaat dengan dua salam. 
  5. Dan tidak dilakukan secara berjamaah.

Jadi pada intinya sholat sunnah tasbih dapat dilakukan kapan saja, namun tetap memperhatikan ketentuannya. Anda bisa melakukannya setelah sholat dzuhur, boleh juga setelah magrib ataupun setelah sholat Isya. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui juga bahwa kebaikan dari menjalankan ibadah sholat tasbih yaitu pahalanya yang sangat besar, bahkan dengan menjalankan sholat sunnah tasbih dapat di ampuni pula dosa-dosa kita dari yang dahulu hingga sekarang baik itu dosa kecil maupun dosa besar karena pada dasarnya sholat tasbih merupakan sholat penghapus dosa.

waktu sholat tasbih
source: freepik.com

Nah sangat luar biasa bukan yang bisa kita dapatkan hanya dengan menjalankan ibadah sholat tasbih. Jadi tunggu apalagi, mulailah untuk mencoba melakukannya dari sekarang, jangan sampai Anda terlambat. Semoga apa yang penulis sampaikan bermanfaat dan dapat di pahami.

Tulis Komentar Anda
Download GRATIS Jadwal Sholat, Al Quran Digital & Voucher Umroh
Klik Disini