1
Doa Muslim Lifestyle

Tata Cara Sholat Sunnah Tasbih yang Wajib Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Dalam islam sholat tergolong kedalam dua bagian, yaitu sholat wajib dan sholat sunnah. Sholat wajib adalah sholat 5 waktu yang apabila di kerjakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan akan mendapat dosa. Sedangkan sholat sunnah adalah sholat yang apabila dikerjakan mendapat pahala, dan bila ditinggalkan tidak berdosa. 

Baca juga: Definisi Sholat Tasbih yang Wajib Diketahui

Umroh.com merangkum, dalam islam, sholat sunnah terdiri dari berbagai macam dan tentunya memiliki keutamaannya masing – masing termasuk dalam menjalani sholat sunnah yang akan kita bahas saat ini yaitu sholat sunnah tasbih. Sholat sunnah tasbih ialah sholat sunnah 4 rakaat yang dalam pelaksanaanya banyak membaca kalimat tasbih. Meski hukumnya sunnah, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mengerjakannya seperti yang diungkapkan pada HR. Abu Dawud 1297 yaitu, Jika mampu maka lakukanlah setiap hari, jika tidak, maka lakukanlah satu kali seminggu, jika tidak maka lakukanlah sebulan sekali, jika tidak maka lakukanlah sekali dalam setahun dan jika tidak maka lakukanlah sekali dalam seumur hidupmu. 

tata cara sholat tasbih
source: freepik.com

Sebelum Anda melaksanakan sholat sunnah tasbih, tentunya Anda harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana tata cara sholat tasbih yang benar. Agar sholat yang Anda kerjakan dapat diterima oleh Allah sebagai amal ibadah baik nantinya di hari akhir kelak. Pada dasarnya tata cara pelaksanaan shalat sunnah tasbih tidak jauh berbeda dengan tata cara pelaksanaan shalat- lainnya, baik syarat maupun rukunnya. Hanya saja di dalam shalat tasbih ada tambahan bacaan kalimat tasbih dalam jumlah tertentu.

Baca juga: Lihat Jadwal Sholat Terlengkap untuk Daerah Anda

Tata cara sholat sunnah tasbih

  1. Takbiratul ikhram ( bersamaan dengan niat sholat sunnah tasbih )
  2. Membaca doa iftitah
  3. Membaca doa Al Fatihah
  4. Membaca surat – surat dari Al Quran
  5. Membaca “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 15 kali sebelum rukuk.
  6. Rukuk dan membaca “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 10 kali.
  7. I’tidal dan membaca “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 10 kali.
  8. Sujud dan membaca “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 10 kali.
  9. Duduk diantara dua sujud dan membaca “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 10 kali.
  10. Sujud yang kedua dan membaca “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 10 kali.
  11. Duduk istirohah ( sebelum bangun untuk berdiri ) dan membaca “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 10 kali.
  12. Tasyahud dan membaca “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 10 kali.

Maka hitungan bacaan tasbih “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” dalam setiap rakaat adalah 75 kali, dan dilakukan disetiap rakaat berikutnya sehingga total nya ialah 300 kali bacaan tasbih.

tata cara sholat tasbih
source: freepik.com

Semoga dengan telah mengetahuinya kita bagaimana tata cara pelaksanaan sholat sunnah tasbih, diharapkan kita semua dapat mengamalkan ilmu tersebut untuk dilakukan atau diterapkan dalam hidup kita sehari – hari.